Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP Kelas 2 Tema 4 SubTema 4 Hidup Bersih dan Sehat

                                         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SD

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Sub tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum

Pembelajaran : 6

Kelas/Semester : 2/1

Alokasi Waktu : 5 jp (5x35 menit)


  1. Kompetensi Inti (KI)

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 


  1. Kompetensi Dasar dan indicator

Bahasa Indonesia


Kompetensi Dasar


Indikator

3.4

Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

3.4.1






mengidentifikasi isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan menggunakan bahasa tulis




Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

4.4.1


4.4.2

membuat laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.

membaca laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.


PPKn


Kompetensi Dasar


Indikator

1.4

Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

1.4.1


menunjukkan sikap bersyukur dalam keberagaman di sekolah

2.4

Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

2.4.1

melaksanakan sikap toleransi dalam keberagaman di sekolah

3.4

Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

3.4.1



3.4.2

menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.

menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.

4.4

Menceritakan pengalaman bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.


4.4.1

menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.


Matematika


Kompetensi Dasar


Indikator

3.11

Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.

3.11.1

menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola.

4.11

Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret

4.11.1

membuat gambar bangun ruang berdasarkan pola pada urutan yang ditentukan.


Karakter yang diharapkan

Religius, kerja sama,  percaya diri


  1. Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah menyimak teks flora dan fauna lestari manusia akan sehat, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis dengan benar.

  2. Setelah mengamati gambar tentang memelihara flora dan fauna, siswa mampu membuat laporan sederhana tentang cara menjaga flora dan fauna agar tetap sehat dengan baik.

  3. Setelah membuat laporan tentang memelihara flora dan fauna, siswa mampu membaca laporan sederhana tentang memelihara flora dan fauna menggunakan lafal dan intonasi yang benar.

  4. Melalui pembiasaan berdoa dan setelah kegiatan pembelajaran, siswa mampu menunjukkan sikap bersyukur dalam keberagaman di sekolah dengan baik.

  5. Melalui pembiasaan, siswa mampu melaksanakan sikap toleransi dalam keberagaman di sekolah dengan baik.

  6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah dengan tepat.

  7. Dengan mengamati gambar menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah dengan tepat..

  8. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah dengan baik.

  9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola yang tepat.

  10. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat gambar bangun ruang berdasarkan pola pada urutan yang ditentukan dengan benar.




  1. Materi Pembelajaran

  1. Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di tempat umum.

  2. Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di tempat umum.

  3. Membuat laporan sederhana tentang lingkungan tidak sehat di tempat umum.

  4. Menjelaskan manfaat dan kerugian apabila tidak hidup bersatu dalam keberagaman.

  5. Mensimulasikan contoh pengalaman melakukan kegiatan persatuan dalam keberagaman

  6. Menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola.


E. Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran

  1. Pendekatan:

Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba,  menalar, dan mengomunikasikan)

  1. Model:

Think Pair Share

Langkah-langkahnya:

  1. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai.

  2. Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru. (Think).

  3. Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing. (Pair).

  4. Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya. (Share).

  5. Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa.

  1. Metode:

Tanya jawab, diskusi,  ceramah, pengamatan


F. Media, Alat dan Sumber

  1. Media

  1. Gambar yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan, khususnya di tempat umum.

  2. Gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau lebersamaan di tempat umum.

  3. Gambar dan model berbagai bentuk bangun ruang.

  1. Alat:

  1. Spidol

  2. papan tulis

  3. alat tulis

  4. LCD

  5. Laptop

  1. Sumber: 

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.  Buku Guru Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.  Buku Siswa Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

  3. Permendikbud No. 103 tahun 2014

  4. Lampiran ke-2 Permendikbud No. 57 tahun 2014

  5. Sumber internet yang relevan

  1. Kegiatan Pembelajaran 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Pra Kegiatan

  1. Guru mengucapkan salam.

  2. Siswa bersama guru berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. (religius)

  3. Siswa bersama guru menyanyikan lagu Indonesia Raya.

  4. Guru mengecek kehadiran siswa.

  5. Guru memperlihatkan sebuah video yang berisi cerita edukatif di luar materi pembelajaran (literasi)

  6. Guru  memberikan umpan balik dengan menanyakan:

  1. Cerita apa yang Ibu sampaikan?

  2. Bagaimanakah isi ceritanya? (literasi)

  1. Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran

  2. Siswa menyiapkan alat tulis.

  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Awal

  1. Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan dengan bertanya “Masih ingatkah kalian dengan ciri-ciri lingkungan tidak sehat pada pembelajaran sebelumnya?”

  2. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan yakni akan belajar tentang pentingnya menjaga flora dan fauna, manfaat persatuan dan akibat jika tidak bersatu serta pola urutan bangun ruang.

10 menit

Kegiatan Inti

Think

  1. Siswa membaca teks yang berjudul “Melestarikan Flora dan Fauna” dengan lafal dan intonasi yang tepat. (mengamati)

  2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: “Apa isi teks yang kamu baca?” dan “Apa kesimpulanmu terhadap isi teks?” (menanya)

  3. Siswa mengamati gambar yang berhubungan dengan cara menjaga melestarikan flora dan fauna (mengamati).

  4. Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi gambar. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: “Informasi apa yang kamu peroleh dari gambar?”(menanya)

Pair

  1. Siswa berkelompok (masing-masing kelompok terdiri atas 2 orang).

  2. Siswa menuliskan laporan hasil pengamatan tentang cara merawat hewan dan tumbuhan di sekitar. (mengumpulkan informasi)

  3. Siswa diberikan arahan tentang penggunaan ejaan yang tepat ketika menulis laporan. (menalar)

Share

  1. Siswa membacakan laporan hasil pengamatan yang telah ditulis menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. (mengkomunikasikan)

Think

  1. Siswa mengamati kegiatan Dayu dan teman-teman dalam merawat tanaman di sekitar. (mengamati)

  2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi gambar. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya “Apa yang dilakukan Dayu dan teman-teman?” dan “Sikap apa yang mereka tunjukkan?”. (menanya)

  3. Siswa menghubungkan kegiatan Dayu dan teman-teman dengan sikap kebersamaan antarteman. (mengumpulkan informasi)

Pair

  1. Siswa berkelompok (masing-masing kelompok terdiri atas 2 orang).

  2. Siswa mendiskusikan manfaat hidup dalam kebersamaan dan akibat apabila tidak hidup dalam kebersamaan dengan teman di sekitar. (menalar)

Share

  1. Siswa melaporkan hasil diskusi. (mengkomunikasikan)

  2. Guru mengoreksi kebenaran hasil diskusi setiap kelompok.

  3. Guru memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa. 

  4. Siswa menceritakan berbagai kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu dengan teman di sekitar. (mengkomunikasikan)

  5. Siswa hendaknya dibimbing dengan baik ketika bercerita agar berkata jujur dan menggunakan bahasa yang santun.

  6. Siswa mengamati pot bunga yang diangkat Udin dan menghubungkannya dengan pengenalan bangun ruang, yaitu tabung. (mengamati)

  7. Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi gambar. (menanya)

  8. Siswa mengidentifikasi susunan bentuk bangun ruang (tabung dan balok) berdasarkan pola tertentu. (mengumpulkan informasi)

  9. Siswa mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan bentuk bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola tertentu. (menalar)

  10. Siswa bersama guru mengoreksi kebenaran jawaban siswa. (mengkomunikasikan)

105 menit

Penutup

  1. Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari

  2. Siswa mengerjakan soal evaluasi.

  3. Guru melakukan penilaian.

  4. Guru memberikan umpan balik dan tindak lanjut.

  5. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

  6. Siswa bersama guru menyanyikan lagu daerah “Cublak-cublak Suweng”

  7. Guru memberikan pesan moral agar siswa selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

  8. Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

  9. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

50 menit


  1. Penilaian

  1. Sikap Spiritual 

Teknik : non tes

Jenis    : pengamatan

Bentuk : lembar pengamatan

  1. Sikap sosial 

Teknik : non tes

Jenis    : pengamatan

Bentuk : lembar pengamatan

  1. Pengetahuan

Teknik : tes

Jenis : tes tertulis

Bentuk : soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian

  1. Keterampilan

Teknik : non tes 

Jenis : unjuk kerja

Bentuk : rating scale dengan rubrik



Mengetahui,

Kepala SD






NIP. 19600503 198304 1 001

      Semarang,                                                  


Guru Kelas 2





EMA RAHAYU, S.Pd.

NIP. 19820209 201001 2 013