RPP Kelas 3 Tema 3 Subtema 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Negeri
2 Jetis
Kelas/Semester : 3 / I (Satu)
Tema : 3.
Benda di Sekitarku
Subtema : 3. Perubahan Wujud Benda
Muatan
Pelajaran : Bahasa
Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran : 1 (Satu)
Waktu : 4 x 35
menit (1 kali pertemuan)
SEKOLAH DASAR NEGERI JETIS 2 YOGYAKARTA
KOTA YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2022/2023
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri Jetis 2
Tema : Benda di Sekitarku (3)
Subtema : Perubahan Wujud Benda (3)
Kelas
/Semester : 5/1(satu )
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
Waktu : 1 Pertemuan (4x35menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, temandan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan
sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan. |
3.1.1 Menggali infromasi tentang konsep perubahan wujud benda mencair C2 |
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif. |
4.2.1 Menyimpulkan
hasil percobaan perubahan wujud benda mencair C5 |
Matematika
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk
panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. |
3.7.1 Menentukan satuan berat baku C3 |
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku
untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan
sehari-hari. |
4.2.1 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan satuan berat baku C4 |
SBdP
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif. |
3.2.1 Menjelaskan unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif C2 |
4.1 Membuat karya dekoratif. |
4.2.1 Membuat
karya dekoratif P3 |
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
mengamati media power point perubahan wujud benda
mencair, siswa dapat menggali
informasi yang terkait dengan perubahan wujud mencair dengan tepat. C2
2. Dengan
melakukan percobaan perubahan
wujud benda, siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan perubahan wujud benda mencair C5
3.
Dengan mengamati teks resep membuat
coklat, siswa dapat menentukan satuan berat baku dengan tepat. C3
4. Dengan
menyelesaikan soal latihan di buku siswa, siswa dapat memecahkan
masalah sehari –hari yang berkaitan dengan satuan berat baku dengan tepat C4
5. Dengan
mengamati jenis garis dan warna dari gambar karya dekoratif, siswa dapat menjelaskan unsur rupa
dalam karya dekoratif dengan tepat.C2
6. Dengan
mengamati contoh gambar karya seni
dekoratif, siswa dapat membuat gambar dekoratif dengan unsur garis, bentuk, dan warna
degan benar. P3
Karakter
siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Kreatif
Gotong Royong
D.
MATERI AJAR
a.
Teks berjudul “Mencair” yang ada pada buku siswa
b.
Satuan
berat baku
c.
Karya
seni dekoratif
E. PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model :
Problem Based Learning (PBL)
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
F. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat
:
1.
Teks bacaan “Mencair”
2.
Video
youtube perubahan wujud benda
3.
Video youtube satuan berat baku
4.
Gambar karya seni dekoratif
5. Alat percobaan perubahan
wujud benda
·
5 buah gelas plastik
·
Mentega
·
Es batu
·
Coklat
·
Batu
Sumber Belajar :
Buku Guru Kelas 3, Tema 3: Benda
di Sekitarku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2018). Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Buku Peserta didik Kelas 3, Tema 3: Benda
di Sekitarku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2018). Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Video
Youtube “Perubahan Wujud Benda Mencair” link video https://www.youtube.com/watch?v=uBJVEHWXEks
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius) 2. Guru menanyakan kabar, dan memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas. 3. Manyanyikan Lagu Garuda Pancasila (Nasionalis) 4. Menginformasikan tema dan tujuan yang akan
dibelajarkan 5. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
15 menit |
Kegiatan Inti |
ORIENTASI PESERTA DIDIK PADA MASALAH 1. Peserta didik membaca bacaan tentang “Mencair” 2. Mengamati video pembelajaran tentang perubahan wujud
benda 3. Peserta didik melakuakn tanya jawab dengan guru ·
Pernahkah kamu melihat proses mencair? ·
Berikan contoh proses mencair dalam kehidupan sehari-hari ·
Apa proses mencair hanya terjadi pada es? Atau benda lain juga bisa?
(Menanya) 4. Peserta didik menyimak beberapa gambar perubahan
wujud benda mencair 5. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang
perubahan wujud benda mencair MENGORGANISASIKAN PESERTA DIDIK UNTUK BELAJAR 6. Peserta didik mengamati beberapa wujud benda padat
(es batu, mentega, batu, permen) 7. Peserta didik Membentuk kelompok berpasangan 2 orang MEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDU MAUPUN KELOMPOK 8. Peserta didik mendengarkan instruksi guru dalam
tugas yang akan dikerjakan percobaan perubahan wujud benda 9. Setiap kelompok membaca terlebih dahulu langkah
kerja yang ada di LKPD tentang percobaan perubahan wujud benda 10. Peserta didik mempersiapkan bahan dan alat yang akan
digunakan untuk uji coba perubahan wujud benda MENGEMBANGKAN DAN MENYAJIKAN HASIL KARYA 11. Peserta didik beserta kelompoknya mulai melakukan
uji coba pembuktian perubahan wujud benda mencair (Mencoba) 12. Sembari melakukan praktik uji coba tersebut, setiap
anggota kelompok melakukan diskusi mengenai uji coba yang dilakukan (Menalar) 13. Peserta didik mengamati dan mencatat peristiwa yang
terjadi saat uji coba tersebut berlangsung 14. Peserta didik menyusun laporan hasil pengamatan MENGANALISIS DAN MENGEVALUASI PROSES PEMECAHAN
MASALAH 15. Setiap kelompok memprestasikan laporan hasil
pengamatan yang telah dilakukan (Mengkomunikasikan) 16. Guru dan kelompok lain memberikan apresiasi terhadap
kelompok yang presentasi 17. Pesrta didik dan guru bersa –sama merangkum hasil
pengamtan yang telah dilakukan 18. Selanjutnya
pesrta didik mengamatai video satuan berat baku 19. Peserta didik membaca teks yang ada pada buku siswa
tentang resep membuat kue. coklat 20. Peserta didik menentukan satuan berat baku dan tidak
baku yang ada pada resep kue coklat 21. Peserta didik mengerjakan soal permasalahan sehari –
hari yang berhubungan dengan satuan berat baku yang ada di LKPD 22. Peserta didik mengamati gambar macam – macam bentuk
salju 23. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang
unsur garis dan warna 24. Peserta didik mengamati contoh karya seni dekoratif 25. Peserta didik menentukan garis, bentuk, dan warna
yang ada pada contoh karya seni dekoratif tersebut 26. Peserta didik mencoba membuat karya seni dari unsur
garis, bentuk, dan warna |
140 menit |
Penutup |
22. Peserta didik bersama guru membuat
kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari 23. Peserta didik mengerjakan soal
evaluasi 24. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi atas
pembelajaran yang telah berlangsung. 25. Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang
aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. 26. Peserta didik dan guru berdoa bersama 27. Salam penutup |
20 menit |
H. PENILAIAN
1. Pengetahuan
Teknik : Tes
Jenis :
Tertulis
Bnetuk : Pilihan Ganda
2. Keterampilan
Teknik : Non Tes
Jenis : Penilaian Keterampilan
Bnetuk : Lembar Pengamatan
3. Sikap
Teknik : Non Tes
Jenis : Penilaian Sikap
Bnetuk : Lembar Penilaian
Sikap
Mengetahui, Guru Pamong NIP. 19631202
198808 2 001 |
Yogyakarta, November 2022 Praktikkan, NIM. 2217563820 |
LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran 1 : Bahan Ajar
Lampiran 3 :
Media Pembelajaran
Lampiran 4 : Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Lampiran 5 : Instrumen
penilaian (kisi-kisi, kunci/ rubrik/ rambu-rambu Jawaban, Pedoman penskoran)