Elaborasi Pemahaman Topik 4 Lingkungan Kaya Literasi - Literasi Dasar
Sudut Baca Kelas, Solusi di Tengah Minimnya Literasi
Membaca merupakan
langkah awal bagi seseorang untuk menuju ke keterampilan
berbahasa lainnya. Kegiatan membaca perlu ditingkatkan sejak usia dini agar peserta didik atau
peserta didik dapat terbiasa dengan aktifitas membaca.
Dengan membaca berarti
kita menerjemahkan, menginterprestasikan tanda-tanda atau
lambanglambang dalam bahasa yangdipahamioleh pembaca. Konsep pendidikan yang dianut di negara kita adalah konsep
pendidkan sepanjang hayat (life long education). Hal ini sejalan dengan kewajiban setiap
manusia untuk selalu belajar sejak dilahirkan sampai
akhir hayatnya.
Salah
satu kegiatan literasi yang menjadi fokus dalam dunia pendidikan adalah literasi membaca. Menurut survei
tentang literasi yang dilakukan Central Connecticut State University pada tahun 2016 di New Britain, Conn, Amerika Serikat, misalnya,
menempatkan Indonesia dalam posisi cukup
memprihatinkan, yaitu urutan ke-60 dari 61 negara. (Kemdikbud, 2017). Membaca menjadi
sangat penting dalam pendidikan karena
semua proses pembelajaran didasarkan pada kemampuan siswa dalam membaca.
Pentingnya membaca
dalam dunia akademik,
pemerintah memiliki terobosan
yaitu melalui peraturan
mentri pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 tentang
Penumbuhan Budi Pekerti luhur kepada peserta didik dengan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah
(GLS). Menurut Abidin (Husna, 2020: 3) Gerakan
Literasi Sekolah (GLS) adalah
gerakan sosial dengan dukungan dari berbagai
elemen yang saling berkolaborasi. Upaya yang ingin ditempuh adalah menjadikan peserta
didik mempunyai kebiasaan
membaca dengan adanya
program GLS tersebut.
Banyak sekolah
yang mulai menggiatkan Gerakan Literasi Sekolah,
terutama dengan mengadakan sudut baca/pojok baca. Dengan adanya sudut baca di setiap sekolah
sangat efektif untuk menumbuhkan minat
peserta didik untuk membaca.
Kegiatan ini bisa dilakukan 15 menit sebelum pembelajaran dimulai atau saat jam
istirahat, peserta didik dapat mendatangi
sudut baca di sekolah masing-masing, dengan penataan rapi dan menarik banyak peserta didik senang dan seringkali mendatangi sudut baca tersebut.
Kebiasaan
membaca tidak dapat muncul dengan sendirinya tanpa adanya suatu dorongan yang kuat dari dalam diri.
Hal tersebut menunjukan bahwa kegiatan membaca
harus dikembangkan dengan tujuan untuk menciptakan
siswa yang memiliki budaya membaca. Budaya mmbaca dan menulis harus ditanamkan pada anak
usia sekolah dini.
Kegiatan
ini dapat dilakukan dalam pendidikan maupun diluar pendidikan Minat baca sangat diperlukan untuk
memudahkan peserta didik dalam meningkatkan
prestasi belajar mereka. Dengan membaca pembelajaran akan sangat bermakna,
meningkatkan mutu pembelajaran dan setiap kegiatan membaca akan terasa menyenangkan
tanpa adanya paksaan. Kegiatan membaca
tentunya memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi, mengembangkan ide yang mempermudah peserta diidk dalam menyusun sebuah cerita Untuk menumbuhkan
minat baca peserta didik, pihak sekolah perlu memfasilitasi salah satunya adalah dengan cara membuat
sudut baca disetiap kelas. Sudut baca
bisa diisi dengan buku-buku sesuai dengan kebutuhan setiap tingkatan kelas. Philomena (Mantu, 2021:
878) Ketersediaan ruang baca adalah
hal penting untuk merangsang peserta didik untuk membaca.
Keberadaan sudut baca dilingkungan sekolah membantu dalam menumbuhkan
budaya literasi pada peserta didik disekolah dan adanya sudut baca di lingkungan sekolah memberikan warna baru atau
suasana baru pada peserta didik sehingga peserta
didik termotivasi untuk
membaca
Daftar Pustaka
Husna, H. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan
Literasi Sekolah. Jurnal Artikel
UKSW. Di Unduh Dari https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/3374
Mantu, K., S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan
Nonformal: AKSARA, Vol: 07, hal 877-884. Di unduh dari http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara