RPP Matematika Kelas 4 - Faktor Suatu Bilangan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS 4 SEMESTER 1
MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Disusun guna memenuhi tugas mandiri mata latih LK/SD06 (SSPA6)
Oleh :
Febryana Setyorini (04)
PPG Prajabatan Bersubsidi Kelas B
PENDIDIKAN PROFESI GURU
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNVERSITAS NEGERI SEMARANG
2018
PENGGALAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SD Negeri Plumbungan 05
Kelas/ Semester : IV/ I
Muatan Pembelajaran : Matematika
Alokasi Waktu : 3 JP (3 x 35 menit)
Kompetensi Inti
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri Plumbungan 05
Kelas/ Semester : IV/ I
Muatan Pembelajaran : Matematika
Alokasi Waktu : 3 JP (3 x 35 menit)
Kompetensi Inti
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan faktor suatu bilangan dengan tepat.
Dengan membagi suatu bilangan, siswa dapat menentukan faktor suatu bilangan dengan teliti.
Dengan mengamati tabel faktor, siswa dapat membuat tabel berdasarkan faktor suatu bilangan dengan teliti.
Melalui kegiatan menyampaikan tabel faktor di depan kelas, siswa dapat menyajikan tabel berdasarkan faktor suatu bilangan dengan percaya diri.
Materi Pembelajaran
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Scientific (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan)
Model Pembelajaran : Think Pair and Share (TPS)
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, kerja sama dan penugasan
Media dan Alat Pembelajaran
Media : Tabel faktor
Alat : Laptop, LCD, proyektor, sound
Sumber Belajar
Mustaqim, Burhan. 2008. Ayo Belajar Matematika 4 : untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (30 menit)
Pra Kegiatan:
Guru mengucapkan salam pembuka
Guru menanyakan kabar dan kondisi kesehatan siswa serta mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan Yang Maha esa.
Guru mengkondisikan kelas yaitu penataan kursi, meja, dan kebersihan kelas.
Guru mengkondisikan siswa agar tenang di tempat duduk masing-masing.
Guru menekankan pentingnya disiplin serta mengamati dengan seksama sikap siswa.
Siswa berdoa dengan keyakinan masing-masing dipimpin oleh ketua kelas. Guru menekankan pentingnya berdoa dan mengamati dengan seksama sikap siswa saat berdoa.
Siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PPK
Guru melakukan presensi kehadiran siswa.
Kegiatan Awal :
Siswa melakukan kegiatan literasi dengan membaca buku selama 10 menit.
Guru menekankan pentingnya toleransi sesuai dengan literasi.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini siswa harus bisa menetukan
Guru memberikan motivasi dengan menyanyikan lagu.
Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab.
Kegiatan Inti (60 menit)
Siswa bertanya jawab tentang konsep faktor bilangan. (menanya dan mengumpulkan informasi) (Think).
Siswa menjelaskan tentang konsep faktor bilangan (mengumpulkan informasi) (Think).
Siswa menentukan faktor bilangan dengan membagi dan mengalikan bilangan tersebut (mengasosiasi) (Think).
Siswa mengamati tabel faktor (mengamati) (Think).
Siswa memasukkan faktor bilangan ke dalam tabel (mengumpulkan informasi) (Think).
Siswa diberikan kesempatan bertanya (menanya)
Siswa membuat tabel berdasarkan faktor bilangan (mengasosiasi) (Think).
Siswa berpasangan dengan teman sebangku (Pair).
Masing-masing pasangan menentukan faktor bilangan dengan membagi bilangan tersebut (mengasosiasi) (Pair).
Masing-masing pasangan membuat tabel berdasarkan faktor bilangan (mengasosiasi) (Pair).
Masing-masing pasangan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (mengomunikasikan) (Share).
Guru memberikan konfirmasi dan penguatan.
Siswa menanyakan materi yang belum dipahami.
Kegiatan Penutup (15 menit)
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran hari ini
Siswa melakukan evaluasi
Guru melakukan refleksi pada pembelajaran hari ini
Guru memberikan tindak lanjut berupa remedial dan pengayaan
Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Sayonara”
Guru memberikan pesan moral
Siswa berdoa dengan keyakinan masing-masing dipimpin oleh ketua kelas
Guru mengucapkan salam penutup
Penilaian Hasil Pembelajaran
Semarang, 04 Mei 2018
Kepala Sekolah Guru Kelas
........................... Febryana Setyorini, S.Pd
NIP.