Aksi Nyata - Kontribusi Nyata Penerapan Dasar-Dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
01.01.2-T2-7 Aksi Nyata - Kontribusi Nyata Penerapan Dasar-Dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
1Perasaan selama melakukan perubahan di kelas
Perasaan selama melakukan perubahan yang saya rasakan di kelas yaitu
senang karena banyak
ilmu yang saya dapat. Saya
juga masih ingin terus belajar untuk memahami konsep pemikiran KHD untuk dapat saya implementasikan dalam praktik mengajar. Pada praktik saya
mengupayakan untuk memberikan
pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Seperti selalu memberikan peseta didik untuk dapat menceritkan pengalaman pribadinya pada saat mengaitkan kegiatan pembelajaran di kelas.
Banyak hal yang harus saya perbaiki dan tingkatkan dalam praktik dengan landasan pemikiran KHD.
2. Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan
Ide atau gagasan
yang timbul yaitu
saya ingin dapat memberikan literasi
yang menarik. Karena
sejauh ini literasi yang diberikan pada anak cenderung menggunakan buku
yang dimana konsep buku isinya hampir
sama. Sehingga kegiatan invitasinya monoton membuat proyek taman, kebun dan rumah. Beranjak
dari hal itu saya ingin dapat memberikan literasi yang dapat
mendorong kreativitas anak dalam membuat proyek.
3. Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik
Pembelajaran : proses interaksi peserta
didik dengan pendidik. Pada saat saya praktik, peserta
didik banyak yang aktif di kelas dalam menyampaikan pendapatnya. Walaupun didalam proses pembelajaran
adapun anak yang masih asik bermain sendiri. Sehingga itu membuat saya merasa tertantang untuk terus belajar
dapat mengkondisikan anak saat
proses pembelajaran.
Pengalaman: banyak pengalaman yang saya dapatkan setelah
melaksanakan praktik di kelas salah satu
yaitu saya belajar mengkondisikan anak dari awal kegiatan motoric kasar hingga
kegiatan pembelajaran selesai. Selain
itu saya belajar untuk memahami semua
karakteristik peserta didik saya di
kelas. Dari kegiatan yang saya laksanakan membuat saya ingin terus belajar
dalam praktik di kelas dengan landasan pemikiran KHD.
5. Anda juga dapat memasukkan ‘testimoni’ dari rekan guru dan peserta didik yang terlibat dalam proses perubahan yang Anda lakukan.
Testimoni dari rekan sejawat lebih meningkatkan lagi untuk
mengkondisikan anak. jika dari guru pamong memberikan masukan dalam membat modul ajar disesuaikan dengan litersi yang dibacakan
dan lebih ditingkatkan untuk mendorong anak untuk aktif. Dari peserta didik
anak senang belajar dan bermain.