Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ahmad Susanto: Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar


Jual Buku Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar oleh Drs. Ahmad

Pendahuluan

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Salah satu tahapan dalam pendidikan adalah sekolah dasar. Di sekolah dasar, anak-anak belajar berbagai macam materi yang nantinya akan membentuk dasar untuk kehidupan mereka di masa depan. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang efektif agar anak-anak dapat memahami dan menguasai materi dengan baik. Salah satu teori yang dapat digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran di sekolah dasar adalah teori belajar Ahmad Susanto.

Ahmad Susanto: Siapa Dia?

Ahmad Susanto adalah seorang ahli pendidikan yang berasal dari Indonesia. Beliau lahir di Surakarta pada tanggal 27 Juni 1970. Ahmad Susanto telah menulis berbagai buku dan artikel tentang pendidikan, salah satunya adalah buku "Apresiasi Pendidikan: Teori dan Praktik". Beliau juga merupakan seorang dosen di Universitas Negeri Malang dan aktif dalam berbagai kegiatan pendidikan di Indonesia.

Teori Belajar Ahmad Susanto

Menurut Ahmad Susanto, belajar adalah suatu proses interaksi antara individu dengan lingkungannya. Dalam proses belajar, individu harus mampu menginterpretasikan informasi yang diterimanya dan mengaplikasikannya dalam kehidupannya sehari-hari. Ahmad Susanto juga mengemukakan bahwa pembelajaran yang efektif harus mengutamakan keaktifan siswa dalam proses belajar. Siswa harus diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuan mereka sendiri.

Prinsip-Prinsip Pembelajaran Ahmad Susanto

1. Pembelajaran harus berpusat pada siswa 2. Siswa harus diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuan mereka sendiri 3. Pembelajaran harus berorientasi pada masalah 4. Pembelajaran harus disajikan dalam konteks kehidupan nyata 5. Pembelajaran harus mengutamakan keaktifan siswa

Implementasi Teori Ahmad Susanto di Sekolah Dasar

Untuk mengimplementasikan teori Ahmad Susanto di sekolah dasar, guru harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mengutamakan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Guru juga harus dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuan mereka sendiri. Selain itu, pembelajaran harus disajikan dalam konteks kehidupan nyata agar siswa dapat memahami dan mengaplikasikan materi dengan baik.

Keuntungan Menggunakan Teori Ahmad Susanto

Menggunakan teori Ahmad Susanto dalam pembelajaran di sekolah dasar memiliki berbagai keuntungan, antara lain: 1. Siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran 2. Siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka sendiri 3. Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan 4. Siswa dapat memahami dan mengaplikasikan materi dengan baik

Kritik Terhadap Teori Ahmad Susanto

Tentu saja, seperti halnya teori-teori lainnya, teori Ahmad Susanto juga tidak luput dari kritik. Beberapa kritik yang dilontarkan terhadap teori Ahmad Susanto antara lain: 1. Kurang memberikan perhatian pada peran guru dalam pembelajaran 2. Tidak memberikan penjelasan yang jelas mengenai bagaimana proses belajar terjadi di dalam otak siswa 3. Tidak memberikan penjelasan yang jelas mengenai bagaimana cara menilai keberhasilan proses pembelajaran

Kesimpulan

Teori belajar Ahmad Susanto dapat menjadi panduan yang baik dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dengan mengutamakan keaktifan siswa dan menyajikan pembelajaran dalam konteks kehidupan nyata, siswa dapat memahami dan mengaplikasikan materi dengan baik. Namun, tentu saja teori Ahmad Susanto juga tidak luput dari kritik. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan teori ini agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi dunia pendidikan.