Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata Topik 6 Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran

 Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran


SEL.03.2-T6-8 Aksi Nyata

Mahasiswa yang berbahagia, setelah bapak ibu mahasiswa mempelajari semua rangkaian materi pada topik “pembelajaran jarak jauh”, selanjutnya buatlah rancangan pembelajaran jarak jauh untuk satu topik atau pokok bahasan tertentu.


Rencana Pembelajaran Daring Kelas V

 

Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Cikembulan Kelas/Semester       : 5/1

Tema                      : 1. Organ Gerak Hewan Dan Manusia

Sub Tema               : 1. Organ Gerak Hewan

Pembelajaran            1

Fokus                      : (IPA, Bahasa Indonesia)

 

Tujuan Belajar

IPA

1. Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.

BAHASA INDONESIA

1.  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.

2.  Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.

3.  Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

 

Strategi/aktifitas pembelajaran

1.      Guru mengawali pembelajaran dengan memberi salam, mengecek kehadiran dan mengajak siswa untuk berdoa dan menyiapkan mental siswa (termasuk apersepsi dan tujuan pembelajaran) serta menjelaskan alur kegiatan pembelajaran, tanya jawab sampai menutup pembelajaran melalui whatsapp grup.

2.      Guru mengarahkan siswa untuk masuk dan menyimak materi dan bahan ajar yang telah disiapkan berupa link materi/youtube serta tugas yang akan dikerjakan jika selesai mempelajari materi dan bahan ajar (buku siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud RI Revisi 2017 kelas V SD/MI buku Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 hal 3-7.

3.      Siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorari kemampuan dalam menyelesaikan tugas melalui pengalaman.

4.      Guru menegaskan kembali tugas yang harus diselesaikan serta melakukan diskusi materi yang belum dipahami.

5.      Pada akhir pembelajaran guru memberikan URL presensi online yang berisi soal pencapaian tujuan belajar dari setiap mata pelajaran dalam pembelajaran.

6.      Guru menutup pembelajaran dengan memberikan kesimpulan, penguatan dan tindak lanjut pembelajaran, refleksi serta mengingatkan siswa untuk selalu menjaga kesehatan, menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun dan jaga jarak selama masa pandemi covid 19.

7.      Menyiapkan kembali siswa untuk menerima pembelajaran berikutnya dan salam penutup

Penilaian

Sikap            : Keaktifan dan kesopanan dalam berkomunikasi selama proses pembelajaran di whatsapp Group, Tanggung jawab dan percaya diri dalam menyelesaikan tugas. Disiplin kehadiran di WAG.

Pengetahuan : Tes tertulis dalam presensi.di google form

Keterampilan: Membuat bagan tentang cir-ciri hewan vertebrata dan avertebrata kemuadian

difoto lalu dikirim atau screen shot lewat whatsapp guru. Guru menilai dan membuat folder penyimpanan tugas siswa

 

Mengetahui                                                                         Cikembulan,...................... 2020

Kepala Sekolah,                                                                  Guru Kelas V

 

 

…………………