Koneksi Antar Materi - Panduan Observasi Perkembangan Peserta Didik
Buatlah panduan observasi yang akan membantu Anda agar lebih memahami peserta didik Anda di dalam kelas pada saat PPL nantinya dengan memperhatikan isu-isu perkembangan pada peserta didik, antara lain:
- Perkembangan fisiologis peserta didik
- Perkembangan psikologis: kognitif, emosi, psikososial, moral
- Motivasi belajar
LEMBAR PANDUAN OBSERVASI PERKEMBANGAN PESERTA
DIDIK
Nama Mahasiswa PPG |
: |
Kelas Sasaran Observasi |
: 4 |
Untuk Siklus Pembelajaran |
( ) Terbimbing ( ) Mandiri, siklus ke ………. |
*Aspek sesuai dengan
kebutuhan
Tgl. |
Aspek yang diobservasi* |
Hasil observasi |
|
Budaya sekolah ●
Apakah
suasana sekolah mendukung pembelajaran dan interaksi yang optimal? ●
Secara
umum, apakah profil pelajar Pancasila dihidupkan dalam sekolah? ●
Apakah
lingkungan belajar di sekolah kondusif? ●
Apakah
ada kegiatan pembiasaan setiap pagi di sekolah? ●
Apakah
ada program yang sudah terlaksana terkait dengan lingkungan sekolah? |
Hasil observasi: |
Interpretasi: |
||
|
Budaya kelas ●
Bagaimana
guru dan peserta didik melakukan kesepakatan kelas? ●
Apakah
lingkungan kelas bersih? ●
Apakah
ada pembiasaan literasi 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran? ●
Bagaimana
guru menekankan nilai-nilai profil pelajar Pancasila kepada peserta didik? |
Hasil observasi: |
Interpretasi: |
||
|
Keterlibatan peserta didik ●
Apakah
peserta didik terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung? Dalam bentuk
apa saja keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran ini? ●
Jika
iya, bagaimana guru memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam
pembelajaran? ●
Jika
tidak, mengapa peserta didik tidak termotivasi dalam pembelajaran? ●
Apakah
Anda menangkap antusiasme belajar dari para peserta didik? ●
Apakah
peserta didik aktif merespon pertanyaan guru selama pembelajaran berlangsung?
Jelaskan. ●
Apakah
siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru dengan teng. |
Hasil observasi: |
Interpretasi: |
||
|
Identifikasi kesiapan siswa
●
Apakah
di awal pembelajaran guru mengamati atau mengecek kesiapan peserta didik?
Baik secara kondisi maupun secara materi yang akan diajarkan ●
Apa
yang dilakukan oleh guru saat mengetahui bahwa kompetensi awal peserta didik
beragam? ●
Bagaimana
guru mendampingi setiap peserta didik agar mencapai tujuan pembelajaran? |
Hasil observasi: |
Interpretasi: |
||
|
Perkembangan emosi ●
Apakah setiap peserta didik
menjalin hubungan baik dengan temannya? ●
Sejauh
mana kelas dan ruang pembelajaran lainnya menjadi ruang ekspresi diri yang
sehat untuk peserta didik? ●
Bagaimana
guru merespons peserta didik yang belum bisa
mengekspresikan diri dengan tepat? |
Hasil observasi: |
Interpretasi: |
||
|
Perkembangan sosial ●
Secara
umum, bagaimana guru membangun atmosfer yang mendukung peserta didik untuk
mengembangkan kemampuan bersosialisasi? misalnya peka terhadap situasi
sekitar, berempati, saling menghargai, serta berinteraksi dan berkomunikasi? ●
Bagaimana
guru memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan keterampilan sosial
peserta didik dalam kegiatan belajar (contoh, kerja kelompok, mengerjakan
proyek bersama)? |
Hasil observasi: |
Interpretasi: |
||
|
Perkembangan
moral/spiritual ●
Apa
saja yang dilakukan guru dalam membangun nilai-nilai integritas dan spiritual
peserta didik? |
Hasil observasi: |
Interpretasi: |
||
|
Perkembangan Kogtitif ·
Apakah nilai semua siswa sudah mencapai nilai KKM? ·
Bagaimana hasil belajar siswa setiap ulangan harian? |
Hasil observasi: |
Interprestasi: |
||
|
Perkembangan Fisiologis ·
Apakah perkembangan tinggi badan semua siswa
memiliki rata-rata yang sama? |
Hasil Observasi: |
Interpretasi |
Kesimpulan : |
|
|
|
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan |
Guru Pamong |
……..…….., ……..……..……..…….. ……..……..……..……..……..…….. |
……..…….., ……..……..……..…….. ……..……..……..……..……..…….. |