Aksi Nyata Topik 6 Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran
Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran
SEL.03.2-T6-8 Aksi Nyata
Rencana Pembelajaran Daring Kelas V
Satuan Pendidikan : SD Negeri
1 Cikembulan Kelas/Semester : 5/1
Tema : 1. Organ Gerak
Hewan Dan Manusia
Sub Tema : 1. Organ Gerak Hewan
Pembelajaran 1
Fokus : (IPA, Bahasa Indonesia)
Tujuan Belajar |
|
IPA |
1. Dengan
membaca teks tentang
organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan
dan manusia secara
benar. |
BAHASA INDONESIA |
1. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat
menentukan ide pokok
setiap paragraf dalam bacaan secara tepat. 2. Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi
sebuah paragraf secara runtut. 3. Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan
cara menentukan ide
pokok bacaan secara percaya diri. |
|
|
Strategi/aktifitas pembelajaran 1.
Guru mengawali pembelajaran dengan
memberi salam, mengecek kehadiran dan mengajak siswa untuk berdoa dan
menyiapkan mental siswa (termasuk apersepsi dan tujuan pembelajaran) serta menjelaskan alur kegiatan
pembelajaran, tanya jawab sampai menutup pembelajaran melalui whatsapp grup. 2.
Guru mengarahkan siswa untuk
masuk dan menyimak materi dan bahan ajar yang telah disiapkan berupa link materi/youtube
serta tugas yang akan dikerjakan jika selesai mempelajari materi dan bahan
ajar (buku siswa
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud RI Revisi 2017 kelas V SD/MI buku Tema 1 Subtema
1 Pembelajaran 1 hal
3-7. 3. Siswa
diberi kesempatan untuk mengeksplorari kemampuan dalam menyelesaikan tugas melalui
pengalaman. 4. Guru
menegaskan kembali tugas yang harus diselesaikan serta melakukan diskusi
materi yang belum dipahami. 5. Pada akhir
pembelajaran guru memberikan URL presensi online
yang berisi soal pencapaian tujuan
belajar dari setiap
mata pelajaran dalam
pembelajaran. 6. Guru
menutup pembelajaran dengan memberikan kesimpulan, penguatan dan tindak
lanjut pembelajaran, refleksi serta mengingatkan siswa
untuk selalu menjaga
kesehatan, menggunakan
masker, sering mencuci tangan dengan sabun dan jaga jarak selama masa pandemi
covid 19. 7.
Menyiapkan kembali siswa
untuk menerima pembelajaran berikutnya dan salam
penutup |
|
Penilaian Sikap : Keaktifan dan kesopanan dalam berkomunikasi selama
proses pembelajaran di whatsapp
Group, Tanggung jawab
dan percaya diri dalam menyelesaikan tugas. Disiplin
kehadiran di WAG. Pengetahuan : Tes tertulis dalam
presensi.di google form Keterampilan: Membuat bagan tentang cir-ciri hewan vertebrata dan
avertebrata kemuadian difoto lalu
dikirim atau screen shot lewat whatsapp guru. Guru menilai dan membuat
folder penyimpanan tugas siswa |
Mengetahui Cikembulan,...................... 2020
Kepala Sekolah, Guru Kelas V
…………………