Aksi Nyata Pembelajaran Berdiferensiasi Topik 3: Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran Berdiferensiasi Topik 3: Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi
1.
Apakah Anda puas dengan proses
belajar pada topik ini? Mengapa?
à Saya merasa puas dengan
proses pembelajaran terkait strategi pengajaran yang dapat diterapkan untuk pembelajaran berdiferensiasi. Materi yang tersaji
pada topik 3 ini sangat
membantu saya untuk mengingat pembelajaran ketika perkuliahan sarjana.
Sebagai calon guru, saya dapat menerapkan
dan memvariasikan strategi
pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan kemampuan belajar, minat, dan
tipe belajar peserta didik.
2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah
belajar pada topik ini?
à
Setelah mempelajari topik 3 ini, saya
mempunyai ide untuk mengaplikasikan beberapa
strategi yang saya pelajari dalam pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Saya dapat memberikan variasi strategi pengajaran
di setiap pertemuan supaya peserta didik tidak
mudah bosan selama belajar di kelas. Saya juga dapat saling bertukar
gagasan dengan teman sejawat
untuk menambah referensi
strategi pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi.
3. Bagaimana caranya
supaya Anda dapat merealisasikannya?
à Untuk merealisasikan ide
pada nomor 2, saya akan menyusun modul ajar/RPP yang menggunakan salah satu strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi. Saya juga melakukan diskusi atau saling bertukar
informasi dengan teman sejawat terkait proses
pembelajaran di kelas supaya saya dapat memilih strategi pengajaran yang
tepat. Selain itu, saya dapat mengumpulkan informasi dari beragam
sumber mengenai strategi
pembelajaran berdiferensiasi dan mempelajarinya lebih detail.
4. Apa yang melatarbelakanginya?
à
Yang melatarbelakangi
saya untuk mencoba penerapan strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi adalah rasa bosan peserta
didik selama belajar
di kelas.
Potensi
rasa bosan tersebut dikarenakan guru belum mengaplikasikan strategi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik dan
kondisi peserta didik. Di kelas, setiap peserta didik mempunyai karakteristik dan kebutuhan belajar sesuai tipe belajar
mereka. Oleh karena itu, tidak adil jika saya hanya mengedepankan teori tanpa melihat kondisi nyata di kelas.
5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?
à Tujuan pengimplementasian
strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi yaitu memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang disesuaikan
dengan karakteristik mereka. Setiap
peserta didik mempunyai tingkat kebutuhan belajar yang berbeda. Saya berharap dapat membantu peserta didik
dalam belajar sesuai kemampuan dan apa yang mereka suka dengan menerapkan strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi,. Peserta didik juga dapat lebih mudah dalam memahami apa yang saya sampaikan sehingga
tujuan pembelajaran yang direncanakan tercapai.
6. Apa indikator keberhasilannya?
à
Indikator keberhasilannya yakni sebagai guru, saya dapat menggunakan strategi
pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi yang selaras dengan
kebutuhan belajar peserta didik. Selain itu, peserta didik menunjukkan ketertarikan ketika mengikuti berbagai kegiatan kelas yang guru sudah
rencanakan selama di kelas dengan menerapkan
strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi.
7.
Bagaimana langkahnya?
à
Saya dapat mengamati
kegiatan belajar dan karakter
peserta didik sembari
mengajar di kelas. Hasil pengamatan tersebut saya
gunakan dalam menetukan strategi pengajaran pembelajaran
berdiferensiasi untuk modul ajar/RPP di pertemuan berikutnya. Setelah itu, saya memilih media, kegiatan, dan jenis
asesmen untuk pelaksanaan pembelajaran yang mengaplikasikan strategi pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi. Berikutnya, saya mengevaluasi apa yang sudah saya terapkan
untuk melihat kelebihan
dan kekurangannya. Dengan demikian, saya dapat meningkatkan kemampuan dalam menerapkan strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi.