Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koneksi Antar Materi - Panduan Observasi Perkembangan Peserta Didik

 Buatlah panduan observasi yang akan membantu Anda agar lebih memahami peserta didik Anda di dalam kelas pada saat PPL nantinya dengan memperhatikan isu-isu perkembangan pada peserta didik, antara lain:

  1. Perkembangan fisiologis peserta didik
  2. Perkembangan psikologis: kognitif, emosi, psikososial, moral
  3. Motivasi belajar

LEMBAR PANDUAN OBSERVASI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

 

Nama Mahasiswa PPG

Kelas Sasaran Observasi

: 4

Untuk Siklus Pembelajaran

(   ) Terbimbing

(   ) Mandiri, siklus ke ……….

*Aspek sesuai dengan kebutuhan

Tgl.

Aspek yang diobservasi*

Hasil observasi

 

Budaya sekolah

        Apakah suasana sekolah mendukung pembelajaran dan interaksi yang optimal?

        Secara umum, apakah profil pelajar Pancasila dihidupkan dalam sekolah?

        Apakah lingkungan belajar di sekolah kondusif?

        Apakah ada kegiatan pembiasaan setiap pagi di sekolah?

        Apakah ada program yang sudah terlaksana terkait dengan lingkungan sekolah?

Hasil observasi:

 

Interpretasi:

 

 

 

Budaya kelas

        Bagaimana guru dan peserta didik melakukan kesepakatan kelas?

        Apakah lingkungan kelas bersih?

        Apakah ada pembiasaan literasi 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran?

        Bagaimana guru menekankan nilai-nilai profil pelajar Pancasila kepada peserta didik?

Hasil observasi:

 

Interpretasi:

 

 

 

Keterlibatan peserta didik

        Apakah peserta didik terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung? Dalam bentuk apa saja keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran ini?

        Jika iya, bagaimana guru memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam pembelajaran?

        Jika tidak, mengapa peserta didik tidak termotivasi dalam pembelajaran?

        Apakah Anda menangkap antusiasme belajar dari para peserta didik?

        Apakah peserta didik aktif merespon pertanyaan guru selama pembelajaran berlangsung? Jelaskan.

        Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru dengan teng.

Hasil observasi:

Interpretasi:

 

 

 

Identifikasi kesiapan siswa

        Apakah di awal pembelajaran guru mengamati atau mengecek kesiapan peserta didik? Baik secara kondisi maupun secara materi yang akan diajarkan

        Apa yang dilakukan oleh guru saat mengetahui bahwa kompetensi awal peserta didik beragam?

        Bagaimana guru mendampingi setiap peserta didik agar mencapai tujuan pembelajaran?

Hasil observasi:

Interpretasi:

 

 

 

Perkembangan emosi

        Apakah setiap peserta didik menjalin hubungan baik dengan temannya?

        Sejauh mana kelas dan ruang pembelajaran lainnya menjadi ruang ekspresi diri yang sehat untuk peserta didik?

        Bagaimana guru merespons peserta didik yang belum bisa  mengekspresikan diri dengan tepat?

Hasil observasi:

Interpretasi:

 

 

 

Perkembangan sosial

        Secara umum, bagaimana guru membangun atmosfer yang mendukung peserta didik untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi? misalnya peka terhadap situasi sekitar, berempati, saling menghargai, serta berinteraksi dan berkomunikasi?

        Bagaimana guru memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik dalam kegiatan belajar (contoh, kerja kelompok, mengerjakan proyek bersama)?

Hasil observasi:

Interpretasi:

 

 

 

Perkembangan moral/spiritual

        Apa saja yang dilakukan guru dalam membangun nilai-nilai integritas dan spiritual peserta didik?

Hasil observasi:

Interpretasi:

 

 

 

Perkembangan Kogtitif

·        Apakah nilai semua siswa sudah mencapai nilai KKM?

·         Bagaimana hasil belajar siswa setiap ulangan harian?

Hasil observasi:

Interprestasi:

 

Perkembangan Fisiologis

·         Apakah perkembangan tinggi badan semua siswa memiliki rata-rata yang sama?

Hasil Observasi:

Interpretasi

 

Kesimpulan :

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Dosen Pembimbing Lapangan

Guru Pamong

……..…….., ……..……..……..……..

 

 

 

 

……..……..……..……..……..……..

……..…….., ……..……..……..……..

 

 

 

 

……..……..……..……..……..……..