Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Hots C4 C5 C6


Bank Soal Ekonomi C4 C5dan C6

Pengertian Soal HOTS

Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) adalah jenis soal yang dirancang untuk menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Soal HOTS tidak hanya menguji pemahaman dan pengetahuan siswa, tetapi juga keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kreatif. Soal HOTS memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi nyata, menganalisis masalah, dan menciptakan solusi yang inovatif.

Soal HOTS C4

Soal HOTS C4 biasanya menguji kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menghubungkan informasi yang diberikan. Contoh soal HOTS C4 dapat berupa analisis data, mengidentifikasi pola, atau membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang diberikan.

Soal HOTS C5

Soal HOTS C5 menguji kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki untuk memecahkan masalah yang kompleks. Contoh soal HOTS C5 melibatkan pemecahan masalah yang melibatkan beberapa langkah atau memerlukan pemikiran yang kreatif dan inovatif.

Soal HOTS C6

Soal HOTS C6 merupakan jenis soal yang menguji kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi baru untuk masalah yang kompleks. Soal HOTS C6 seringkali melibatkan pemikiran kritis, pemecahan masalah yang kompleks, dan pemikiran kreatif.

Contoh Soal HOTS C4

Berikut ini adalah contoh soal HOTS C4:

  1. Seorang peneliti mengumpulkan data tinggi badan siswa di sebuah sekolah. Berikut adalah data tinggi badan siswa dalam satuan cm: 160, 155, 165, 170, 155, 175, dan 180. Berapakah rata-rata tinggi badan siswa di sekolah tersebut?
  2. Seorang petani memiliki lahan dengan luas 2000 m². Dia ingin membagi lahan tersebut menjadi beberapa bagian yang memiliki luas yang sama. Berapa luas setiap bagian jika petani tersebut ingin membagi lahan tersebut menjadi 4 bagian?
  3. Seorang guru ingin mengetahui persentase siswa yang lulus ujian matematika di kelasnya. Dari 30 siswa yang mengikuti ujian, hanya 15 siswa yang lulus. Berapakah persentase siswa yang lulus?

Contoh Soal HOTS C5

Berikut ini adalah contoh soal HOTS C5:

  1. Seorang siswa ingin membeli sebuah buku dengan harga Rp 50.000. Dia memiliki uang sebesar Rp 30.000. Berapa uang yang harus dia tambahkan agar dapat membeli buku tersebut?
  2. Seorang penjual memiliki 10 buah apel. Dia ingin membagi apel tersebut kepada 5 orang pembeli. Berapa buah apel yang akan diterima oleh setiap pembeli?
  3. Seorang ibu ingin memasak nasi goreng untuk keluarganya. Dia memiliki bahan-bahan berikut: 2 piring nasi, 3 butir telur, 1 buah wortel, dan 100 gram daging ayam. Berapa banyak piring nasi goreng yang dapat dia buat?

Contoh Soal HOTS C6

Berikut ini adalah contoh soal HOTS C6:

  1. Seorang siswa ingin merancang sebuah taman yang indah di halaman belakang rumahnya. Dia harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti ukuran halaman, jenis tanaman yang cocok, dan desain taman yang menarik. Buatlah rencana taman yang indah dengan menggambarkan ukuran halaman, jenis tanaman yang akan ditanam, dan desain taman yang menarik!
  2. Seorang siswa ingin menciptakan sebuah produk inovatif yang dapat membantu orang tua dalam merawat bayi. Produk tersebut harus aman, praktis, dan fungsional. Buatlah rancangan produk inovatif tersebut dengan menggambarkan bentuk, fitur, dan manfaatnya!
  3. Seorang siswa ingin mengorganisir sebuah acara amal untuk mengumpulkan dana bagi anak-anak yang membutuhkan. Dia harus memilih tema acara, menentukan lokasi, mengundang tamu, dan merencanakan berbagai kegiatan. Buatlah rencana acara amal yang lengkap dengan menggambarkan tema acara, lokasi, tamu yang diundang, dan kegiatan yang akan dilakukan!

Kesimpulan

Soal HOTS C4, C5, dan C6 merupakan jenis soal yang dirancang untuk menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Soal HOTS C4 menguji kemampuan siswa dalam menganalisis dan menghubungkan informasi, soal HOTS C5 menguji kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan untuk memecahkan masalah kompleks, dan soal HOTS C6 menguji kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi baru untuk masalah kompleks. Dengan berlatih mengerjakan contoh soal HOTS C4, C5, dan C6, siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mereka dan siap menghadapi tantangan di dunia nyata.