Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rubrik Penilaian Kelas 2 Tema 4 Sub Tema 4

                                                         KISI-KISI PENILAIAN


Satuan Pendidikan : SD

Kelas/Semester : 2/I

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

SubTema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat  Umum

Pembelajaran             : 6 (Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika)

Alokasi waktu : 1 hari (5X35 Menit)


Muatan


Kompetensi Dasar


Indikator

Tujuan Pembelajaran

Ranah

Teknik

Jenis

Bentuk

No Soal

Kunci jawaban

Tingkat keukaran

Bahasa Indonesia

3.4

Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

3.4.1






mengidentifikasi isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan menggunakan bahasa tulis



  1. Setelah menyimak teks flora dan fauna lestari manusia akan sehat, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis dengan benar.

Pengetahuan C1

Tes

Tes tertulis

Pilihan ganda

Pilihan ganda

Isian singkat

1


2


3



Terlampir




Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

4.4.1





4.4.2

membuat laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.

membaca laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.

  1. Setelah mengamati gambar tentang memelihara flora dan fauna, siswa mampu membuat laporan sederhana tentang cara menjaga flora dan fauna agar tetap sehat dengan baik.

  2. Setelah membuat laporan tentang memelihara flora dan fauna, siswa mampu membaca laporan sederhana tentang memelihara flora dan fauna menggunakan lafal dan intonasi yang benar.

Keterampilan P1, P5

Non tes

Unjuk kerja

Rating scale dengan rubrik

LKPD



PPKn

1.4

Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

1.4.1


menunjukkan sikap bersyukur dalam keberagaman di sekolah

  1. Melalui pembiasaan berdoa sebelum dan setelah kegiatan pembelajaran, siswa mampu menunjukkan sikap bersyukur dalam keberagaman di sekolah dengan baik.

Afektif A3

Non tes

Pengamatan

Lembar pengamatan dengan rubrik

Afektif A3




2.4

Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

2.4.1

melaksanakan sikap toleransi dalam keberagaman di sekolah

  1. Melalui pembiasaan, siswa mampu melaksanakan sikap toleransi dalam keberagaman di sekolah dengan baik.

Afektif A3

Non tes

Pengamatan

Lembar pengamatan dengan rubrik

Afektif A3




3.4

Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

3.4.1






3.4.2

menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.

menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.

  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah dengan tepat.

  2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah dengan tepat..

Pengetahuan C2

Tes

Tes tertulis

Pilihan ganda

Pilihan ganda

Isian singkat

1


2


3



Terlampir



4.4

Menceritakan pengalaman bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.


4.4.1

menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.

  1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah dengan baik.

Keterampilan P2

Non tes

Unjuk kerja

Rating scale dengan rubrik

LKPD



Matematika

3.11

Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.

3.11.1

menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola.

  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola yang tepat.

Pengetahuan C2

Tes

Tes tertulis

Pilihan ganda

Pilihan ganda

Isian singkat

1


2


3






4.11

Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret

4.11.1

membuat gambar bangun ruang berdasarkan pola pada urutan yang ditentukan.

  1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat gambar bangun ruang berdasarkan pola pada urutan yang ditentukan dengan benar.

Keterampilan P2

Non tes

Unjuk kerja

Rating scale dengan rubrik

LKPD





  1. PENILAIAN SPIRITUAL

Kelas/ semester : 2/1

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di tempat umum

Pembelajaran : 6

Petunjuk : Guru memberikan tanda () pada setiap kriteria sesuai dengan nilai karakter yang muncul dari siswa!

Nilai sikap spiritual yang diamati :

  1. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

  2. Perilaku syukur 

No

Nama

Sikap Spiritual

Jumlah skor

Nilai

Predikat

Berdoa Sebelum dan Sesudah melakukan kegiatan

Perilaku syukur

1

2

3

4

1

2

3

4

1.













2.














RUBRIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

Nilai sikap spiritual yang diamati

Kriteria

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Kurang

1

Berdoa Sebelum dan Sesudah melakukan kegiatan

Siswa selalu melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran

Siswa sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran

Siswa berdoa hanya sebelum atau sesudah melakukan kegiatan pembelajaran

Siswa tidak berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran

Perilaku syukur

Siswa selalu mengucapkan syukur setiap akhir aktifitas belajar ataupun saat mendapat sesuatu

Siswa sesekali mengucapkan syukur setiap akhir aktifitas belajar ataupun saat mendapat sesuatu

Siswa mengucapkan hanya pada saat akhir pembelajaran

Siswa tidak pernah mengucapkan syukur selama proses pembelajaran


  1. PENILAIAN SOSIAL

Kelas/ semester : 2/1

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di tempat umum

Pembelajaran : 6


Petunjuk: 

Petunjuk : Guru memberikan tanda () pada setiap kriteria sesuai dengan nilai karakter yang muncul dari siswa!

Nilai sikap sosial yang diamati :

  1. Disiplin

  2. Kerja sama

  3. Teliti

  4. Berani 

  5. Mandiri 

No

Nama

Sikap

Jumlah skor

Nilai

Predikat

Disiplin

Kerja sama

Teliti

Berani

Mandiri

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1.

























2.


























RUBRIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL

No

Sikap

Perubahan tingkah laku

Sangat Baik

Baik

Cukup

Kurang

4

3

2

1

1.

Disiplin

Siswa mampu menjalankan aturan dengan kesadaran sendiri

Siswa mampu menjalankan aturan dengan bimbingan guru

Siswa kurang mampu menjalankan aturan 

Siswa belum mampu menjalankan aturan

2.

Kerja sama

Siswa selalu aktif dalam kegiatan diskusi dan pengambilan keputusan

Siswa sering aktif dalam kegiatan diskusi dan pengambilan keputusan

Siswa kurang aktif dalam kegiatan diskusi dan pengambilan keputusan

Siswa tidak aktif dalam kegiatan diskusi dan pengambilan keputusan

3.

Teliti 

Siswa melakukan pengecekan berulang-ulang setelah mengerjakan tugas/ soal

Siswa melakukan pengecekan sekali setelah mengerjakan tugas/soal

Siswa hanya melakukan pengecekan ulang pada soal yang dianggap sulit.

Tidak ada pengecekan ulang setelah siswa mengerjakan tugas/soal

4.

Berani 

Siswa berani mengemukakan pendapat, pertanyaan, maupun jawaban dengan kesadaran sendiri

Siswa berani mengemukakan pendapat, pertanyaan, maupun jawaban dengan bimbingan guru

Siswa kurang berani mengemukakan pendapat, pertanyaan, maupun jawaban 

Siswa belum berani mengemukakan pendapat, pertanyaan, maupun jawaban

5.

Mandiri

Sangat mandiri dalam mengerjakan tugas (tidak pernah menyontek) dan bisa memenuhi kebutuhan pribadi sendiri (seperti ke toilet sendiri) di sekolah

mandiri dalam mengerjakan tugas (sering tidak menyontek) dan bisa memenuhi kebutuhan pribadi (seperti ke toilet sendiri) di sekolah

Mulai tampak mandiri dalam mengerjakan tugas (terkadang menyontek) dan mulai bisa memenuhi kebutuhan pribadi (seperti ke toilet diantar teman) di sekolah

Perlu bimbingan agar mandiri dalam mengerjakan tugas (selalu menyontek) dan kesulitan memenuhi kebutuhan pribadi (seperti ke toilet minta diantar guru) di sekolah




  1. PENILAIAN PENGETAHUAN

SOAL EVALUASI



Satuan Pendidikan : SD

Kelas : 2 (dua)

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum

Pembelajaran : 5 (lima)


Petunjuk Mengerjakan

  1. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, atau C untuk soal nomor 1, 2, 4, 5, 7 dan 8!

  2. Isilah dengan jawaban yang tepat untuk soal nomor 3, 6, dan 9!


Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1, 2, dan 3!

Flora dan Fauna Lestari, Manusia Akan Sehat


Kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Hal ini dilakukan agar flora dan fauna di sekitar kita tidak rusak dan punah. Jika flora dan fauna rusak dan punah, kehidupan manusia pun ikut terganggu. Misalnya kebakaran hutan sangat mengganggu kehidupan kita. Kesehatan manusia sangat terganggu karena banyak asap. Bahkan, banyak juga yang menyebabkan kematian.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna di sekitar kita. Pembakaran dan penebangan hutan secara liar harus dihentikan. Perburuan hewan liar juga harus dihindari. Hutan akan tetap asri. Hewan di hutan pun tidak punah. Dengan demikian, kehidupan dan kesehatan manusia pun tidak terganggu.

  1. Apakah isi teks tersebut?

  1. Kelestarian flora dan fauna harus dijaga.

  2. Tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna.

  3. Kehidupan flora dan fauna tidak akan mengganggu manusia.

  1. Apa kegiatan yang harus dihentikan untuk menjaga kelstarian flora dan fauna?

  1. Pembakaran hutan.

  2. Perburuan hewan.

  3. Penanaman hutan.

  1. Apakah judul teks tersebut?

  2. Kebersamaan merupakan wujud ....

  1. perselisihan

  2. perpecahan

  3. persatuan

  1. Berikut ini manakah yang merupakan manfaat hidup bersatu ....

  1. Pekerjaan menjadi ringan

  2. Pekerjaan menjadi berat

  3. Pekerjaan lama selesai

Perhatikan peryataan berikut untuk menjwab soal nomor 6

  1. Tidak bisa berbagi pengalaman dengan teman

  2. Pekerjaan lama selesai

  3. Disenangi teman

  1. Pernyataan yang merupakan akibat jka tidak hidup bersatu terdapat pada nomor ....

  2. Lengkapilah pola bangun berikut!


. . .   . . .   . . . .


  1.  

 

  1.  

 

  1.  

  1. Manakah pola bangun yang salah?








DAFTAR PUSTAKA


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.  Buku Guru Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.  Buku Siswa Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


http://satunama.org/207/berbagi-pengetahuan-dan-pengalaman-dengan-radio-komunitas-timor-leste-2/