Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar IPAS Kelas IV Topik Kegiatan Ekonomi

 

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

IPAS (ILMU PENGETAHUAN SOSIAL) KELAS 4

 

INFORMASI UMUM

A. Identitas Modul

Penyusun                           : 

Instansi                              : SD Negeri Balirejo

Tahun Penyusunan              2023

Jenjang Sekolah                : SD

Mata Pelajaran                  : IPAS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Fase/Kelas                         : B/4

Semester                            : II

BAB                                   :7

Topik                                 : Kegiatan Ekonomi

Alokasi Waktu                  : 2 x 35 menit

B. Kompetensi Awal

1.      Mengenal sistem jual beli

C. Profil Pengajar Pancasila

1)      Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia,

2)      Bergotong-royong,

3)      Mandiri, dan

4)      Bernalar kritis.

D. Sarana dan Prasarana

Sumber Belajar                   : Buku Siswa IPAS  Kelas IV ,

Media Pembelajaran         : PowerPoint, Video Pembelajaran kegiatan ekonomi


E. Target Peserta Didik

Peserta didik regular

F.  Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran

Pendekatan          : Saintifik

Model                  :Problem Based Learning

Metode                : Diskusi, Penugasan

 

KOMPETENSI INTI

A.     Capaian Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi di sekitar berupa produksi, distribusi, dan konsumsi.

B. Tujuan Pembelajaran

1.       Peserta didik dapat menentukan ciri – ciri kegiatan ekonomi melalui power poin dengan tepat. C3

2.       Peserta didik dapat menyimpulkan jenis kegiatan ekonomi berdasarkan data melalui lembar LKPD dengan tepat. C5

3.       Peserta didik dapat mengerjakan jenis kegiatan ekonomi di kehidupan sehari – hari  lembar LKPD dengan tepat. P3

C. Pemahaman Bermakna

Meningkatkan pemahaman siswa tentang kegiatan ekonomi di sekitar berupa produksi, konsumsi, dan distribusi.

D. Pertanyaan Pemantik

1.       Barang apa yang pernah kalian beli saat di supermarket atau toko?

2.       Bagaimana barang tersebut bisa sampai kepada kalian?

E. Kegiatan Pembelajaran

Tahap

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi:

1.      Peserta didik menjawab salam dari guru.

2.      Peserta didik bersama guru berdoa menuru kepercayaan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran.

3.      Peserta didik memberitahukan kabarnya.

4.      Peserta didik bersama guru menyanyikan lagu Nasional Dari Sabang Sampai Merauke (Berkebinekaan                        Global)

Apersepsi:

5.      Peserta didik menjawab pertanyaan            Bagaimana barang yang kalian beli tersebut bisa sampai kepada kalian?”

6.      Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai tujuan                               pembelajaran.

 

10 menit

Inti

Orientasi Siswa Pada Masalah

7.      Peserta didik menyimak tayangan materi power point tentang kegiatan ekonomi (Menyimak)

8.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai materi yang sedang ditayangkan

9.      Peserta didik menonton video pembelajaran tentang “proses produksi, distribusi, konsumsi”

10.  Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai materi yang telah dijelaskan (menanya)

Mengorganisasi Siswa Untuk Belajar

11.  Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok belajar terdiri 4-5 orang

12.  Peserta didik menerima LKPD untuk mengerjakan berbagi jenis kegiatan ekonomi

Membimbing Penyelidikan Individual Ataupun Kelompok

13.  Guru menyampaikan langkah-langkah mengisi LKPD

 

14.  Peserta didik mengisi LKPD sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan oleh guru. (Gotong Royong) (Mencoba)

15.  Guru berkeliling memantau dan memberikan arahan kepada kelompok yang membutuhkan bantuan atau menjawab pertanyaan

 

Mengembangkan dan Mneyajikan Hasil

16.  Peserta didik menuliskan hasil diskusi ke dalam lembar LKPD (Menalar) (Bernalar kritis)

17.  Peserta didik secara berkelompok bergantian melakukan presentasi di depan kelas. (Mempresentasikan)

 

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

18.  Peserta didik menyampaikan kendala atau masalah dalam melakukan                                 diskusi.

19.  Peserta didik dan guru menyimpulkan hasil dari LKPD yang telah dikerjakan

20.  Peserta didik dan guru melakukan kegiatan refleksi

 

50 Menit

Penutup

21.  Peserta didik menerima apresiasi dari Guru

22.  Peserta didik mengerjakan tes evaluasi                      yang diberika guru (mandiri)

23.  Peserta didik bersama guru menyimpulkan isi materi pada hari ini

24.  Peserta didik mendengarkan rencana tindak lanjut dari guru yaitu membaca                                 materi topik berikutnya.

25.  Berdoa sebelum mengakhiri pembelajaran (beriman dan bertqwa)

10    menit

Refleksi

1.       Bagaimana perasaanmu mengikuti pembelajaran pada pagi hari ini?

2.       Apakah ada yang belum kamu pahami terkait materi hari ini?

 

 

Pengayaan

Peserta didik dengan nilai rata-rata dan nilai diatas rata-rata dapat membaca materi selanjutnya tentang Norma dalam Adat Istiadat Daerahku

Remidial

Diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi nilai minimum, dapat mengerjakan ulang soal evaluasi

 

 

G.    Daftar Pustaka

·         Buku Siswa IPAS Kelas  IV https://drive.google.com/file/d/16rxoSQLaHTD7J4HRYnHdtjQMMJmBWM3j/view?usp=share_link

·         Power Point tentang Materi “Kegiatan ekonomi”

·         Video Pembelajaran tentang kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumi)   https://youtube.com/watch?v=7QNoGxG0qlc

·         Lagu Dari Sabang Sampai Merauke https://www.youtube.com/watch?v=jY8H0yFu4VI



LAMPIRAN MATERI

BAHAN AJAR

A.    Pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan berarti sebuah aktivitas, usaha, atau pekerjaan.

Sedangkan ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang atau jasa serta kekayaan. Oleh sebab itu, kegiatan ekonomi adalah seluruh aktivitas atau kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

B. Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi

1.      Kegiatan Produksi

Produksi merupakan kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Pihak yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Contoh kegiatan produksi antara lain pabrik sepatu, perajin anyaman, dan penjahit pakaian. Kegiatan petani mulai dari menanam, memanen sampai mengolah gabah jadi beras merupakan kegiatan produksi. Kegiatan produksi tidak hanya memproduksi barang saja, tetapi juga jasa. Guru, penerjemah, dosen, jaksa adalah contoh kegiatan produksi jasa.

Dalam melakukan kegiatan produksi tentunya ada tujuannya. Berikut tujuan-tujuan dari kegiatan produksi :

a.       Menghasilkan atau menciptakan barang atau jasa yang bermanfaat bagi konsumen

b.      Meningkatkan kualitas suatu barang atau jasa

c.       Meningkatkan keuntungan suatu usaha supaya perusahaan dapat berkembang

d.      Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

e.       Dapat membuka lapangan pekerjaan

2.      Kegiatan Distribusi

Distribusi adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyalurkan komoditas ekonomi dari produsen ke konsumen. Kegiatan distribusi dapat dilakukan oleh lembaga atau perorangan. Lembaga atau perorangan yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor. Adapun lembaga lembaga yang menjadi pelaku distribusi seperti agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer.

Ada 3 bentuk kegiatan distribusi yaitu :

a.       Pengangkutan barang, seperti melalui ekspedisi dan kurir

b.      Penyimpanan, seperti adanya pergudangan barang

c.       Perdagangan, yaitu dengan jual beli, melalui pasar

 

Kegiatan distribusi memiliki beberapa tujuan di antaranya:

a.       Menyalurkan barang yang berasal dari produsen kepada konsumen secara tepat

b.      Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap suatu barang

c.       Menjamin keberlanjutan produksi

d.      Hasil produksi dapat digunakan oleh konsumen dengan baik

3.      Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah suatu kegiatan memakai atau menghabiskan suatu komoditas ekonomi (barang atau jasa) dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap manusia manusia yang menggunakan atau menghabiskan barang atau jasa disebut sebagai konsumen. Contohnya kita membeli tahu di pasar. Tahu tersebut kemudian diolah menjadi masakan untuk dikonsumsi. Dengan demikian kita telah melakukan kegiatan konsumsi. Selain makan dan minum, kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia adalah menggunakan telepon, membeli pakaian, membeli alat-alat tulis, dan membeli barang elektronik.

Ada beberapa tujuan yang terdapat dalam kegiatan konsumsi, yaitu:

a.       Memenuhi kebutuhan

b.      Memberikan kepuasan terhadap diri sendiri

c.       Menciptakan barang baru yang lebih bernilai

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan suatu perusahaan atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Tujuannya adalah:

a.       Untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan memanfaatkan sumber daya.

b.      Untuk membantu sesama manusia.

c.       Meningkatkan mutu dan jumlah produksi.

d.      Mencari keuntungan atau laba.



Penilaian Pengetahuan

 

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Balirejo         

Mata Pelajaran                      : IPAS           

Fase/Kelas       : B/4 (Empat)

Bentuk Penilaian           : Tes

 

Kisi-kisi

 

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Indikator

Bentuk

No Soal

Peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi di sekitar berupa produksi, distribusi, dan konsumsi.

 

Peserta didik dapat menentukan ciri - ciri kegiatan ekonomi

Menentukan pelaku ekonomi

Pilihan Ganda

1

Menentukan ciri – ciri palu ekonomi

Pilihan Ganda

2

Mendefinisikan kegiatan ekonomi berdasarkan gambar

Pilihan Ganda

3

Menentukan jenis kegiatan ekonomi

Pilihan Ganda

5

Menentukan pelaku ekonomi

Pilihan Ganda

8

Menyimpulkan jenis kegaiatan ekonomi

Pilihan Ganda

10

Peserta didik dapat menyimpulkan jenis kegiatan jual beli

 

Menentukan pelaku ekonomi

Pilihan Ganda

4

Menyimpulkan tujuan kegiatan ekonomi

Pilihan Ganda

6

Menentukan jenis barang produksi

Pilihan Ganda

7

Menyimpulkan kegiatan yang dapat membantu efektifitas produksi

Pilihan Ganda

9

 

Kunci Jawaban

        Pilihan ganda

1.      A

2.      B

3.      D

4.      D

5.      A

6.      D

7.      A

8.      C

9.      B

10.  C



EVALUASI

Nama              :                              

Kelas               :                              

No. Presensi   :                              

 

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang kamu anggap paling benar !

1.      Rini menerima uang dari Tano, sedangkan Tano menerima sayur-sayuran dari Rini. Pada pernyataan tersebut, Rini berperan sebagai . . .

a.       penjual

b.      pembeli

c.       barter

d.      konsumen

2.      Banu menerima paket dari kurir di depan rumah. Banu berperan sebagai. . .

a.       produsen

b.      konsumen

c.       distributor

d.      penjual

3.      Perhatikan gambar di bawah!

Kegiatan ekonomi yang ditunjukkan oleh gambar di samping yaitu. . .

a.       jual beli

b.      konsumsi

c.       distribusi

d.      produksi

 

4.      Ditya menyalurkan barang hasil produksi kue ke beberapa toko. Ditya bertindak sebagai. . .

a.       produsen

b.      distributor

c.       konsumen

d.      mediator

5.      Anik makan dan minum di restoran dekat rumahnya. Kegiatan ekonomi yang dilakukan Anik yaitu. . .

a.       konsumsi

b.      produksi

c.       distribusi

d.      kontribusi

6.      Tujuan suatu perusahaan atau suatu masyarakat melaksanakan kegiatan ekonomi yaitu. . .

a.       menghambat pemenuhan kebutuhan

b.      mengurangi mutu produksi

c.       bersaing sesama manusia

d.      mencari keuntungan atau laba

7.      Perhatikan gambar di bawah!

Andi akan memproduksi jaket menggunakan benda pada gambar di atas. Benda tersebut termasuk pada tahap. . .

a.       bahan mentah

b.      bahan setengah jadi

c.       bahan jadi

d.      bahan sisa

8.      Mahendra menggunakan hp milik orang tuanya untuk belajar. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh Mahendra yaitu. . .

a.       produksi

b.      distribusi

c.       konsumsi

d.      jual beli

9.      Adit ingin membeli bibit tanaman terong, namun di sekitar rumahnya tidak ada yang menjual. Salah satu upaya praktis yang bisa dilakukan oleh Adit yaitu. . .

a.       membelinya ke luar kota

b.      mencari penjual di desa tetangga

c.       mencari bibit tanaman di dalam hutan

d.      membelinya di marketplace

10.  Perhatikan gambar di bawah!

Kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan melaksanakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi pada gambar di atas disebut. . .

a.       distribusi

b.      konsumsi

c.       produksi

d.      jual beli