Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peserta Didik Adhd: Cara Menghadapi Dan Membantunya


Pembelajaran IPS untuk Peserta Didik ADHD YouTube

Apa itu ADHD?

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan neurobehavioral yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk fokus, berorganisasi, dan mengendalikan impuls. Anak-anak yang mengalami ADHD sering kali tampak sangat hiperaktif dan tidak dapat duduk diam, serta memiliki masalah dalam memperhatikan detail dan menyelesaikan tugas.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghadapi Peserta Didik ADHD?

Memiliki peserta didik dengan ADHD dapat menjadi tantangan bagi guru. Namun, dengan beberapa strategi yang tepat, para guru dapat membantu peserta didik dengan ADHD untuk tetap fokus dan produktif di kelas. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Menjaga Lingkungan Kelas yang Tenang dan Teratur

Orang dengan ADHD cenderung lebih mudah terganggu oleh suara-suara atau stimuli lain di sekitarnya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga lingkungan kelas yang tenang dan teratur. Pastikan peserta didik memiliki ruang mengajar yang tidak terlalu ramai dan terdapat tempat yang cukup untuk bergerak.

2. Membuat Rencana Belajar yang Jelas

Peserta didik yang mengalami ADHD dapat merasa kewalahan dengan tugas-tugas yang berantakan atau tidak jelas. Membuat rencana belajar yang jelas dan terstruktur, bisa membantu peserta didik untuk memahami tugas dan melihat apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

3. Memberikan Pujian dan Penghargaan

Peserta didik dengan ADHD seringkali merasa tertekan dan kehilangan motivasi untuk belajar. Oleh karena itu, memberikan pujian dan penghargaan setiap kali mereka berhasil menyelesaikan tugas dengan baik dapat membantu mereka merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk terus belajar.

4. Menerapkan Teknik Pengaturan Waktu

Peserta didik dengan ADHD bisa sangat sulit untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Menerapkan teknik pengaturan waktu, seperti memberikan batas waktu yang jelas untuk menyelesaikan tugas, dapat membantu peserta didik untuk belajar mengatur waktu mereka sendiri.

Bagaimana Membantu Peserta Didik dengan ADHD di Luar Kelas?

Tidak hanya di kelas, peserta didik dengan ADHD juga memerlukan bantuan di luar kelas untuk mendukung perkembangan mereka. Berikut beberapa cara untuk membantu mereka di luar kelas:

1. Membuat Rutinitas yang Konsisten

Peserta didik dengan ADHD seringkali merasa lebih nyaman dengan rutinitas yang konsisten dan terstruktur. Membuat jadwal harian yang jelas dan teratur, baik di rumah maupun di sekolah, dapat membantu mereka merasa lebih teratur dan aman.

2. Melibatkan Diri dalam Kegiatan yang Menantang

Kegiatan yang menantang dapat membantu peserta didik dengan ADHD untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi mereka. Cobalah untuk melibatkan mereka dalam olahraga atau aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi dan gerakan tubuh.

3. Membantu Mereka dalam Mengorganisir Tugas

Peserta didik dengan ADHD seringkali memiliki masalah dalam mengorganisir berbagai tugas dan tanggung jawab mereka. Membantu mereka dalam membuat daftar tugas dan menetapkan prioritas dapat membantu mereka merasa lebih teratur dan siap menghadapi tugas-tugas tersebut.

Kesimpulan

Memiliki peserta didik dengan ADHD dapat menjadi tantangan bagi guru. Namun, dengan beberapa strategi yang tepat, para guru dapat membantu peserta didik dengan ADHD untuk tetap fokus dan produktif di kelas. Selain itu, membantu mereka di luar kelas, seperti dengan membuat rutinitas yang konsisten dan membantu mengorganisir tugas, akan membantu mereka dalam perkembangan mereka secara keseluruhan.