Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP Matematika Kelas 4 - Faktor Suatu Bilangan

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KELAS 4 SEMESTER 1

MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA



Disusun guna memenuhi tugas mandiri mata latih LK/SD06 (SSPA6)




Oleh :

Febryana Setyorini (04)

PPG Prajabatan Bersubsidi Kelas B






PENDIDIKAN PROFESI GURU

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

UNVERSITAS NEGERI SEMARANG

2018



PENGGALAN SILABUS

Satuan Pendidikan : SD Negeri Plumbungan 05

Kelas/ Semester : IV/ I

Muatan Pembelajaran : Matematika

Alokasi Waktu : 3 JP (3 x 35 menit)

Kompetensi Inti

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.













No

Kompetensi Dasar

Indikator

Pengembangan Materi

Kegiatan pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Jenis

Bentuk

1


  1. Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan.

  1. Menjelaskan faktor suatu bilangan.

  1. Faktor suatu bilangan.                   

  2. Tabel faktor suatu bilangan.

  1. Siswa bertanya jawab tentang konsep faktor bilangan. (menanya dan mengumpulkan informasi) (Think).

  2. Siswa menjelaskan tentang konsep faktor bilangan (mengumpulkan informasi) (Think).

  3. Siswa menentukan faktor bilangan dengan membagi dan mengalikan bilangan tersebut (mengasosiasi) (Think).

  4. Siswa mengamati tabel faktor (mengamati) (Think).

  5. Siswa memasukkan faktor bilangan ke dalam tabel (mengumpulkan informasi) (Think).

  6. Siswa diberikan kesempatan bertanya (menanya)

  7. Siswa membuat tabel berdasarkan faktor bilangan (mengasosiasi) (Think).

  8. Siswa berpasangan dengan teman sebangku (Pair).

  9. Masing-masing pasangan menentukan faktor bilangan dengan membagi bilangan tersebut (mengasosiasi) (Pair).

  10. Masing-masing pasangan membuat tabel berdasarkan faktor bilangan (mengasosiasi) (Pair).

  11. Masing-masing pasangan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (mengomunikasikan) (Share).

  12. Guru memberikan konfirmasi dan penguatan.

  13. Siswa menanyakan materi yang belum dipahami.

Tes

Tertulis

Pilihan ganda, isian

3 JP 

(3 x 35 menit)

Mustaqim, Burhan. 2008. Ayo Belajar Matematika 4 : untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  1. Menentukan faktor suatu bilangan.

Tes

Tertulis

Pilihan ganda, isian

  1. Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan.

  1. Membuat tabel berdasarkan faktor suatu bilangan.

Non tes

Produk

Rubrik

  1. Menyajikan tabel berdasarkan faktor suatu bilangan.

Non tes

Unjuk kerja

Rubrik



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan : SD Negeri Plumbungan 05

Kelas/ Semester : IV/ I

Muatan Pembelajaran : Matematika

Alokasi Waktu : 3 JP (3 x 35 menit)


  1. Kompetensi Inti

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


  1. Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar

Indikator

Matematika


3.4

Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan.

3.4.1

Menjelaskan faktor suatu bilangan.

3.4.2

Menentukan faktor suatu bilangan.

4.4

Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan.

4.4.1

Membuat tabel berdasarkan faktor suatu bilangan.

4.4.2

Menyajikan tabel berdasarkan faktor suatu bilangan.


  1. Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan faktor suatu bilangan dengan tepat.

  2. Dengan membagi suatu bilangan, siswa dapat menentukan faktor suatu bilangan dengan teliti.

  3. Dengan mengamati tabel faktor, siswa dapat membuat tabel berdasarkan faktor suatu bilangan dengan teliti.

  4. Melalui kegiatan menyampaikan tabel faktor di depan kelas, siswa dapat menyajikan tabel berdasarkan faktor suatu bilangan dengan percaya diri.


  1. Materi Pembelajaran

Materi Utama

Materi Pengayaan

Materi Remedial

Materi Pendamping (ko-kurikuler)

Faktor suatu bilangn

Faktor pesekutuan dengan menggunakan tabel faktor

Faktor suatu bilangan

Permainan faktor bilangan dengan menggunakan stik ice cream


Tabel faktor suatu bilangan

Tabel faktor suatu bilangan


  1. Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran

  1. Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Scientific (mengamati, menanya, 

mengumpulkan informasi, mengasosiasi,    mengkomunikasikan)

  1. Model Pembelajaran : Think Pair and Share (TPS)

  2. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, kerja sama dan penugasan


  1. Media dan Alat Pembelajaran

 Media : Tabel faktor

 Alat : Laptop, LCD, proyektor, sound


  1. Sumber Belajar

Mustaqim, Burhan. 2008. Ayo Belajar Matematika 4 : untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.


  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan (30 menit)

Pra Kegiatan:

  1. Guru mengucapkan salam pembuka

  2. Guru menanyakan kabar dan kondisi kesehatan siswa serta mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan Yang Maha esa.

  3. Guru mengkondisikan kelas yaitu penataan kursi, meja, dan kebersihan kelas.

  4. Guru mengkondisikan siswa agar tenang di tempat duduk masing-masing.

  5. Guru menekankan pentingnya disiplin serta mengamati dengan seksama sikap siswa.

  6. Siswa berdoa dengan keyakinan masing-masing dipimpin oleh ketua kelas. Guru menekankan pentingnya berdoa dan mengamati dengan seksama sikap siswa saat berdoa.

  7. Siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PPK

  8. Guru melakukan presensi kehadiran siswa.

Kegiatan Awal :

  1. Siswa melakukan kegiatan literasi dengan membaca buku selama 10 menit.

  2. Guru menekankan pentingnya toleransi sesuai dengan literasi.

  3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini siswa harus bisa menetukan 

  4. Guru memberikan motivasi dengan menyanyikan lagu.

  5. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab.

Kegiatan Inti (60 menit)

  1. Siswa bertanya jawab tentang konsep faktor bilangan. (menanya dan mengumpulkan informasi) (Think).

  2. Siswa menjelaskan tentang konsep faktor bilangan (mengumpulkan informasi) (Think).

  3. Siswa menentukan faktor bilangan dengan membagi dan mengalikan bilangan tersebut (mengasosiasi) (Think).

  4. Siswa mengamati tabel faktor (mengamati) (Think).

  5. Siswa memasukkan faktor bilangan ke dalam tabel (mengumpulkan informasi) (Think).

  6. Siswa diberikan kesempatan bertanya (menanya)

  7. Siswa membuat tabel berdasarkan faktor bilangan (mengasosiasi) (Think).

  8. Siswa berpasangan dengan teman sebangku (Pair).

  9. Masing-masing pasangan menentukan faktor bilangan dengan membagi bilangan tersebut (mengasosiasi) (Pair).

  10. Masing-masing pasangan membuat tabel berdasarkan faktor bilangan (mengasosiasi) (Pair).

  11. Masing-masing pasangan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (mengomunikasikan) (Share).

  12. Guru memberikan konfirmasi dan penguatan.

  13. Siswa menanyakan materi yang belum dipahami.

Kegiatan Penutup (15 menit)

  1. Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran hari ini

  2. Siswa melakukan evaluasi

  3. Guru melakukan refleksi pada pembelajaran hari ini

  4. Guru memberikan tindak lanjut berupa remedial dan pengayaan

  5. Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Sayonara”

  6. Guru memberikan pesan moral

  7. Siswa berdoa dengan keyakinan masing-masing dipimpin oleh ketua kelas

  8. Guru mengucapkan salam penutup


  1. Penilaian Hasil Pembelajaran

Muatan Pelajaran

Ranah

Teknik

Jenis

Bentuk

Instrumen

Matematika

Pengetahuan

Tes

Tertulis

Uraian

Lembar soal

Keterampilan

Non Tes

Produk

Unjuk kerja

Rubrik

Lembar pengamatan



Semarang, 04 Mei 2018

Kepala Sekolah Guru Kelas



...........................                                                                           Febryana Setyorini, S.Pd

NIP.