Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Guru dalam Pembelajaran Keterampilan Sosial Emosional (CASEL)

Mengapa guru memerlukan pembelajaran sosial emosional?

Mengapa guru memerlukan pembelajaran sosial emosional? Novick, Kress, & Elias (2002) menjelaskan tiga hal yang perlu diingat oleh guru sebagai pendidik dan agen perubahan:

  1. Kepedulian (caring relationship) sebagai dasar pembelajaran
    • Selama pembelajaran, hubungan antara peserta didik dengan guru, mentor, instruktur adalah hal yang penting. Hubungan ini akan membuat peserta didik bisa mengeksplorasi, berani bertanya, mengemukakan pendapat bahkan mengekpresikan diri.
  2. Emosi mempengaruhi suasana belajar dan bagaimana pembelajaran dapat diterima peserta didik.
    • Peserta didik yang belajar dengan situasi yang menyenangkan, merasakan lingkungan kelas yang menyenangkan dan kondusif akan cenderung bisa menikmati kelasnya,
  3. Tujuan yang mau dicapai dan pemecahan masalah mengarahkan individu (guru atau peserta didik) dan juga memberikan motivasi/energi untuk melakukan pembelajaran.
    • Adanya tujuan dan pemecahan masalah yang terjadi di kelas dan lingkungan sekolah akan membantu guru dan peserta didik untuk mengarahkan dirinya  mencapai tujuan dengan tepat. Misalnya guru mengetahui tujuan pembelajaran dan mengetahui fungsi aktivitas yang dilakukan, maka guru dapat menikmati proses mengajar. Begitu juga peserta didik yang mengetahui tujuan pembelajaran dan aktivitas yang ada akan lebih termotivasi karena mengetahui tujuan aktivitas tersebut.

Materi Definisi EMC2  (Empathy, Compassion, Mindfulness, Critical Inquiry) dalam pembelajaran Sosial-Emosional

Silakan Anda simak bahan bacaan materi berikut ini