Aksi Nyata Topik 4 Lingkungan Kaya Literasi - Literasi Dasar
Literasi Dasar
SEL.01.2-T4-8 Aksi Nyata
Berikutnya, refleksikan pembelajaran ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
- Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari konsep lingkungan kaya literasi?
- Bagian manakah dari konsep lingkungan kaya literasi yang paling menantang?
- Hal-hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait dengan lingkungan kaya literasi?
- Bagaimana Anda akan memanfaatkan pengetahuan baru ini ke kehidupan sehari-hari Anda?
Setelah melakukan refleksi, tuliskan rancangan/rencana aksi nyata terkait pengembangan budaya literasi di sekolah dasar, yaitu kegiatan yang bisa Anda jalankan di sekolah. Aksi nyata ini dapat berisi beberapa hal yaitu:
- Nama program dalam rangka membangun lingkungan literat,
- Lokasi pembangunan lingkungan literat (ruang kelas, perpustakaan, pojok literasi, taman baca, dll),
- Deskripsi program,
- Jangka waktu program.
Refleksi
- Pemahaman baru apa yang Anda
dapatkan setelah mempelajari konsep lingkungan kaya literasi?
Pemahaman baru yang saya dapat setelah mempelajari
topik ini adalah bagaimana membuat lingkungan kelas yang literat. Lingkungan kelas yang literat ditunjukkan oleh banyaknya
tulisan yang dapat dibaca oleh peserta didik, baik yang ditempel di dinding, di
papan tulis maupun dalam bentuk buku. Prinsip-prinsip bimbingan pengembangan
literasi menyebutkan adanya tiga komponen yang menunjang keberhasilan pembelajaran
literasi, yakni komponen motivasi, pembelajaran membaca-menulis terpadu, dan
komponen membaca-menulis mandiri.
- Bagian manakah dari konsep
lingkungan kaya literasi yang paling menantang?
Yaitu tentang melibatkan partisipasi aktif orang tua
dalam mewujudkan lingkungan yang kaya literat bagi pesrt didik karena
membutuhkan komunikasi dua arah antara guru dan orang tua untuk mendukung
pesert didik dalam kegiatan literasi
- Hal-hal lain apakah yang ingin
Anda pelajari lagi terkait dengan lingkungan kaya literasi?
Hala lain yang ingin saya pelajari adalah bagaimana
mewujudkan lingkungan kaya literat yang ramah bagi peserta didik berkebutuhan
khusus
- Bagaimana Anda akan
memanfaatkan pengetahuan baru ini ke kehidupan sehari-hari Anda?
Setelah mendalami materi tentang lingkungan yang kaya
literat, selanjutnya saya sebagai seorang guru akan mencoba mengaplikasikan ke
lingkungan sekolah tentang lingkungan yang literat dengan hal kecil terlebih
dahulu seperti madding hasil karya peserta didik.
Rancangan Aksi nyata
Nama Program : Sudut Baca Kelas
Tempat : Kelas
Waktu : 30 Menit
Deskripsi
Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik lebih
termotivasi untuk membaca buku karena tersedia berbagai macam buku yang ada
pada pojok kelas. Nantinya siswa diharuskan untuk membaca buku sebelum
pembelajaran selama 15 – 30 menit yang bukunya boleh memilih apa yang peserta
didik senangi. Tidak hanya saat sebelum pembelajaran saja, dengan adanya sudut
baca di kelas diharapakan siswa juga dapat membaca buku yang mereka senangi
saat jam istirahat tiba dengan begitu nantinya diharapkan peserta didik akan
terbiasa membaca dan menjadi rutinitas setiap harinya