Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instrumen Penilaian Matematika Penaksiran Hasil Operasi Hitung

KISI-KISI  INSTRUMEN PENILAIAN

Satuan Pendidikan

:

SDN Wates 01

Kelas/ Semester

:

IV (Empat)/ I (Satu)

Mata Pelajaran

:

Matematika 

Pokok Bahasan

:

Penaksiran Hasil Operasi Hitung

Sub Pokok Bahasan

:

Penaksiran Nilai dan Hsil Operasi Hitung

Alokasi Waktu

:

3 x 35 menit (30 menit di PT kan)


MUPEL

KOMPENTENSI DASAR

INDIKATOR

RANAH/ LEVEL

PENILAIAN

NOMOR SOAL

Teknik

Jenis 

Bentuk

Matematika 

  1. Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal

  1. Mengidentifikasi cara menentukan taksiran hasil operasi hitung pecahan persen.

  2. Menentukan taksiran dari operasi hitung pecahan persen dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.


Kognitif 

L1



Kognitif 

L2

Tes

Tertulis 

Pilihan Ganda & Uraian 

III

A 1-5

B5



III

B 1-4 

  1. Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal

  1. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan  taksiran hasil pengoperasian pecahan persen.

  2. Menyajikan penyelesaian masalah yang terkait dengan taksiran hasil pengoperasian pecahan persen.

Psikomotorik

Non Tes

Unjuk Kerja

Rubrik

IV

I. LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL 

Pokok Bahasan : Penaksiran Hasil Operasi Hitung

Sub Pokok Bahasan : Penaksiran Nilai dan Hsil Operasi Hitung

Kelas/ semester : IV (Empat)/ 1 (satu)

Petunjuk: Berilah tanda cek “√” pada kolom yang sesuai aspek yang muncul pada diri siswa!

NNo.

Nama Siswa

Aspek Religius

Penilaian 

Nilai

Predikat

Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan

Skor Maksimum

Skor Diperoleh

BT

MT

MB

B

1






4




2






4




3






4




Keterangan: Nilai   : (Skor diperoleh : skor maksimum) x 100

Rubrik Sikap Spiritual

No.

Aspek yang dinilai

Belum Tampak (skor 1)

Mulai Tampak (skor 2)

Mulai Berkembang (skor 3)

Membudaya (skor 4)

1

Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan.

Peserta didik tidak berdoa sebelum dan sesudah melalukan tugas

Peserta didik kadang-kadang berdoa sebelum dan sesudah melakukan tugas

Peserta didik berdoa sebelum atau sesudah  melakukan tugas

Peserta didik selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan tugas

II. LEMBAR PENILAIAN SIKAP SOSIAL 

Pokok Bahasan : Penaksiran Hasil Operasi Hitung

Sub Pokok Bahasan : Penaksiran Nilai dan Hasil Operasi Hitung

Kelas/ semester : IV (Empat)/ 1 (satu)

Petunjuk: Berilah tanda cek “√” pada kolom yang sesuai aspek yang muncul pada diri siswa!

NNo.

Nama Siswa

Aspek Sosial

Penilaian

Nilai

Predikat

Tanggung jawab 

Skor Maksimum

Skor Diperoleh

BT

MT

MB

B

1






4




2






4




3






4




Keterangan: Nilai   : (Skor diperoleh : skor maksimum) x 100

Rubrik Sikap Sosial

NNo

Aspek yang dinilai

Belum Terlihat (Skor 1)

Mulai Terlihat (skor 2)

Mulai Berkembang (skor 3)

Membudaya (skor 4)

11

Mengerjakan tugas dengan baik 

Peserta didik tidak mengerjakan tugas sama sekali.

Peserta didik kadang-kadang mengerjakan tugas.

Peserta didik sering mengerjakan tugas.

Peserta didik selalu mengerjakan tugas dengan baik.


III. SOAL EVALUASI

Mata Pelajaran

:

Matematika

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

:

:

Penaksiran Hasil Operasi Hitung

Penaksiran Nilai dan Hasil Operasi Hitung Pecaan Persen

Kelas/ semester

:

IV (Empat)/ 1 (Satu)

Hari, tanggal

:


Alokasi waktu

:

20 menit


Petunjuk mengerjakan:

  1. Tulislah namamu terlebih dahulu!

  2. Bacalah setiap soal di bawah ini dengan cermat!

  3. Tanyakan kepada gurumu apabila ada soal yang belum jelas!

  4. Kerjakan secara mandiri!


  1. Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang (x) pada huruf a, b, c atau d di bawah ini!

  1. 24% jika dibulatkan dengan acuan persen kelipatan 5% menjadi...

  1. 25% c. 40%

  2. 30% d. 20%

  1. 47% jika dibulatkan dengan acuan persen kelipatan 10% menjadi ...

  1. 40% c. 60%

  2. 50% d. 70%

  1. Taksiran untuk 17% adalah 20%. Cara ini menggunakan pembulatan acuan persen kelipatan ... %

  1. 5 c. 10

  2. 25 d. 50

  1. Taksiran untuk 76% adalah 75%. Cara ini menggunakan pembulatan acuan persen kelipatan ... %

  1. 5 c. 30

  2. 10 d. 50

  1. Hasil taksiran 28% dari 9000 adalah ...

  1. 1800 c. 2520

  2. 2250 d. 2700

  1. Uraian 

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

  1. Seorang pedagang buah mempunyai satu karung jeruk seberat 15 kg. Pada setiap karung jeruk sebanyak 17% jeruk sudah membusuk. Berapa kira-kira total berat jeruk yang mulai membusuk pada 5 karung jeruk?

Jawab:_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

  1. Seorang pengrajin dalam sehari dapat membuat kerajinan sebanyak 500 buah. Dimana 22% adalah kerajinan asbak, 27% gantungan kunci, dan 51% nya adalah pensil kayu. Berapaka kira-kira jumlah kerajinan asbak dan gantungan kunci?

Jawab:_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

  1. Bibi membuat kue lebaran 1200 biji. 43% kue itu gosong. Taksirlah 43% kue Bibi yan gosong!

Jawab: _______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

  1. Ayah mempunyai jeruk sebanyak 900 buah, 34% jeruk sudah membusuk. Taksirlah 34% jeruk Ayah yang membusuk!

Jawab:_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

  1. Sebutkan 3 cara menentukan taksiran persen!

Jawab:_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


KUNCI JAWABAN

  1. Pilihan Ganda

No Soal

Kunci jawaban

1

a

2

b

3

c

4

a

5

a

  1. Isian Singkat

  1. 15


  1. 250


  1. 480


  1. 270


  1. Pembulatan kelipatan 5%, Pembulatan kelipatan 25%, Pembulatan kelipatan 10% 

PEDOMAN PENSKORAN

  1. Pilihan Ganda

No Soal

Bobot Skor

1

1

2

1

3

1

4

1

5

1

Jumlah 

5





  1. Uraian

No Soal

Bobot Skor

1

3

2

3

3

3

4

3

5

3

Jumlah 

15


Nilai akhir  => (Skor diperoleh : skor maksimum) x 100


IV. LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

Pokok Bahasan : Penaksiran Hasil Operasi Hitung

Sub Pokok Bahasan : Penaksiran Nilai dan Hsil Operasi Hitung

Kelas/ semester : IV (Empat)/ 1 (satu)

Indikator : 4. 3. 1Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan  taksiran hasil pengoperasian pecahan persen.

4. 3. 2 Menyajikan penyelesaian masalah yang terkait dengan taksiran hasil pengoperasian pecahan persen.Petunjuk: Petunjuk: Berilah tanda cek “v” pada kolom yang sesuai aspek yang muncul pada diri siswa!

NNo

Nama Siswa

Aspek

Penilaian

Nilai


Cara Menyelesaikan Soal

Mengkomunikasikan Hasil Penyelesaian

Skor maksimum

Skor Diperoleh


11

22

33

44

11

22

33

44

1










8



2










8



3










8



4










8



5










8



6










8



7










8



dst













Keterangan: Nilai   : (Skor diperoleh : skor maksimum) x 100

Semarang,.............................2018

Pd

Rubrik Keterampilan Menyelesaikan dan mengomunikasikan soal cerita matematika


NNo

Aspek yang dinilai

Skor 4 

(Sangat Baik)

Skor 3

(Baik)

Skor 2

(Cukup Baik)

Skor 1

(Perlu Bimbingan)

11

Cara Menyelesaikan Soal

Soal diselesaikan dengan disertai cara penyelesaian, dengan cara yang tepat dan menghitung dengan benar.

Soal diselesaikan dengan disertai cara penyelesaian, dengan cara yang tepat namun belum menghitung dengan benar.

Soal diselesaikan dengan disertai cara penyelesaian, namun belum dengan cara yang tepat atau menghitung dengan benar.

Masih membutuhkan bimbingan dalam menggunakan cara penyelesaian dan menghitung.

12

Mengomunikasikan hasil penyelesaian

Mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan logis, sistematis dan menggunakan kalimat matematika dengan benar.

Mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan logis dan menggunakan kalimat matematika dengan benar, namun kurang sistematis.

Mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan logis, namun kurang sistematis atau menggunakan kalimat matematika dengan yang tidak tepat.

Masih membutuhkan bimbingan saat mengomunikasikan hasil.