Silabus Kelas 2 Tema 4 SubTema 4 Pembelajaran 6
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR TEMA 4 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 6
PENGGALAN SILABUS SD KELAS 2
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : 2/I
Tema/SubTema : 4. Hidup Bersih dan Sehat / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 6 (Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika)
Alokasi waktu : 1 hari (5X35 Menit)
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mupel/ Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Indikator | Materi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber belajar | ||
Teknik | Jenis | Bentuk | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
Bahasa Indonesia | |||||||||
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual. | Religius, Disiplin, Kerja sama, Kreatif | 3.4.1mengidentifikasi isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan menggunakan bahasa tulis |
|
Mengamati
Berlatih
Berdiskusi
Berlatih
Membaca
Mengamati
Menulis
Mengamati
Berdiskusi
Berlatih
Mengamati
Mencoba
| Tes | Tes Tertulis | Soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian | 5 x 35 menit | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. . |
4.4 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual. |
|
| Non Tes | Unjuk Kerja | Rating scale dengan rubrik | ||||
PPKn | |||||||||
1.4 Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah. | 1.4.1 menunjukkan sikap bersyukur dalam keberagaman di sekolah |
| Non Tes | Pengamatan | Lembar Pengamatan | ||||
2.4 Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah. | 2.4.1 melaksanakan sikap toleransi dalam keberagaman di sekolah |
| Non Tes | Pengamatan | Lembar Pengamatan | ||||
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah. | 3.4.1 menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah. 3.4.2 menjelaskan akibat apabila hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah. | Tes | Tes Tertulis | Soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian | |||||
4.4 Menceritakan pengalaman bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah. | 4.4.1 menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah. | Non Tes | Unjuk Kerja | Rating scale dengan rubrik | |||||
Matematika | |||||||||
3.11 Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret. | 3.11.1menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola. |
| Tes | Tes Tertulis | Soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian | ||||
4.11 Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret | 4.11.1membuat gambar bangun ruang berdasarkan pola pada urutan yang ditentukan. | Non Tes | Unjuk Kerja | Rating scale dengan rubrik |