Aksi Nyata School Well-being Pembelajaran Sosial Emosional
Pembelajaran Sosial Emosional Topik 5 : School Well-being
AKSI NYATA PROGRAM SEKOLAH
SEHAT
DALAM RANGKA MENCIPTAKAN SCHOOL WELL BEING
DI SDN REJOWINANGUN 3
A. Perencanaan
1. Identifikasi Masalah
School well-being atau
kesejahteraan sekolah adalah konsep yang menggambarkan
kondisi yang memungkinkan warga sekolah baik itu peserta didik, guru dan tenaga
kependidikan sekolah merasa aman, nyaman
dan terlibat secara
positif dalam lingkungan
sekolah. Konsep kesejahteraan sekolah ini menyangkut berbagai aspek seperti Kesehatan
fisik, mental, keamanan,
rasa percaya diri, hubungan interpersonal, keterlibatan dalam kegiatan
sekolah dan lingkungan pembelajaran yang positif. Kesejahteraan sekolah menjadi penting
karena lingkungan sekolah
yang kondusif akan berdampak
positif pada prestasi belajar dari peserta didik, kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan serta reputasi dan kinerja keseluruhan sekolah.
Pentingnya School well-being dalam kegiatan di sekolah antara lain meningkatkan hasil akademik. Kesejahteraan peserta didik yang dilakukan secara
tepat akan membantu
meningkatkan konsentrasi belajar ketika terjadi proses pembelajaran di dalam kelas yang
nantinya akan berdampak pada peningkatan hasil akademik dan pencapaian hasil yang lebih baik. Selain
itu, mampu meningkatkan kesehatan dan kualitas
hidup. Dengan adanya program kesehatan dan kebugaran di sekolah peserta didik akan mempelajari cara-cara untuk
menjaga kesehatan mereka dengan cara yang benar, seperti
melakukan olahraga secara teratur. Hal tersebut akan membantu meningkatkan kualitas kebugaran jasmani
peserta didik di masa depan. School Well Being mampu membangun
keterampilan sosial emosional. Program School Well Being
di sekolah dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan rasa
percaya diri, mengelola emosi, dan
bekerjasama secara tim dengan peserta didik yang lain. Hal ini akan membantu peserta didik untuk lebih
siap dalam menghadapi kehidupan di masa depan nanti.
School Well Being yang
baik mampu mencegah
masalah kesehatan mental
bagi warga sekolah utamanya peserta didik.
Kesehatan mental sangat
penting dan dapat
mempengaruhi kesejahteraan peserta didik. Dengan adanya program
kesejahteraan peserta didik di
sekolah mereka akan dapat mempelajari cara-cara untuk mengelola stress dan merawat
kesehatan mental mereka, sehingga
dapat mencegah masalah
kesehatan mental di masa yang akan dating. Kesejahteraan peserta didik yang baik akan meningkatkan motivasi belajar.
Peserta didik akan merasa bahagia, sehat dan nyaman
diselenggarakan di sekolah.
Oleh karena itu, menjaga kesejahteraan peserta didik di
sekolah sangatlah penting dan harus
dijadikan prioritas oleh setiap sekolah untuk membantu peserta didik mencapai potensi
terbaik. Beberapa program
yang dapat dilakukan
untuk meningkatkan kesejahteraan sekolah yaitu program kesehatan dan kebugaran. Program
ini bertujuan untuk meningkatkan
kesehatan dan kebugaran peserta didik melalui program olahraga, kegiatan fisik yang bertujuan
untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan social dan emosional yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Program School Well Being mampu melatih dan
meningkatkan kemampuan berkomunikasi, mengelola
emosi dan beradaptasi dengan perubahan. Selain itu program school well being akan mampu mengelola tekanan dan
stress yang dialami oleh warga sekolah khususnya peserta
didik dan mampu
membangun rasa percaya
diri. Program yang akan diangkat dalam School Well Being ini adalah “Program Sekolah Sehat dalam Rangka Meningkatkan School Well Being di SDN Rejowinangun 3”
2. Tujuan Program
Berikut ini beberapa tujuan penyusunan Program Sekolah Sehat dalam Rangka Meningkatkan School Well Being di SDN Rejowinangun 3 antara lain:
a.
Memberikan pengetahuan dengan aksi nyata kepada peserta didik untuk menjaga
Kesehatan tubuh.
b.
Melaksanakan school well being untuk meningkatkan kesejahteraan warga sekolah
khususnya peserta didik agar tidak jenuh dan monoton dalam kegiatan pembelajaran.
3.
Manfaat Program
Berikut ini beberapa manfaat penyusunan
Program Jumat Sehat dalam Rangka Meningkatkan School
Well Being di SDN Rejowinangun 3 antara lain:
a.
Menjaga kondisi tubuh dan mengingatkan akan pentingnya olahraga
dalam kehidupan sehari-hari Hal ini nantinya
akan mampu membuat
tubuh menjadi bugar
dan terhindar dari sakit.
b.
Kegiatan olahraga bersama menjadi
cara untuk menyegarkan pikirkan, menghilangkan kepenatan, dan dapat meningkatkan kebuguran tubuh.
Program ini dapat membantu
mengembangkan sikap Kerjasama dalam kegiatan jumat sehat yang mereka laksanakan.
d. Melatih warga sekolah khususnya peserta didik untuk bisa belajar memasak makanan
sehat yang berguna untuk Kesehatan tubuh.
4.
Metode Pelaksanaan
Metode pelaksanaan program sekolah sehat untuk meningkatkan school well being di
SDN Rejowinangun 3 ini nantinya akan disosialisasikan dahulu dengan orang tua peserta didik agar terjalin komunikasi
yang baik antara pihak sekolah dan orang tua.
Untuk setiap minggunya ada guru yang bertugas untuk mengawasi dan
membantu peserta didik dalam
kegiatan sekolah sehat. Harapannya dengan adanya kegiatan
sekolah sehat tersebut mampu membekali peserta didik sehat dalam
jasmaniah dan mampu berkonsentrasi di kelas pada saat pembelajaran. Kegiatan ini nantinya
diharapkan tidak akan mengganggu jam sekolah peserta didik. Untuk
kegiatan jalan sehat, senam dan jumat
bersih dilaksanakan pada pagi hari sesuai jadwal yang sudah dibuat.
Khusus untuk cooking class akan
dilaksanakan pada jam istirahat kedua. Rencananya setelah peserta didik memasak akan dilaksanakan kegiatan
ibadah bersama sholat dzuhur dan setelah itu makan siang
bersama-sama dengan menu makanan sehat yang sudah disediakan oleh pihak sekolah
dan orang tua. Dengan diadakannya cooking class harapannya peserta didk lebih mengenal
macam-macam makanan sehat dan kelak bisa membuatnya sendiri di rumah.
5.
Waktu Pelaksanaan
Berikut jadwal kegiatan
Program Sekolah Sehat dalam Rangka Meningkatkan
School Well Being di SDN Rejowinangun 3 dalam rentang waktu 1 bulan
Minggu ke- |
Hari |
||||||
Minggu |
Senin |
Selasa |
Rabu |
Kamis |
Jumat |
Sabtu |
|
I |
|
|
|
|
|
|
|
II |
|
|
|
|
|
||
III |
|
|
|
|
|
||
IV |
|
|
|
|
|
Being di SDN Rejowinangun 3, kami membuat
jadwal kegiatan sebagai
berikut:
a. Minggu ke-1
Senin
: Mengadakan kegiatan senam dengan instruktur guru olahraga. Jumat : Jumat bersih membersihkan lingkungan sekolah dan ruang kelas.
b.
Minggu ke-2
Selasa :
Jalan sehat bersama dengan warga sekolah di sekitar lingkungan sekolah.
Kamis : Cooking
class dengan menu 4 sehat 5 sempurna
yang sudah disediakan oleh sekolah.
c. Minggu ke-3
Senin : Mengadakan kegiatan
senam dengan instruktur guru olahraga.
Rabu : Jalan sehat bersama dengan warga sekolah di sekitar lingkungan sekolah.
d. Minggu ke-4
Rabu : Cooking class dengan menu 4 sehat 5 sempurna
yang sudah disediakan oleh sekolah.
Jumat : Jumat bersih membersihkan lingkungan sekolah dan ruang kelas.
6.
Hambatan/ tantangan yang akan
dihadapi Hambatan yang dihadapi
antara lain :
a.
Tidak sepenuhnya orang tua setuju dengan program Sekolah Sehat yang akan dijalankan oleh pihak sekolah.
b.
Anggaran biaya untuk kegiatan
cooking class yang tidak sedikit
dan dana dari sekolah yang kurang mencukupi.
c. Kebiasaan peserta didik yang malas untuk datang lebih pagi untuk berolahraga akan menghambat terlaksananya kegiatan sekolah sehat.
Tantangan yang dihadapi antara lain :
a.
Meyakinkan orang tua peserta didik
untuk mendukung program sekolah sehat yang akan diselenggarakan oleh pihak sekolah.
b. Peran serta orang tua dalam kegiatan sekolah sehat sangat diharapkan utamanya dalam hal pendanaan untuk kegiatan cooking class. Maka pihak sekolah harus bisa meyakinkan orang tua terkait manfaat dari kegiatan sekolah sehat.
kegiatan senam sehat jasmani dan di minggu ke-3 kegiatan
senam yang dilakukan adalah senam poco-poco. Begitu selanjutnya pada kegiatan yang lain.
7.
Siapa yang akan terlibat
Pihak-pihak yang terlibat dalam program sekolah sehat dalam rangka meningkatkan
school well being antara lain:
a.
Orang Tua
Pihak yang berperan untuk keberlangsungan diadakannya
kegiatan sekolah sehat.
Jika orang tua setuju maka kegiatan sekolah
sehat akan terus berjalan dan sebagai pengawas
dari kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah.
b. Peserta Didik
Peserta didik merupakan output
dari terselenggaranya kegiataan sekolah sehat yang diselenggarakan oleh pihak sekolah.
Partisipasi peserta didik dalam kegiatan akan menjadi tolok ukur
keberhasilan program dan evaluasi program kegiatan.
c.
Pihak Sekolah
Memfasilitasi kegiatan sekolah
sehat dan sebagai
pembimbing sekaligus penangunggjawab terselenggaranya program sekolah
sehat untuk meningkatkan school well being di SDN Rejowinangun 3.
B. Pelaksanaan (luring)
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan program sekolah sehat dalam rangka menciptakan school well being di SDN Rejowinangun 3 pada awalnya akan disosialisasikan dahulu kepada pendidik dan tenaga kependidikan di SDN Rejowinangun 3 apakah bersedia atau tidak mengadakan kegiatan tersebut. Setelah mendapatkan persetujuan dari pendidik dan tenaga kependidikan, Langkah selanjutnya adalah mengundang wali siswa SDN Rejowinangun 3 untuk mengikuti sosialiasasi terkait program sekolah sehat. Sosialisasi membahas tentang keberlangsungan program dan peran serta orang tua dalam kegiatan. Selain itu pihak sekolah juga memberikan manfaat apabila program tersebut dilaksanakan serta menyepakati kegiatan yang akan
2.
Kegiatan Inti
Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik dari kelas I-VI dengan kegiatan yang telah
disepakti bersama dengan
orang tua.
a.
Minggu ke-1
Senin
: Mengadakan kegiatan senam dengan instruktur guru olahraga. Jumat : Jumat bersih membersihkan lingkungan sekolah dan ruang kelas.
b.
Minggu ke-2
Selasa :
Jalan sehat bersama dengan warga sekolah di sekitar lingkungan sekolah.
Kamis : Cooking
class dengan menu 4 sehat
5 sempurna yang sudah disediakan oleh sekolah.
c.
Minggu ke-3
Senin : Mengadakan kegiatan senam dengan instruktur guru olahraga.
Rabu : Jalan sehat bersama dengan warga sekolah di sekitar
lingkungan sekolah.
d.
Minggu ke-4
Rabu : Cooking class dengan
menu 4 sehat 5 sempurna yang sudah disediakan
oleh sekolah.
Jumat : Jumat bersih membersihkan lingkungan sekolah dan ruang
kelas.
Setelah peserta didik selesai melaksanakan kegiatan tersebut selanjutnya istirahat sejenak dan kembali melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Untuk setiap minggunya ada guru yang bertugas untuk mengawasi dan membantu peserta didik dalam kegiatan sekolah sehat. Harapannya dengan adanya kegiatan sekolah sehat tersebut mampu membekali peserta didik sehat dalam jasmaniah, mampu bekerjasama dengan orang lain kaitannya dalam kegiatan jumat bersih dan mampu berkonsentrasi di kelas pada saat pembelajaran. Kegiatan ini nantinya diharapkan tidak akan mengganggu jam sekolah peserta didik. Untuk kegiatan jalan sehat, senam dan jumat bersih dilaksanakan pada pagi hari sesuai jadwal yang sudah dibuat. Khusus untuk cooking class akan dilaksanakan pada jam istirahat kedua dengan sistem berkelompok dan memasaknya di dapur sekolah. Rencananya setelah peserta didik memasak akan dilaksanakan kegiatan ibadah
diadakannya cooking class harapannya peserta didk lebih mengenal macam-
macam makanan sehat dan kelak bisa membuatnya sendiri di rumah.
3.
Kegiatan Penutup
Setiap sebulan sekali kepala sekolah,
guru dan tenaga pendidik selaku pihak yang
bertanggungjawab dalam kegiatan melakukan evaluasi terkait kekurangan yang dirasa masih perlu untuk diperbaiki
dalam menciptakan school well being. Kegiatan yang dilaksanakan harus mampu
meningkatkan aktivitas peserta didik dan berlangsung menyenangkan tanpa ada paksaan dari peserta didik. Untuk mengetahui hasil ketercapaian atau
keberhasilan program pihak sekolah membuat
angket kepuasan untuk
di isi oleh peserta didik yang nantinya
akan dilampirkan.
C. Rencana evaluasi keberhasilan program
Rencana evaluasi keberhasilan program
dilakukan untuk mengetahui ketercapaian dari
suatu program yang dilaksanakan, bisa berupa wawancara maupun menggunakan angket.
Dalam kegiatan ini kami membuat
evaluasi keberhasilan program
dengan menggunakan angket
terbuka agar peserta didik dapat mengisinya dengan leluasan tanpa batasan yang ada dan sesuai dengan yang
dialaminya setelah melakukan kegiatan yang bertujuan untuk menjadikan warga sekolah khususnya
peserta didik memiliki
kesejahteraan yang baik di sekolah dan tidak merasa tertekan dengan
pengajaran yang dilakukan oleh guru.
SEKOLAH SEHAT DALAM MENINGKATKAN SCHOOL WELL BEING
Nama : ……………………………..
Kelas : ……………………………..
Isilah dengan jawaban sesuai dengan perasaanmu!
1. Apa kamu senang dengan
kegiatan yang sudah kita lakukan
selama sebulan ini? Jawab :
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
2. Menurutmu
bagaimana kegiatan sekolah sehat yang sudah kita laksanakan bersama- sama?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
3. Menurutmu dari keempat kegiatan
yang sudah dilaksanakan, manakah yang menyenangkan? Mengapa?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
4. Menurutmu dari keempat kegiatan
yang sudah dilaksanakan, manakah yang kamu tidak senangi? Mengapa?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
5. Apa
saranmu untuk kegiatan program sekolah sehat untuk meningkatkan school well being di sekolah
kita?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………