Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Manajemen Menurut Para Ahli


Pengertian Manajemen Usaha Tani Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen

Manajemen merupakan suatu proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi. Menurut para ahli, manajemen memiliki banyak definisi. Namun, semua definisi tersebut mengacu pada pengelolaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Definisi Manajemen Menurut Frederick Winslow Taylor

Frederick Winslow Taylor merupakan seorang ahli manajemen asal Amerika Serikat yang memperkenalkan prinsip-prinsip manajemen ilmiah. Menurut Taylor, manajemen adalah ilmu yang dapat diukur dan dapat diuji secara objektif. Ia juga mengatakan bahwa manajemen adalah seni memaksimalkan efisiensi dan produktivitas kerja dengan mengurangi pemborosan waktu, tenaga, dan bahan.

Definisi Manajemen Menurut Henri Fayol

Henri Fayol merupakan seorang ahli manajemen asal Prancis yang memperkenalkan prinsip-prinsip manajemen administratif. Menurut Fayol, manajemen adalah proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian. Ia juga mengatakan bahwa manajemen melibatkan lima fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian.

Definisi Manajemen Menurut Peter Drucker

Peter Drucker merupakan seorang ahli manajemen asal Austria yang memperkenalkan konsep manajemen modern. Menurut Drucker, manajemen adalah seni dan ilmu untuk memaksimalkan kinerja organisasi. Ia juga mengatakan bahwa manajemen melibatkan empat fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.

Definisi Manajemen Menurut Mary Parker Follett

Mary Parker Follett merupakan seorang ahli manajemen asal Amerika Serikat yang memperkenalkan prinsip-prinsip manajemen humanistik. Menurut Follett, manajemen adalah seni dan ilmu untuk menciptakan kerjasama dan harmoni di antara karyawan. Ia juga mengatakan bahwa manajemen melibatkan tiga fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan.

Definisi Manajemen Menurut Chester I. Barnard

Chester I. Barnard merupakan seorang ahli manajemen asal Amerika Serikat yang memperkenalkan konsep manajemen kooperatif. Menurut Barnard, manajemen adalah proses sosial yang melibatkan kerjasama dan partisipasi semua anggota organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ia juga mengatakan bahwa manajemen melibatkan tiga fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan.

Definisi Manajemen Menurut James D. Mooney dan Alan C. Reiley

James D. Mooney dan Alan C. Reiley merupakan dua ahli manajemen asal Amerika Serikat yang memperkenalkan konsep manajemen fungsional. Menurut mereka, manajemen adalah seni dan ilmu untuk mengelola fungsi-fungsi organisasi seperti produksi, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan lain-lain. Ia juga mengatakan bahwa manajemen melibatkan empat fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.

Definisi Manajemen Menurut Terry dan Franklin

George R. Terry dan Stephen G. Franklin merupakan dua ahli manajemen asal Amerika Serikat yang memperkenalkan konsep manajemen modern. Menurut mereka, manajemen adalah seni dan ilmu untuk mengelola sumber daya organisasi secara efektif dan efisien. Ia juga mengatakan bahwa manajemen melibatkan empat fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.

Definisi Manajemen Menurut Robbins dan Coulter

Stephen P. Robbins dan Mary Coulter merupakan dua ahli manajemen asal Amerika Serikat yang memperkenalkan konsep manajemen modern. Menurut mereka, manajemen adalah seni dan ilmu untuk mengelola sumber daya organisasi dengan tujuan mencapai tujuan organisasi. Ia juga mengatakan bahwa manajemen melibatkan empat fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.

Definisi Manajemen Menurut Koontz dan O'Donnell

Harold Koontz dan Cyril O'Donnell merupakan dua ahli manajemen asal Amerika Serikat yang memperkenalkan konsep manajemen modern. Menurut mereka, manajemen adalah proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi. Ia juga mengatakan bahwa manajemen melibatkan lima fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.

Definisi Manajemen Menurut Masyarakat

Selain dari para ahli manajemen, masyarakat juga memiliki definisi mengenai manajemen. Menurut masyarakat, manajemen adalah seni dan ilmu untuk mengelola sumber daya organisasi dengan tujuan mencapai tujuan dan keuntungan. Masyarakat juga mengatakan bahwa manajemen melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi.

Kesimpulan

Manajemen memiliki banyak definisi yang berbeda-beda menurut para ahli. Namun, semua definisi tersebut mengacu pada pengelolaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, manajemen merupakan suatu proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi.