MODUL AJAR
“RODA”
Informasi Umum
Nama | Karin Karina | Jenjang/Kelas | TK/TKB |
Asal Sekolah | Sekolah GagasCeria | Jumlah Siswa | 15 anak |
Alokasi Waktu | 210 menit |
|
|
Model Pembelajaran | Tatap Muka/daring |
Fase | Fondasi |
Tujuan Kegiatan | Anak mengetahui kegunaan alat transportasi Anak dapat berkreasi dan berimajinasi tentang alat transportasi Anak dapat menyusun suku kata bermacam-macam alat transportasi Anak dapat menghitung jumlah roda di gambar kendaraan
|
Kata Kunci | roda, transportasi |
Deskripsi Umum Kegiatan | Anak mengenal roda dan alat transportasi, berdiskusi dengan tamu terkait alat transportasi atau roda dan membuat alat transportasi imajinasi |
Alat dan Bahan | Contoh alat dan bahan yang diperlukan antara lain : Balok (jika ada), kardus bekas kemasan (air mineral, susu, dll), alat tulis (spidol, krayon, pensil warna), gunting, kertas bekas, kertas warna, potongan kertas suku kata (misalnya MO-BIL, TRUK, SE-PE-DA, PE-SA-WAT, BE-CAK, DEL-MAN, dll), berbagai benda berbentuk bulat, segitiga, kotak (misalnya penggaris segitiga, kotak makan, tutup botol, dll), papan/dataran miring, mainan alat transportasi |
Sarana Prasarana | Ruangan kelas, rumah |
Komponen Inti
B.1 Bercerita/berdiskusi dari gambar/video/buku
Sumber | Contoh sumber: Buku/gambar/video benda beroda Buku/gambar/video alat transportasi Benda beroda di sekitar https://www.youtube.com/watch?v=Nue34TILPlI |
Contoh Cerita/diskusi*) *) cerita bisa dibuat sendiri oleh guru
| SIAPA YANG LEBIH CEPAT? Aku koka, kotak kayu tempat mama menyimpan semua peralatan jahitnya. Temanku Boti, adalah benda kesayangan Bani yang suka sekali Boni tendang dan lempar ketika bermain bersama teman-temannya dan Robil adalah benda kesayangan Bani, adiknya Boni. Robil mempunyai 4 benda berbentuk lingkaran, dan ketika dimainkan, Bani sering mengeluarkan suara, ngeeng ngeeeng ngeeng. Ketika Mama, Boni dan Bani pergi, Kuga, kucing kesayangan mama sering sekali mengajak kami bermain, tapi cakarnya membuat kami sakit, sehingga kami lalu cepat-cepat lari bersembunyi. Tapi aku selalu kalah cepat dari Boti dan Robil, mengapa ya? Cerita karya Karin Karina |
Peta Konsep |
|
Setelah cerita dari gambar/video dipahami dan ditemukan hal hal yang dapat dieksplorasi bersama siswa melalui cerita ini, maka dapat dilakukan curah ide kegiatan yang bisa dijadikan pilihan sebelum ditentukan kegiatan mana yang sekiranya paling memenuhi kebutuhan siswa.
B.2 Curah Ide Kegiatan
Berisi jenis-jenis kegiatan yang bisa dikembangkan dari peta konsep
Mendengarkan cerita benda kotak dan lingkaran
Cari dan kelompokkan benda berbagai bentuk
Eksperimen menggelindingkan aneka bentuk benda
Piknik makanan berbentuk bulat/lingkaran
Berjalan-jalan mencari benda beroda
Menyebutkan berbagai benda beroda
Menonton video/mengamati gambar berbagai alat transportasi
Mengenal dan menyebutkan berbagai alat transportasi
Membuat alat transportasi imajinasiku
Menggambar alat transportasi imajinasiku
Menggambar alat beroda yang paling disukai
Menuliskan berbagai jenis alat transportasi
Dramatisasi alat transportasi
Bermain mencari suku kata macam-macam alat transportasi
Mengundang orang tua yang berprofesi terkait roda/alat transportasi
Bernyanyi lagu tentang alat transportasi (sepeda, delman, wheel on the bus, dll)
Bermain ada berapa rodanya?
B.3 Contoh Rencana Pembelajaran yang dibuat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PAUD “……………………………” TAHUN AJARAN …… / …….
Kelompok/ Usia : B/ 5-6 Tahun
Topik : Roda
Semester/Minggu : …../…….
Hari/Tanggal : …………………………….
Tujuan Kegiatan
*Diturunkan dari tujuan operasional yang ada di kurikulum operasional sekolah*
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan bermain ini antara lain :
Anak mengetahui kegunaan alat transportasi
Anak dapat berkreasi dan berimajinasi tentang alat transportasi
Anak dapat menyusun suku kata bermacam-macam alat transportasi
Anak dapat menghitung jumlah roda di gambar kendaraan
Alat dan Bahan
Contoh alat dan bahan yang diperlukan antara lain :
Balok (jika ada), kardus bekas kemasan (air mineral, susu, dll), alat tulis (spidol, krayon, pensil warna), gunting, kertas bekas, kertas warna, potongan kertas suku kata (misalnya MO-BIL, TRUK, SE-PE-DA, PE-SA-WAT, BE-CAK, DEL-MAN, dll), berbagai benda berbentuk bulat, segitiga, kotak (misalnya penggaris segitiga, kotak makan, tutup botol, dll), papan/dataran miring, mainan alat transportasi
Kegiatan :
Pembukaan
Rutinitas pembukaan
kegiatan dapat disesuaikan dengan rutinitas sekolah masing-masing, misal: baris, salam, doa)
Mendengarkan cerita benda kotak dan lingkaran
Berjalan-jalan mencari benda beroda
Transisi ke permainan
Inti
*Kegiatan disajikan dengan menata lingkungan belajar dan anak bebas memilih mana yang akan dilakukan*
Menggambar alat beroda yang paling disukai
Mengundang orang tua yang berprofesi terkait roda/alat transportasi
Menggambar atau bercerita tentang profesi tamu
Bermain ada berapa rodanya?
Bermain mencari suku kata macam-macam alat transportasi
Membuat alat transportasi imajinasiku
Penutup.
Anak menceritakan pengalaman main yang berkesan.
Refleksi perasaan dan apresiasi.
Menguatkan konsep yang telah dibangun anak sesuai dengan pengetahuan yang direncanakan.
Rutinitas penutupan (kegiatan dapat disesuaikan dengan rutinitas sekolah masing-masing, misal: doa, baris, salam).
Mengetahui, ……………….., ……………
Kepala PAUD Guru Kelas
( …………………… ) (……...…….…………………)
B.4 Langkah-langkah Memfasilitasi Pembelajaran
Tujuan Kegiatan | Anak mengetahui kegunaan berbagai alat transportasi Anak dapat berkreasi dan berimajinasi tentang alat transportasi Anak dapat menyusun suku kata bermacam-macam alat transportasi Anak dapat menghitung jumlah roda di gambar kendaraan
|
Alat dan Bahan
| Buku/gambar/video alat transportasi dan roda Balok (jika ada) Barang bekas (contoh: kardus bekas kemasan, botol plastik bekas, dll) alat tulis dan gambar (contoh: spidol, krayon, pensil warna), gunting, berbagai jenis kertas (contoh: kertas bekas majalah, brosur, surat kaber, dll) potongan kertas suku kata (contoh: MO-BIL, TRUK, SE-PE-DA, PE-SA-WAT, BE-CAK, DEL-MAN, dll) berbagai benda berbentuk bulat, segitiga, kotak (contoh: penggaris segitiga, kotak makan, tutup botol, dll) papan/dataran miring, mainan alat transportasi (mobil-mobilan, truk, becak, dll)
Alat bahan yang digunakan dapat dipilih untuk disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilakukan bersama anak. Manfaatkan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar. Pastikan bahan-bahan tersebut aman untuk digunakan sesuai usia anak. |
Langkah – langkah pembelajaran
|
Pembukaan Rutinitas pembukaan
kegiatan dapat disesuaikan dengan rutinitas sekolah masing-masing, misal: baris, salam, doa) Contoh: Berbaris, salam dan doa (disesuaikan dengan kebiasaan sekolah masing-masing) Membuka kegiatan dengan anak
Anak dan guru berkumpul bersama Bernyanyi “naik delman” dan “sepeda” Berdiskusi tentang lagu (pengalaman anak naik sepeda, saat ke sekolah ada yang naik alat transportasi apa, alat transportasi apa yang ditemui di jalan, dll)
Mendengarkan cerita benda kotak dan lingkaran
Contoh pertanyaan: Coba tebak, kira-kira Robil dan Boti itu benda apa ya? Siapa yang lebih cepat lari dari kejaran Kucing? Mengapa? Benda apa lagi yang mirip dengan Robil dan Boti? Apa Persamaan antara Robil dan Boti? Dari 3 tokoh ini, yang mana yang paling kamu sukai? Mengapa?
|
Berjalan-jalan mencari benda beroda
anak-anak berjalan-jalan di lingkungan sekolah/di rumah untuk mencari dan mengamati benda yang mempunyai roda anak menuliskan benda-benda beroda yang ditemukan anak menceritakan pengelamannya mencari dan mengamati benda beroda
Contoh pertanyaan: Benda beroda apa saja yang kamu temui saat berjalan-jalan? Apa kesulitan yang kamu temui saat mencari benda-benda beroda? Benda apa yang menjadi kesukaanmu? mengapa? Apakah kamu bekerja sama dengan teman ketika mencari benda beroda? Bagaimana ceritanya?
|
Transisi ke Permainan
Sampaikan tentang kegiatan bermain yang akan dilakukan, dengan berbagai alat bahan yang disediakan Agar tidak berebutan, setiap anak diminta mengambil kertas yang digulung yang telah guru siapkan. Masing-masing kertas berisi gambar 1 sampai 3 buah roda. Anak akan bergabung dengan anak yang mendapatkan kertas dengan jumlah roda yang sama.
|
Inti Menggambar alat beroda yang paling disukai
Anak menggambarkan benda beroda yang paling disukai saat berjalan-jalan Anak menuliskan nama benda tersebut di gambar yang telah dibuat Masing-masing anak menceritakan gambar yang telah dibuatnya
Mengundang orang tua yang berprofesi terkait roda/alat transportasi
Guru mengabarkan kepada anak-anak bahwa akan ada tamu yang datang Anak berdiskusi tentang profesi tamu yang akan datang dan menyiapkan pertanyaan yang akan ditanyakan Tamu datang dan bercerita tentang profesinya (profesi yang berkaitan dengan alat transportasi untuk bercerita tentang pekerjaannya (montir, pegawai otomotif, pembalap, pesepeda, dll) Anak mewawancarai tamu dengan pertanyaan yang sudah disiapkan atau boleh pertanyaan lain secara spontan
Menggambar atau bercerita tentang profesi tamu
Contoh pertanyaan: Apa yang kamu rasakan setelah bertemu dengan tamu? Apa pengalaman yang menarik dari tamu yang datang tadi? Apakah kamu mau seperti tamu tadi? Mengapa? Apa yang dilakukan oleh tamu tadi terkait alat transportasi?
|
Bermain ada berapa rodanya?
setiap kelompok memilih 1 kumpulan brosur/majalah/surat kabar/kumpulan gambar alat transportasi yang telah disediakan oleh guru Anak menggunting dan mengelompokkan alat transportasi yang ditemukannya berdasarkan jumlah rodanya Anak menghitung banyaknya roda dari seluruh alat transportasi dalam setiap kelompok alat transportasi dan menuliskannya
Bermain mencari suku kata macam-macam alat transportasi
guru menyiapkan 3 buah amplop berisi kertas- kertas yang berisi masing-masing satu suku kata dari berbagai jenis alat transportasi (contoh: MO-BIL, TRUK, SE-PE-DA, PE-SA-WAT, BE-CAK, DEL-MAN, dll) setiap kelompok bekerjasama menyusun suku kata tersebut menjadi alat transportasi yang tepat
Membuat alat transportasi imajinasiku
anak menggambar rancangan alat transportasi yang menjadi imajinasinya dengan contoh pertanyaan pemantik: alat transportasi seperti apa yang ingin kamu miliki? Bentuk, kecepatan, kegunaan, dll anak membuat alat transportasi dengan alat bahan yang tersedia anak memberi nama alat transportasi buatannya anak menceritakan alat transportasi buatannya
|
Penutup
Anak menceritakan pengalaman main yang berkesan. Refleksi anak
Contoh pertanyaan refleksi: Kegiatan apa yang paling kamu sukai hari ini? Karya apa yang paling kamu sukai? Apakah kamu mengalami kesulitan saat berkarya? Apa yang kamu rasakan saat harus memberikan ide dalam kelompok? Jika kamu diberi kesempatan untuk memperbaiki karyamu, bagian apa yang akan diperbaiki?
Menguatkan konsep yang telah dibangun anak sesuai dengan pengetahuan yang direncanakan.
Bahaslah secara singkat hal-hal yang dimainkan anak. Apabila ada karya yang ingin dibahas oleh guru kepada seluruh anak, tunjukkan kepada teman lain. Teman lain boleh memberikan komentar.
Rutinitas penutupan (kegiatan dapat disesuaikan dengan rutinitas sekolah masing-masing, misal: doa, baris, salam).
Pertanyaan berikut ini dapat diberikan pada anak untuk merefleksikan perasaannya setelah berkegiatan: Kegiatan apa yang paling kamu sukai hari ini? Karya apa yang paling kamu sukai? Apakah kamu mengalami kesulitan saat berkarya? Apa yang kamu rasakan saat harus berbagi ide dengan temanmu saat membuat sebuah gambar? Bagaimana perasaaanmu jika ada yang merusak karyamu?
Menguatkan konsep yang telah dibangun anak selama bermain.
Bahaslah secara singkat hal-hal yang dimainkan anak. Apabila ada karya yang ingin dibahas oleh guru kepada seluruh anak, tunjukkan kepada teman lain. Teman lain boleh memberikan komentar.
Memberikan pujian atas perilaku positif yang telah dilakukan anak
Hargai apapun yang sudah dilakukan oleh anak. Tidak ada acuan benar atau salah, namun semua yang dilakukan oleh anak kita apresiasi. Berikan pujian berupa senyuman, tepuk tangan, tanda acungan jempol, dsb.
Berdoa, salam, berbaris pulang.
Tutuplah kegiatan hari ini dengan berdoa, bersyukur atas keindahan lingkungan sekitar dan tempat yang kita tinggali. Ajak anak untuk membahas kembali kegiatan yang sudah dilakukan di sekolah saat berada di rumah
|
Kegiatan Selingan Lagu Naik Delman karya Ibu Kasur Lagu Kring Kring Kring karya Pak Kasur |
Refleksi Guru Guru memikirkan pembelajaran yang telah dilakukannya dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut : Apa yang disukai anak-anak? Mengapa? Kegiatan bermain apa yang kurang diminati anak ? Mengapa? Kemampuan apa saja yang muncul pada anak? Alat atau bahan apa saja yang perlu saya tambahkan? Apakah proses pembelajaran membuat partisipasi yang tinggi pada anak anak ? Kegiatan apa yang bisa dilakukan sebagai kelanjutan dari kegiatan main hari ini ? Tantangan apa yang dialami guru dalam merencanakan pembelajaran hari ini ? Tantangan apa yang dialami guru untuk memfasilitasi pembelajaran hari ini ?
|
Assessmen Guru melakukan observasi terhadap kegiatan bermain anak. Guru mendokumentasikan perilaku, celoteh, karya dan kemampuan yang muncul pada anak berupa pencatatan, pemotretan atau merekam video aktivitas anak. Contoh hal yang dapat dianalisa dari anak :
Nama Anak: Wina Usia: 6 tahun
No. | Pengamatan | Muncul | Konteks |
| 1. | Anak mengetahui kegunaan alat transportasi | ✓ | Wina berkomentar bahwa motor bisa mengantarkannya lebih cepat daripada sepeda karena pakai mesin |
| 2. | Anak dapat berkreasi dan berimajinasi tentang alat transportasi | ✓ | “Mobil aku bisa keluar sayap dan bisa terbang, namanya Mota” komentar wina terhadap karya imajinasi yang dibuatnya |
| 3. | Anak dapat menyusun suku kata bermacam-macam alat transportasi | ✓ | Wina dapat menyusun 3 jenis alat transportasi dari suku kata yang disediakan |
| 54. | Anak dapat menghitung jumlah roda di gambar kendaraan |
| Wina tampak masih bingung pada saat menghitung dan terlewat hitungan 8 | Menyediakan berbagai macam benda yang dapat dihitung oleh Wina, secara bertahap, dari 7-10 |
|
Peran orangtua |
Download :
https://docs.google.com/document/d/1YDbOJrzVsoAIkz97Kp_C74RXUiNmpudv/edit?usp=share_link&ouid=110030844368785404091&rtpof=true&sd=true