Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instrumen Penilaian Matematika Faktor Suatu Bilangan

 

KISI-KISI PENULISAN INSTRUMEN PENILAIAN

Satuan Pendidikan : SD Negeri Plumbungan 05

Kelas/ Semester : IV/ I

Muatan Pembelajaran : Matematika

Alokasi Waktu : 3 JP (3 x 35 menit)

Muatan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Ranah dan Level Kognitif

Penilaian

Nomor Soal

Teknik Penilaian

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Matematika

3.4

Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan.

3.4.1

Menjelaskan faktor suatu bilangan.

C2 dan Level 1

Tes 

Tes tertulis

Pilihan ganda, isian

A3

3.4.2

Menentukan faktor suatu bilangan.

C3 dan Level 2

Tes

Tes tertulis

Pilihan ganda, isian

A1, A2, A4, A5, B1-B5

4.4

Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan.

4.4.1

Membuat tabel berdasarkan faktor suatu bilangan.

P3

Non tes

Unjuk kerja

Rubrik


4.4.2

Menyajikan tabel berdasarkan faktor suatu bilangan.

P2

Non tes

Produk

Rubrik



  1. LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

Kelas/ Semester : IV/ I

Muatan Pembelajaran : Matematika


No

Aspek Yang Diamati

Tanggal

Nama Peserta Didik

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak lanjut

1

Toleransi


Anindia Putri

Mengijinkan teman yang lain untuk beribadah ketika bermain



2

Bersyukur



Berdoa sebelum pembelajaran



Berdoa setelah pembelajaran






  1. LEMBAR PENILAIAN SIKAP SOSIAL

Kelas/ Semester : IV/ I

Muatan Pembelajaran : Matematika


Petunjuk: Berilah tanda cek “√” pada kolom yang sesuai aspek yang muncul pada diri siswa!

No

Aspek Yang Diamati

Tanggal

Nama Peserta Didik

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak lanjut

1

Teliti


Anindia Putri

Mengerjakan dengan sungguh-sungguh























  1. SOAL EVALUASI


Muatan Pembelajaran : Matematika

Kelas/ semester : IV (empat)/ 1 (satu)

Hari, tanggal

Alokasi waktu       : 10 menit

  1. Berikanlah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!

  1. Faktor dari bilangan 12 adalah ....

  1. 1, 2, 3, 4, 6, 12

  2. 1, 2, 3, 5, 6, 12

  3. 1, 3, 4, 6, 8, 12

  4. 1, 2, 3, 4, 8, 12

  1. Faktor dari bilangan 18 adalah ....

  1. 1, 2, 3, 6, 9, 18

  2. 1, 2, 3, 6, 18

  3. 2, 3, 6, 9

  4. 2, 3

  1. Yang bukan merupakan faktor dari 24 adalah ....

  1. 3

  2. 6

  3. 12

  4. 9

  1. Faktor dari bilangan 45 adalah ....

  1. 1, 3, 5, 9, 12, 45

  2. 1, 3, 5, 9, 15, 45

  3. 1, 3, 7, 9, 15, 45

  4. 1, 3, 7, 9, 12, 45

  1. Faktor dari bilangan 51 adalah ....

  1. 1, 3, 21, 51

  2. 1, 3, 17, 51

  3. 1, 3, 5, 17, 51

  4. 1, 3, 5, 15, 51




  1. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Perhatikan tabel berikut

16

1

2

...

8

16

16

...

4

2

1

Bilangan yang tepat untuk melengkapi tabel di atas adalah ....

  1. Faktor dari 16 adalah ....

  2. Faktor dari 32 adalah ....

  3. Buatlah tabel faktor dari bilangan 48!

  4. Faktor dari bilangan 48 adalah ....





































KUNCI JAWABAN, PENSKORAN DAN PEDOMAN PENILAIAN


  1. Kunci jawaban pilihan ganda

No Soal

Mupel

KD

Kunci Jawaban

1

Matematika

3.4

A

2

A

3

D

4

B

5

B


  1. Kunci jawaban isian 

No Soal

Mupel

KD

Kunci Jawaban

1

Matematika

3.4

4 dan 8

2

1, 2, 4, 8, 16

3

1, 2, 4, 8, 16, 32

4

Terlampir

5

1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 16, 24, 48


Tabel faktor dari 48

48

1

2

3

4

6

8

12

16

24

48

48

24

16

12

8

6

4

3

2

1


  1. Penskoran pilihan ganda

No Soal

Skor

1

1

2

1

3

1

4

1

5

1

Total

5


  1. Penskoran Isian

No Soal

Skor

1

2

2

2

3

2

4

4

5

2

Total

12


Skor maksimum = Skor pilihan ganda + Skor isian

= 5 + 12

= 17




  1. Pedoman Penilaian

Nilai = skor yang diperolehskor maksimum ×100

= skor yang diperoleh17×100

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

Kelas/ semester : IV (tiga )/ 1 (satu)

Muatan Pembelajaran : Matematika

Indikator : 4.4.1 Membuat tabel berdasarkan faktor suatu bilangan.                                                           


Petunjuk: Berilah tanda cek “√” pada kolom yang sesuai aspek yang muncul pada diri siswa!

No

Nama Siswa

Kriteria

Penilaian

Nilai


Siswa membuat tabel dengan tertib, teliti, dan tepat waktu.

Skor maksimum

Skor Diperoleh

1

2

3

4

1









2









3  

Dst








Pedoman Penilaian

Nilai = skor yang diperolehskor maksimum ×100

= skor yang diperoleh4×100

Rubrik penilaian

No

Kriteria

Baik Sekali

Skor 4

Baik

Skor 3

Cukup

Skor 2

Perlu Bimbingan

Skor 1

1

Siswa membuat tabel dengan tertib, teliti, dan tepat waktu.

Memenuhi 3 kriteria

Memenuhi 3 kriteria

Memenuhi 1 kriteria

Tidak membuat tabel



LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

Kelas/ semester : IV (tiga )/ 1 (satu)

Muatan Pembelajaran : Matematika

Indikator : 4.2.2  Menyajikan tabel berdasarkan faktor suatu bilangan.

.         

Petunjuk: Berilah tanda cek “√” pada kolom yang sesuai aspek yang muncul pada diri siswa!

No

Nama Siswa

Kriteria

Penilaian

Nilai


Tabel tepat, sesuai dengan faktor bilangan, rapi

Skor maksimum

Skor Diperoleh

1

2

3

4

1









2









3  

Dst









Pedoman Penilaian

Nilai = skor yang diperolehskor maksimum ×100

= skor yang diperoleh4×100


Rubrik penilaian

No

Kriteria

Baik Sekali

Skor 4

Baik

Skor 3

Cukup

Skor 2

Perlu Bimbingan

Skor 1

1

Tabel tepat, sesuai dengan faktor bilangan, rapi

Memenuhi 3 kriteria

Memenuhi 3 kriteria

Memenuhi 1 kriteria

Tidak membuat tabel