PEMETAAN KOMPETENSI DASAR PEMBELAJARAN 1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan pendidikan : SD N Purwoyoso 03
Kelas / semester : V / 1
Tema : 5 Ekosistem
Sub Tema : 2 Hubungan antarmahluk hidup dengan ekosistem
Pembelajaran : 1
Alokasi waktu : 1 pertemuan
KOMPETENSI INTI (KI)
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi dasar | Indikator |
Bahasa Indonesia |
3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi. | 3.7.1 Menganalisis pikiran pokok dalam teks nonfiksi. |
4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. | 4.7.1 Mengembangkan pikiran pokok menjadi kalimat utama. |
IPA |
3.5. Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. | 3.5.1 Menghubungkan antarkomponen ekosistem dengan rantai makanan.
|
4.5. Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem. | 4.5.1 Membuat diagram rantai makanan dalam suatu ekosistem.
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
3.7.1.1 Setelah membaca teks “Rantai makanan”, peserta didik mampu menganalisis pikiran pokok dalam teks nonfiksi dengan tepat.
4.7.1.1 Melalui bimbingan guru, peserta didik terampil mengembangkan pikiran pokok menjadi kalimat utama dengan benar.
3.5.1.1 Melalui gambar rantai makanan, peserta didik mampu menghubungkan antarkomponen ekosistem dengan rantai makanan dengan tepat.
4.5.1.1 Melalui kartu gambar hewan dan tumbuhan, peserta didik terampil membuat diagram rantai makanan dalam suatu ekosistem dengan benar.
MATERI PEMBELAJARAN
Teks nonfiksi
Pikiran pokok bacaan
Rantai makanan
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
Slide powerpoint teks “Rantai makanan”
Gambar rantai makanan.
Kartu gambar hewan dan tumbuhan.
SUMBER BELAJAR
Puspa Karitas, Diana. 2017. Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem. Edisi Revisi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 53-59).
Puspa Karitas, Diana. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem. Edisi Revisi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 52-56)
Wahyono, Budi. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4: untuk SD/MI kelas IV/Budi Wahyono dan Setya Nurachmandani. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Devi, Poppy.K. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam: untuk SD/MI Kelas IV/oleh Poppy K. Devi, Sri Anggraeni. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Darmadi, Kaswan. 2008. Bahasa Indonesia 4: untuk SD/MI Kelas IV/Kaswan Darmadi, Rita Nirbaya. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Warsidi, Edi. 2008. Bahasa Indonesia membuatku cerdas 4: untuk kelas IV Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah/oleh Edi Warsidi dan Farika.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Ciri-ciri kalimat utama dan kalimat penjelas : http://www.google.com/amp/s/dosenbahasa.com/ciri-ciri-kalimat-utama-dan-kalimat-penjelas/amp diakses pada tanggal 2 Juni 2018 pukul 17:22 WIB.
PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN : Saintifik
(Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi/Eksperimen, Mengolah informasi/Menalar, dan Mengkomunikasikan)
MODEL : Koperatif tipe Think Pair Share (TPS)
METODE : Ceramah bervariasi, penugasan
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Pada awal pembelajaran guru memberi salam Guru meminta salah satu peserta didik memimpin berdoa sebelum memulai pembelajaran Guru mengkondisikan peserta didik duduk dengan rapi Guru memeriksa kerapi an pakaian dan kebersihan kelas Guru melakukan presensi kehadiran peserta didik Guru mempersiapkan sumber dan media pembelajaran. Guru memberikan apersepsi dengan bertanya kepada peserta didik tentang materi sebelumnya. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Guru memotivasi peserta didik dengan tepuk semangat.
|
25 Menit |
Kegiatan Inti
| Fase I Think (Berpikir) Peserta didik membaca teks bacaan berjudul “Rantai Makanan”. (mengamati) Peserta didik menanya beberapa hal terkait teks. (menanya) Peserta didik yang lain menjawab pertanyaan yang ada. (menalar)
Fase II Pair (Berpasangan) Peserta didik membentuk kelompok berpasangan. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang pikiran pokok dan kalimat utama. Peserta didik berdiskusi bersama kelompoknya untuk menentukan pikiran pokok dari setiap paragraf dari teks bacaan dengan bantuan LKPD. (mengumpulkan informasi) Peserta didik bersama kelompoknya mengembangkan pikiran pokok menjadi kalimat utama dengan bantuan LKPD. (mengumpulkan informasi)
Fase III Share Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas. (mengkomunikasikan)
Fase I Think (Berpikir) Peserta didik mengamati gambar rantai makanan yang disajikan di depan kelas. (mengamati) Peserta didik menanya beberapa hal yang terkait dengan gambar yang disajikan. (menanya) Perwakilan peserta didik melengkapi diagram rantai makanan dengan memberikan keterangan berupa kartu kata. (menalar) Perwakilan peserta didik menjelaskan proses terjadinya rantai makanan dan komponen dalam rantai makanan (produsen, konsumen dan pengurai) pada gambar di depan kelas. (menalar) Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang komponen dalam rantai makanan.
Fase II Pair (Berpasangan) Peserta didik maju ke depan untuk mengambil undian ekosistem. Peserta didik berdiskusi dengan pasangannya untuk membuat diagram rantai makanan dari undian ekosistem yang didapatkan dengan bantuan LKPD. (mengumpulkan informasi) Peserta didik mengambil gambar hewan dan tumbuhan untuk rantai makanan sesuai dengan ekosistem. Peserta didik menempelkan gambar hewan dan tumbuhan pada kertas karton dan membentuk rantai makanan serta memberi keterangan pada setiap komponennya.
Fase III Share Peserta didik bersama kelompoknya mempresentasikan hasilkerja nya di depan kelas. (mengkomunikasikan) Peserta didik bersama kelompoknya menjelaskan proses rantai makanannya.
| 195 menit |
Kegiatan Penutup | Guru mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta peserta didik melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja dilakukan. Guru mengajak bernyanyi bersama
Rantai makanan (balonku ada lima) Makan makan di makan Maka jadi rantai makanan Ada tiga komponennya Kamu harus hafalkan itu Produsen konsumen pengurai, Wow Itulah komponennya Ayo kita ingat kembali Pada ekosistem di hutan
Rumput dimakan kelinci Kelinci dimakan ular Ular dimakan elang Semua saling membutuhkan
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan tentang pembelajaran hari ini. Peserta didik mengerjakan soal evaluasi. Guru meminta seorang peserta didik memimpin doa. Guru mengingatkan peserta didik untuk belajar materi berikutnya.
| 25 Menit |
PENILAIAN
Teknik Penilaian
Pengetahuan
Kentrampilan
Jenis Penilaian
Tes : Bahasa Indonesia, IPA
Non tes : Bahasa Indonesia, IPA
Bentuk penilaian
Tertulis
Unjuk kerja (mengembangkan pikiran pokok menjadi kalimat utama, Produk (membuat diagram rantai makanan dalam suatu ekosistem).
Instrumen Penilaian
Soal pilihan ganda dan uraian
Rating scale dengan Rubrik
PEMBELAJARAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN
Remidial
Bagi peserta didik yang masih belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi.
Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah tuntas diberi soal tambahan.
Semarang, Maret 2018 Mengetahui, Kepala Sekolah Guru Kelas V
Sunarti, S. Pd Tri Retno Asih, S. Pd NIP 19600326 197911 2 003 ID 2016063638
|
|
|
|