Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : 2/I
Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat
SubTema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 6 (Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika)
Alokasi waktu : 1 hari (5X35 Menit)
Muatan |
| Kompetensi Dasar |
| Indikator | Tujuan Pembelajaran | Ranah | Teknik | Jenis | Bentuk | No Soal | Kunci jawaban | Tingkat keukaran |
Bahasa Indonesia | 3.4 | Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual. | 3.4.1
| mengidentifikasi isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan menggunakan bahasa tulis
| Setelah menyimak teks flora dan fauna lestari manusia akan sehat, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis dengan benar.
| Pengetahuan C1 | Tes | Tes tertulis | Pilihan ganda Pilihan ganda Isian singkat | 1
2
3
| Terlampir |
|
|
| Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual. | 4.4.1
4.4.2 | membuat laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat. membaca laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat. | Setelah mengamati gambar tentang memelihara flora dan fauna, siswa mampu membuat laporan sederhana tentang cara menjaga flora dan fauna agar tetap sehat dengan baik. Setelah membuat laporan tentang memelihara flora dan fauna, siswa mampu membaca laporan sederhana tentang memelihara flora dan fauna menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
| Keterampilan P1, P5 | Non tes | Unjuk kerja | Rating scale dengan rubrik | LKPD |
|
|
PPKn | 1.4 | Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah. | 1.4.1
| menunjukkan sikap bersyukur dalam keberagaman di sekolah | Melalui pembiasaan berdoa sebelum dan setelah kegiatan pembelajaran, siswa mampu menunjukkan sikap bersyukur dalam keberagaman di sekolah dengan baik.
| Afektif A3 | Non tes | Pengamatan | Lembar pengamatan dengan rubrik | Afektif A3 |
|
|
| 2.4 | Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah. | 2.4.1 | melaksanakan sikap toleransi dalam keberagaman di sekolah | Melalui pembiasaan, siswa mampu melaksanakan sikap toleransi dalam keberagaman di sekolah dengan baik.
| Afektif A3 | Non tes | Pengamatan | Lembar pengamatan dengan rubrik | Afektif A3 |
|
|
| 3.4 | Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah. | 3.4.1
3.4.2 | menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah. menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah. | Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah dengan tepat. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah dengan tepat..
| Pengetahuan C2 | Tes | Tes tertulis | Pilihan ganda Pilihan ganda Isian singkat | 1
2
3
| Terlampir |
|
| 4.4 | Menceritakan pengalaman bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
| 4.4.1 | menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah. | Dengan mengamati gambar, siswa mampu menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah dengan baik.
| Keterampilan P2 | Non tes | Unjuk kerja | Rating scale dengan rubrik | LKPD |
|
|
Matematika | 3.11 | Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret. | 3.11.1 | menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola. | Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola yang tepat.
| Pengetahuan C2 | Tes | Tes tertulis | Pilihan ganda Pilihan ganda Isian singkat | 1
2
3
|
|
|
| 4.11 | Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret | 4.11.1 | membuat gambar bangun ruang berdasarkan pola pada urutan yang ditentukan. | Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat gambar bangun ruang berdasarkan pola pada urutan yang ditentukan dengan benar.
| Keterampilan P2 | Non tes | Unjuk kerja | Rating scale dengan rubrik | LKPD |
|
|
PENILAIAN SPIRITUAL
Kelas/ semester : 2/1
Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di tempat umum
Pembelajaran : 6
Petunjuk : Guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan nilai karakter yang muncul dari siswa!
Nilai sikap spiritual yang diamati :
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Perilaku syukur
No | Nama | Sikap Spiritual | Jumlah skor | Nilai | Predikat |
Berdoa Sebelum dan Sesudah melakukan kegiatan | Perilaku syukur |
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 |
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
Nilai sikap spiritual yang diamati | Kriteria |
Baik Sekali 4 | Baik 3 | Cukup 2 | Kurang 1 |
Berdoa Sebelum dan Sesudah melakukan kegiatan | Siswa selalu melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran | Siswa sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran | Siswa berdoa hanya sebelum atau sesudah melakukan kegiatan pembelajaran | Siswa tidak berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran |
Perilaku syukur | Siswa selalu mengucapkan syukur setiap akhir aktifitas belajar ataupun saat mendapat sesuatu | Siswa sesekali mengucapkan syukur setiap akhir aktifitas belajar ataupun saat mendapat sesuatu | Siswa mengucapkan hanya pada saat akhir pembelajaran | Siswa tidak pernah mengucapkan syukur selama proses pembelajaran |
PENILAIAN SOSIAL
Kelas/ semester : 2/1
Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di tempat umum
Pembelajaran : 6
Petunjuk:
Petunjuk : Guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan nilai karakter yang muncul dari siswa!
Nilai sikap sosial yang diamati :
Disiplin
Kerja sama
Teliti
Berani
Mandiri
No | Nama | Sikap | Jumlah skor | Nilai | Predikat |
Disiplin | Kerja sama | Teliti | Berani | Mandiri |
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 |
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL
No | Sikap | Perubahan tingkah laku |
Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang |
4 | 3 | 2 | 1 |
1. | Disiplin | Siswa mampu menjalankan aturan dengan kesadaran sendiri | Siswa mampu menjalankan aturan dengan bimbingan guru | Siswa kurang mampu menjalankan aturan | Siswa belum mampu menjalankan aturan |
2. | Kerja sama | Siswa selalu aktif dalam kegiatan diskusi dan pengambilan keputusan | Siswa sering aktif dalam kegiatan diskusi dan pengambilan keputusan | Siswa kurang aktif dalam kegiatan diskusi dan pengambilan keputusan | Siswa tidak aktif dalam kegiatan diskusi dan pengambilan keputusan |
3. | Teliti | Siswa melakukan pengecekan berulang-ulang setelah mengerjakan tugas/ soal | Siswa melakukan pengecekan sekali setelah mengerjakan tugas/soal | Siswa hanya melakukan pengecekan ulang pada soal yang dianggap sulit. | Tidak ada pengecekan ulang setelah siswa mengerjakan tugas/soal |
4. | Berani | Siswa berani mengemukakan pendapat, pertanyaan, maupun jawaban dengan kesadaran sendiri | Siswa berani mengemukakan pendapat, pertanyaan, maupun jawaban dengan bimbingan guru | Siswa kurang berani mengemukakan pendapat, pertanyaan, maupun jawaban | Siswa belum berani mengemukakan pendapat, pertanyaan, maupun jawaban |
5. | Mandiri | Sangat mandiri dalam mengerjakan tugas (tidak pernah menyontek) dan bisa memenuhi kebutuhan pribadi sendiri (seperti ke toilet sendiri) di sekolah | mandiri dalam mengerjakan tugas (sering tidak menyontek) dan bisa memenuhi kebutuhan pribadi (seperti ke toilet sendiri) di sekolah | Mulai tampak mandiri dalam mengerjakan tugas (terkadang menyontek) dan mulai bisa memenuhi kebutuhan pribadi (seperti ke toilet diantar teman) di sekolah | Perlu bimbingan agar mandiri dalam mengerjakan tugas (selalu menyontek) dan kesulitan memenuhi kebutuhan pribadi (seperti ke toilet minta diantar guru) di sekolah |
PENILAIAN PENGETAHUAN
SOAL EVALUASI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : 2 (dua)
Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 5 (lima)
Petunjuk Mengerjakan
Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, atau C untuk soal nomor 1, 2, 4, 5, 7 dan 8!
Isilah dengan jawaban yang tepat untuk soal nomor 3, 6, dan 9!
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1, 2, dan 3!
Flora dan Fauna Lestari, Manusia Akan Sehat
Kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Hal ini dilakukan agar flora dan fauna di sekitar kita tidak rusak dan punah. Jika flora dan fauna rusak dan punah, kehidupan manusia pun ikut terganggu. Misalnya kebakaran hutan sangat mengganggu kehidupan kita. Kesehatan manusia sangat terganggu karena banyak asap. Bahkan, banyak juga yang menyebabkan kematian.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna di sekitar kita. Pembakaran dan penebangan hutan secara liar harus dihentikan. Perburuan hewan liar juga harus dihindari. Hutan akan tetap asri. Hewan di hutan pun tidak punah. Dengan demikian, kehidupan dan kesehatan manusia pun tidak terganggu.
Apakah isi teks tersebut?
Kelestarian flora dan fauna harus dijaga.
Tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna.
Kehidupan flora dan fauna tidak akan mengganggu manusia.
Apa kegiatan yang harus dihentikan untuk menjaga kelstarian flora dan fauna?
Pembakaran hutan.
Perburuan hewan.
Penanaman hutan.
Apakah judul teks tersebut?
Kebersamaan merupakan wujud ....
perselisihan
perpecahan
persatuan
Berikut ini manakah yang merupakan manfaat hidup bersatu ....
Pekerjaan menjadi ringan
Pekerjaan menjadi berat
Pekerjaan lama selesai
Perhatikan peryataan berikut untuk menjwab soal nomor 6
Tidak bisa berbagi pengalaman dengan teman
Pekerjaan lama selesai
Disenangi teman
Pernyataan yang merupakan akibat jka tidak hidup bersatu terdapat pada nomor ....
Lengkapilah pola bangun berikut!
. . . . . . . . . .
Manakah pola bangun yang salah?
DAFTAR PUSTAKA
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
http://satunama.org/207/berbagi-pengetahuan-dan-pengalaman-dengan-radio-komunitas-timor-leste-2/