Tujuan Pembelajaran Menurut Para Ahli
Pengertian Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan pernyataan yang menjelaskan apa yang diharapkan siswa dapat capai setelah mengikuti proses pembelajaran. Tujuan ini dirumuskan berdasarkan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
Tujuan Menurut Edward L. Thorndike
Edward L. Thorndike, seorang psikolog Amerika Serikat, menyatakan bahwa tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Menurut Robert M. Gagne
Robert M. Gagne, seorang psikolog pendidikan, mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran harus diarahkan pada pembentukan lima domain utama, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, dan sintesis.
Tujuan Menurut Benjamin S. Bloom
Benjamin S. Bloom, seorang ahli pendidikan, mengusulkan taksonomi tujuan pembelajaran yang terdiri dari enam level, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi, dan kreasi.
Tujuan Menurut John B. Carroll
John B. Carroll, seorang psikolog kognitif, menyatakan bahwa tujuan pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa, termasuk kemampuan berpikir logis, penalaran, dan pemecahan masalah.
Tujuan Menurut David P. Ausubel
David P. Ausubel, seorang psikolog pendidikan, berpendapat bahwa tujuan pembelajaran adalah untuk membantu siswa mengaitkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam memori mereka.
Tujuan Menurut Lev Vygotsky
Lev Vygotsky, seorang psikolog dan ahli teori pembelajaran sosial, menyatakan bahwa tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa melalui interaksi sosial dengan guru dan teman sebaya.
Tujuan Menurut Howard Gardner
Howard Gardner, seorang ahli teori kecerdasan majemuk, mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan keberagaman kecerdasan siswa, seperti kecerdasan linguistik, logis-matematis, visual-spatial, dan lain-lain.
Tujuan Menurut Jean Piaget
Jean Piaget, seorang ahli teori perkembangan kognitif, menyatakan bahwa tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir abstrak dan logis siswa melalui pengalaman belajar yang aktif dan interaktif.
Tujuan Menurut B.F. Skinner
B.F. Skinner, seorang ahli teori behaviorisme, berpendapat bahwa tujuan pembelajaran adalah untuk mengubah perilaku siswa melalui penguatan positif dan negatif yang diberikan oleh guru.