Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyusun Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Jenjang Sekolah Dasar

Pengenalan

Capaian pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pendidikan. Capaian pembelajaran menggambarkan sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan menyusun capaian pembelajaran secara baik, guru dapat memastikan bahwa siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan.

Tujuan Capaian Pembelajaran

Tujuan capaian pembelajaran harus jelas dan spesifik. Guru perlu menetapkan tujuan yang dapat diukur dan dapat dievaluasi. Misalnya, tujuan capaian pembelajaran dalam pelajaran matematika bisa berupa "mampu menghitung operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan benar."

Langkah-langkah Menyusun Capaian Pembelajaran

1. Identifikasi kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran. Kompetensi dasar merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran tersebut.

2. Tentukan indikator pencapaian untuk setiap kompetensi dasar. Indikator pencapaian menjelaskan perilaku atau hasil konkret yang dapat diamati untuk menilai apakah siswa telah mencapai kompetensi dasar tersebut.

3. Susun capaian pembelajaran dengan mengacu pada kompetensi dasar dan indikator pencapaian. Capaian pembelajaran harus spesifik, terukur, mencakup semua kompetensi dasar, dan relevan dengan kurikulum yang berlaku.

4. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh siswa. Hindari penggunaan istilah yang sulit atau ambigu.

5. Urutkan capaian pembelajaran sesuai dengan tingkat kesulitan atau urutan logis dalam pembelajaran.

6. Pastikan capaian pembelajaran dapat dievaluasi secara objektif dan dapat diukur.

Manfaat Capaian Pembelajaran

1. Memudahkan guru dalam menyusun rencana pembelajaran. Dengan adanya capaian pembelajaran yang jelas, guru dapat merencanakan pembelajaran secara sistematis dan terarah.

2. Memudahkan evaluasi pembelajaran. Capaian pembelajaran yang spesifik memungkinkan guru untuk mengevaluasi sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran.

3. Memotivasi siswa. Dengan mengetahui capaian pembelajaran yang harus dicapai, siswa akan merasa lebih termotivasi untuk belajar dan mencapai tujuan tersebut.

4. Memperbaiki kualitas pembelajaran. Dengan mengacu pada capaian pembelajaran, guru dapat mengevaluasi dan memperbaiki proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Menyusun capaian pembelajaran merupakan langkah penting dalam proses pendidikan. Dengan capaian pembelajaran yang baik, guru dapat memastikan bahwa siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Selain itu, capaian pembelajaran juga memudahkan guru dalam merencanakan pembelajaran dan mengevaluasi proses pembelajaran.