Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Perlunya Menggunakan Fitur Chatbot Untuk Bisnis

peran chatbot

Kemajuan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan manusia semakin meningkat setiap tahunnya, termasuk dalam peningkatan bisnis. Teknologi merupakan alat utama yang ampuh untuk menjalankan sebuah bisnis, karena dengan adanya teknologi dapat memperluas jaringan pemasaran, menghemat waktu dan biaya, meningkatkan produktivitas serta meningkatkan layanan pelanggan.

Dalam meningkatkan layanan pelanggan, pelaku usaha harus bisa menjaga komunikasi dengan pelanggan. Menjalin komunikasi dengan pelanggan merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis, jadi peran layanan pelanggan tidak boleh dianggap remeh.

Salah satu teknologi yang dapat membantu mengoptimalkan peran layanan pelanggan adalah dengan menggunakan fitur chatbot. Chatbot adalah layanan digital yang mampu melakukan percakapan di sebuah aplikasi pesan instan sehingga bisa menjadi perantara yang menghubungkan pelanggan dengan penyedia layanan, dimana chatbot diprogram untuk menjawab pertanyaan, memberikan informasi yang di butuhkan, memberikan saran, serta memberikan umpan balik tentang produk dan layanan. Contohnya, ketika customer menanyakan suatu barang melalui WhatsApp, Intagram, Facebook, Ecommerce atau media sosial lainnya, pesan tersebut nantinya akan dijawab secara cepat dan otomatis.

Jadi secara tidak langsung chatbot bisa dikatakan sebagai pengganti peran customer service, sehingga pebisnis dapat menekan biaya pengeluaran karena tidak perlu merekrut banyak customer service. Selain itu fitur chatbot juga memiliki banyak manfat penting lainnya yang sangat menguntungkan untuk bisnis.

Lantas, apa saja manfaat fitur chatbot bagi suatu bisnis?

Pertama, dengan menggunakan fitur chatbot bisa lebih cepat dan akurat, karena chatbot bisa menangani banyak permintaan dan merespon banyak obrolan dalam waktu bersamaan tanpa membuat kesalahan.

Kedua, membuat pekerjaan berjalan lebih efektif dan dapat menghemat biaya operasional, dengan teknologi ini pelanggan dapat menggunakan layanan di luar jam operasional usaha dan perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lembur.

Ketiga, dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan fitur chatbot para pelaku usaha dapat memberikan pelayanan yang cepat, seperti pelanggan dapat bertanya kapan saja dan langsung mendapatkan jawaban. Sehingga pelanggan akan merasa puas jika mereka mendapatkan balasan yang cukup cepat.

Keempat, fitur chatbot dapat digunakan untuk menghasilkan prospek dan meningkatkan penjualan dengan memasang kode promosi di website atau blog perusahaan. Selain itu juga dengan penggunakan chatbot kita bisa memasarkan produk dengan mudah dan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk membantu mereka menemukan produk yang dicari hingga membuat mereka ingin membelinya.

Chatbot memiliki peran yang penting bagi bisnis, karena dengan menggunakan teknologi ini akan semakin meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan ini merupakan cara yang baik untuk mempertahankan koneksi dengan pelanggan. Sehingga diharapkan dapat mengembangkan bisnis dan meningkatkan kualitas bisnis secara praktis dan cepat di era digital ini.

Jadi tanpa adanya peran chatbot, para pebisnis akan mengalami kesulitan untuk membalas semua pesan dari pelanggan. Akibatnya, ketika kita kurang responsive terhadap pelanggan tentu akan membuat pelanggan berpikir dua kali untuk menggunakan atau membeli produk kita.