Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Kelas 4 Tabel Faktor Suatu Bilangan

 

PENGGALAN SILABUS

Satuan Pendidikan : SD Negeri Plumbungan 05

Kelas/ Semester : IV/ I

Muatan Pembelajaran : Matematika

Alokasi Waktu : 3 JP (3 x 35 menit)


Kompetensi Inti

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.










No

Kompetensi Dasar

Karakter

Indikator

Pengembangan Materi

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Jenis

Bentuk

1


  1. Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan.

  1. Teliti                     

  2. Disiplin

  1. Menjelaskan faktor suatu bilangan.

  1. Faktor suatu bilangan.                   

  2. Tabel faktor suatu bilangan.

  1. Siswa bertanya jawab tentang konsep faktor bilangan. (menanya dan mengumpulkan informasi)

  2. Siswa menjelaskan tentang konsep faktor bilangan (mengumpulkan informasi).

  3. Siswa menentukan faktor bilangan dengan membagi bilangan tersebut (mengasosiasi).

  4. Siswa membuat tabel berdasarkan faktor bilangan (mengasosiasi)..

  5. Siswa berpasangan dengan teman sebangku.

  6. Masing-masing pasangan menentukan faktor bilangan dengan membagi bilangan tersebut. (mengasosiasi).

  7. Masing-masing pasangan membuat tabel berdasarkan faktor bilangan. (mengasosiasi).

  8. Masing-masing pasangan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (mengomunikasikan)

  9. Guru memberikan konfirmasi dan penguatan.

  10. Siswa menanyakan materi yang belum dipahami.

Tes

Tertulis

Uraian

3 JP 

(3 x 35 menit)

Gunanto, Dhesy Adhalia. Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta  : Gelora Aksara Pratama.


Mustaqim, Burhan. 2008. Ayo Belajar Matematika 4 : untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  1. Menentukan faktor suatu bilangan.

Tes

Tertulis

Uraian

  1. Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan.

  1. Membuat tabel berdasarkan faktor suatu bilangan.

Non tes

Produk

Rubrik

  1. Menyajikan tabel berdasarkan faktor suatu bilangan.

Non tes

Unjuk kerja

Rubrik