Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Belajar Discovery Learning


(DOC) TEORI BELAJAR DISCOVERY LEARNING fani hani Academia.edu

Memahami Konsep Discovery Learning

Discovery learning merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang menekankan pada proses pembelajaran yang bersifat aktif dan menekankan pada siswa sebagai subjek yang terlibat secara aktif dalam proses belajar. Dalam teori belajar ini, siswa akan lebih banyak memperoleh pengalaman belajar melalui proses eksplorasi dan penemuan sendiri, sehingga dapat memahami konsep lebih mendalam. Discovery learning merupakan konsep pembelajaran yang melahirkan ide bahwa siswa akan lebih baik dalam memahami konsep apabila mereka diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan menemukan sendiri. Konsep ini sangat berbeda dengan konsep pembelajaran yang hanya menekankan pada pemberian informasi dan penjelasan.

Prinsip-prinsip Discovery Learning

Dalam discovery learning, terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Prinsip-prinsip tersebut antara lain: 1. Siswa sebagai subjek belajar Dalam discovery learning, siswa dianggap sebagai subjek belajar yang aktif. Hal ini berarti bahwa siswa harus terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan menemukan sendiri konsep yang dipelajari. 2. Proses eksplorasi Proses eksplorasi menjadi bagian penting dalam discovery learning. Siswa diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan menemukan sendiri konsep yang dipelajari. 3. Pengalaman belajar yang signifikan Discovery learning menekankan pada pengalaman belajar yang signifikan. Hal ini berarti bahwa siswa harus memperoleh pengalaman belajar yang dapat membantu mereka memahami konsep yang dipelajari.

Kelebihan Discovery Learning

Discovery learning memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu metode pembelajaran yang efektif. Beberapa kelebihan tersebut antara lain: 1. Membantu siswa untuk lebih memahami konsep Dalam discovery learning, siswa diberikan kesempatan untuk menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Hal ini membuat siswa dapat memahami konsep lebih mendalam dan lebih baik. 2. Membantu siswa untuk memperoleh keterampilan belajar Discovery learning juga membantu siswa untuk memperoleh keterampilan belajar yang berguna di masa depan. Siswa akan belajar bagaimana cara menemukan informasi dan memecahkan masalah dengan cara yang lebih efektif. 3. Meningkatkan motivasi belajar siswa Discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa menjadi lebih terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat siswa lebih bersemangat dan lebih fokus dalam mempelajari konsep.

Kekurangan Discovery Learning

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, discovery learning juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan tersebut antara lain: 1. Membutuhkan waktu yang lebih lama Proses pembelajaran discovery learning membutuhkan waktu yang lebih lama karena siswa diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan menemukan sendiri konsep yang dipelajari. 2. Memerlukan fasilitas dan sumber daya yang memadai Discovery learning memerlukan fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Hal ini dapat menjadi kendala apabila sekolah atau institusi tidak memiliki fasilitas dan sumber daya yang memadai. 3. Tidak cocok untuk semua jenis konsep pembelajaran Discovery learning tidak cocok untuk semua jenis konsep pembelajaran. Beberapa konsep memerlukan penjelasan dan informasi yang lebih detail dan tidak dapat dipelajari melalui proses eksplorasi dan penemuan sendiri.

Cara Menggunakan Discovery Learning

Untuk dapat menggunakan discovery learning dalam proses pembelajaran, beberapa langkah yang perlu diperhatikan antara lain: 1. Menyediakan lingkungan belajar yang mendukung Lingkungan belajar yang mendukung sangat penting dalam proses pembelajaran discovery learning. Lingkungan tersebut harus memadai untuk menunjang proses eksplorasi dan penemuan siswa. 2. Menentukan konsep pembelajaran yang cocok Discovery learning tidak cocok untuk semua jenis konsep pembelajaran. Oleh karena itu, perlu menentukan konsep pembelajaran yang cocok untuk diterapkan dalam proses discovery learning. 3. Memberikan panduan dan bimbingan Meskipun siswa diberikan kesempatan untuk menemukan sendiri konsep yang dipelajari, tetap diperlukan panduan dan bimbingan dari guru atau pengajar.

Kesimpulan

Discovery learning merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang menekankan pada proses pembelajaran yang bersifat aktif dan menekankan pada siswa sebagai subjek yang terlibat secara aktif dalam proses belajar. Dalam discovery learning, siswa akan lebih banyak memperoleh pengalaman belajar melalui proses eksplorasi dan penemuan sendiri, sehingga dapat memahami konsep lebih mendalam. Discovery learning memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu metode pembelajaran yang efektif, namun juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk dapat menggunakan discovery learning dalam proses pembelajaran, perlu diperhatikan beberapa langkah yang perlu dilakukan.