LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Satuan Pendidikan : SDN Purwoyoso 03
Kelas/ Semester : V/ 1
Tema/ Subtema : 5. Ekosistem/ 2.Hubungan antarmahluk hidup dengan ekosistem
Pembelajaran : 1 (Bahasa Indonesia dan IPA)
MUPEL | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | TUJUAN | LKPD PEMBELAJARAN |
Bahasa Indonesia | 3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi. | 3.7.1 Menganalisis pikiran pokok dalam teks nonfiksi. | Setelah membaca teks “Rantai makanan”, peserta didik mampu menganalisis pikiran pokok dalam teks nonfiksi dengan tepat. | LKPD 1 menentukan pikiran pokok dari setiap paragraf dari teks bacaan |
4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. | 4.7.1 Mengembangkan pikiran pokok menjadi kalimat utama. | Melalui bimbingan guru, peserta didik terampil mengembangkan pikiran pokok menjadi kalimat utama dengan benar. |
IPA | 3.5. Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. | 3.5.1 Menghubungkan antarkomponen ekosistem dengan rantai makanan.
| Melalui gambar rantai makanan, peserta didik mampu menghubungkan antarkomponen ekosistem dengan rantai makanan dengan tepat. | LKPD 2 membuat diagram rantai makanan dari undian ekosistem yang didapatkan |
4.5. Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem. | 4.5.1 Membuat diagram rantai makanan dalam suatu ekosistem.
| Melalui kartu gambar hewan dan tumbuhan, peserta didik terampil membuat diagram rantai makanan dalam suatu ekosistem dengan benar. |
Semarang, Maret 2018
Guru Kelas V
Tri Retno Asih, S. Pd
ID 2016063638
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK 1
Kelas/ Semester : V/ 1
Tema : 5. Ekosistem
Subtema : 2 Hubungan antarmahluk hidup dengan ekosistem
Pembelajaran : 1
Tanggal :
PETUNJUK MENGERJAKAN!
Tuliskan nama anggota kelompokmu
Perhatikanlah gambar yang ada pada LKPD!
Tuliskan pengalamanmu bekerjasama dalam keberagaman yang dilakukan Siti dan teman-teman.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK 2
Kelas/ Semester : IV/ 1
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Subtema : 3. Bersyukur Atas Keberagaman
Pembelajaran : 4
Tanggal :
Kegiatan : Bermain peran menggunakan teks percakapan
PETUNJUK MENGERJAKAN!
Tuliskan nama kelompokmu!
Simak dengan baik teks bacaan yang dibaca guru!
Tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada setiap paragraf!
Tadi kalian sudah membaca teks “Rantai makanan”.
Berdasarkan bacaan di atas, tentukan ide pokok yang terdapat di setiap paragraf
Paragraf 1 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . |
Paragraf 2 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . |
Paragraf 3 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . |
Paragraf 4 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . |
Ubahlah pokok pikiran di atas menjadi kalimat utama.