Aksi Nyata Topik 4: Rancangan dan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran Berdiferensiasi
Matkul :
Pembelajaran Berdifensiasi Topik 4 Aksi Nyata
1.
Apakah Anda puas dengan
proses belajar pada topik ini? Mengapa?
Saya sangat puas belajar pada Topik 4 ini karena dalam topik ini saya
bisa sharing dengan guru penggerak
yang tentunya jauh lebih berpengalaman dari saya. Tentang bagaimana
cara penyusunan RPP atau Modul ajar yang benar dan contoh contoh
proses pembelajaran yang menarik. Selain
itu dalam diskusi,
Guru penggerak memberi
contoh bagaimana membuat
RPP/Modul ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi tanpa meninggalkan format RPP / Modul ajar yang
sebelummnya. Guru penggerakpun juga memfasilitasi mahasiswa
untuk sharing berbagai
kesulitan jika dalam pembuatan RPP
/ Modul Ajar mengalami kendala agar kompetensi yang diharapkan dapat
tercapai secara maksimal.
2. Ide apa yang
Anda dapatkan setelah belajar pada topik
ini?
Dari beberapa referensi
yang saya dapat, saya memiliki
ide untuk menggunakan beberapa bentuk media dalam penyampaian materi pembelajaran
agar peserta didik mampu menangkap
apa yang diajarkan. Dan dalam penugasan guru akan meminta peserta
didik membuat tugas sesuai gaya belajar mereka.
Disini saya melakukan variasi diferensiasi produk dan konten agar sesuai kemampuan yang dimiliki.
3.
Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?
Sebelumnya saya sudah melakukan observasi dan mengetahui profil peserta
didik. Dalam persiapan pembelajaran,
saya akan berkolaborasi dengan teman yang PPL nya disekolah yang sama untuk membantu menyiapkan alat bahan
dan sarana prasarana.
4. Apa yang melatarbelakanginya?
Dalam observasi saya, ditemukan mayoritas
siswa merasa bosan dan tidak memperhatikan guru dikelas. Itu karena pembelajaran kurang menyenangkan dan monoton selalu menggunakan metode konvesional atau ceramah. Selain itu guru kurang memperhatikan gaya belajar yang dimiliki oleh
siswanya.
5.
Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?
Membangkitkan semangat dan antusias peserta
didik dalam pembelajaran, Meningkatkan prestasi peserta
didik Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan
dan variative, memudahkan peserta didik untuk memahami pembelajaran yang diajarkan.
6.
Apa indikator keberhasilannya?
Keberhasilan bisa dilihat
dari bagaimana sikap peserta didik saat mengikuti
pembelajaran dengan metode
ceramah dan menggunakan metode yang lebih
bervariasi. Keaktifan dan
antusiasme siswa serta bagaimana perhatian siswa terhadap guru dan pembelajaran.
7. Bagaimana langkahnya?
a. Melakukan assessment diagnostic
b. Membuat tujuan pembelajaran
c. Menyusun Modul/Rpp
d. Melaksanakan pembelajaran
e.
Melakukan asesmen
f.
Melakukan evaluasi