Demonstrasi Kontekstual Topik 3 Asesmen Literasi-AKM Literasi Dasar
Analisis Video 3
No |
Stem Soal |
Konten |
Konteks |
Tingkat Kognitif |
1. |
Pilihan Ganda Kompleks |
Teks Sastra
Fiksi |
Saintifik |
-
Menemukan informasi -
Interpretasi dan integrasi |
2. |
Menjodohkan |
Teks Sastra
Fiksi |
Saintifik |
-
Menemukan informasi -
interpretasi dan integrasi -
evaluasi dan
refleksi |
3. |
Pilihan Ganda |
Teks Informasi |
-
Sosial Budaya -
Saintifik |
-
Menemukan informasi -
Interpretasi dan integrasi -
Evaluasi dan
refleksi |
4. |
Menjodohkan |
Teks Informasi |
-
Sosial Budaya -
Saintifik |
-
Menemukan informasi -
Interpretasi dan integrasi -
Evaluasi dan
refleksi |
5. |
Pilihan Ganda Kompleks |
Teks Informasi |
- Saintifik |
-
Menemukan informasi -
Interpretasi dan integrasi |
6. |
Pilihan Ganda |
Teks Informasi |
- Saintifik |
-
Menemukan informasi -
Interpretasi dan integrasi |
Soal Literasi
1.
Bacaalah infografis di
berikut ini !
Berilah tanda centang (√) untuk pernyataan yang sesuai dengan
teks di atas!
No. |
Pernyataan |
Benar |
Salah |
1. |
Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA)
disebabkan oleh kabut asap. |
|
|
2. |
Penyakit asma juga dapat disebabkan oleh buruknya kualitas udara. |
|
|
3. |
Terkena kabut asap dapat menimbulkan iritasi
pada mata dan tenggorokan. |
|
|
4. |
Teknologi filter HEPA terbukti kurang efektif dalam membersihkan bakteri dan allergen lainnya. |
|
|
5. |
Kadar kelembapan udara
yang kurang dari 30 persen dapat membantu mengendalikan allergen dan pemicu
penyakit pernapasan. |
|
|
2.
Berilah tanda centang (√) untuk pernyataan yang sesuai dengan teks di atas!
No. |
Pernyataan |
Benar |
Salah |
1. |
Daerah tropis memiliki curah hujan
yang cukup tinggi dibandingkan dengan daerah
subtropics. |
|
|
2. |
Indonesia memiliki keanekaragaman yang tidak sebanding dengan Brazil. |
|
|
3. |
Salah satu keunikan dari hayati Indonesia adalah mempunyai areal tipe Indomalaya yang luas. |
|
|
4. |
Curah
hujan yang tinggi menjadikan keanekaragaman hayati
yang tinggi dibandingkan dengan daerah subtropics
dan kutub. |
|
|
3.
Bagaimana cara robot pemadam
kebakaran tersebut memadamkan api di tempat yang sulit
dijangkau?
Jawab:
Soal Numerasi
4. Saat Nania berulang tahun,
ia membeli beberapa makanan yang akan dibagikan
kepada teman-temannya. kue itu terdiri
dari :
1. Permen coklat
24 buah
2. Kue keju 12 buah
3. Susu coklat 12 buah
4. Biskuit 36 buah
Jika semua makanan itu akan diberikan
kepada teman-temannya dengan
jumlah sama.
Coba perhatikan manakah pernyataan berikut
yang benar, berilah tanda
(v) !
Pernyataan |
Tanda (v) |
Setiap anak
mendapat 3 coklat |
|
Setiap anak mendapat 1 kue keju |
|
Setiap anak mendapat 4 biskuit |
|
Setiap anak
mendapat 2 susu coklat |
|
Makanan itu
akan dibagikan kepada
3 orang teman |
|
Makanan itu
akan dibagikan kepada
12 orang teman |
|
Kunci
Jawaban
1.
Salah – Benar – Benar –
Salah – Salah
2.
Benar – Salah – Benar
– Benar
3. Robot
dikendalikan dari jarak 1.5 km dengan menggunakan pengendali jarak jauh. Robot juga dilengkapi dengan GPS dan kamera sehingga memudahkan
petugas jika ada titik api yang sulit dijangkau.
4. Pernyataan benar: Setiap anak mendapat 1 kue keju
Makanan itu akan dibagikan
kepada 12 orang
teman
Demonstrasi Konteksual Topik 3
Lembar Kerja Penilaian Hasil Diskusi
(Pastikan Anda mengisi kolom
catatan yang dapat
berupa keterangan alasan penilaian!)
No. |
Indikator |
Penilaian |
|
Ya |
Tidak |
||
1. |
Identifikasi fungsi,
tujuan, dan manfaat asesmen nasional sudah sesuai. |
√ |
|
2. |
Analisis konten
contoh soal sudah
tepat. |
√ |
|
3. |
Analisis konteks
contoh soal sudah tepat. |
√ |
|
4. |
Analisis tingkat kognitif contoh
soal sudah tepat. |
√ |
|
5. |
Soal yang
dibuat sudah sesuai
dengan konten, konteks, dan tingkat kognitif dalam asesmen literasi. |
√ |
|
Catatan untuk
revisi soal yang
dibuat oleh kelompok: Secara keseluruhan soal yang dibuat oleh kelompok sudah
baik, sudah mencakup kelima
indicator di atas. Catatan untuk soal literasi nomor 1 ada beberapa kata yang kurang
familiar bagi peserta
didik, jadi perlu
disederhanakan untuk kata yang sekiranya asing terdengar oleh
peserta didik. |