Instrumen Penilaian Kelas 3 Tema 3 SubTema 3
5. KISI-KISI PENULISAN INSTRUMEN PENILAIAN
MuPel |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Instrumen |
|||
Teknik |
Jenis |
Bentuk |
Nomor Soal |
|||
Bahasa Indonesia |
3.1 Menggali informasi
tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang
disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. |
3.1.1 Menggali infromasi tentang konsep perubahan wujud benda mencair C2 |
Tes |
Tertulis |
Pilihan Ganda |
Soal 1,
2 |
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif. |
4.1.1 Menyimpulkan hasil percobaan
perubahan wujud benda mencair C5 |
Tes dan Non Tes |
Tertulis
dan Unjuk kerja |
Pilihan Ganda dan Rubrik |
Soal 3,
4 Instrumen
III |
|
Matematika |
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan
antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan
dalam kehidupan sehari-hari. |
3.7.1 Menentukan satuan berat baku C3 |
Tes |
Tertulis |
Pilihan
Ganda |
Soal 5 |
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku
untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan
sehari-hari |
4.7.1 Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan satuan berat baku C4 |
Tes |
Tertulis |
Pilihan Ganda |
Soal 6,
7, 8 |
|
SBdP |
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif. |
3.2.1 Menjelaskan unsur-unsur rupa dalam
karya dekoratif C2 |
Tes |
Tertulis |
Pilihan Ganda |
9, 10 |
|
4.1 Membuat karya dekoratif. |
4.2.1 Membuat karya dekoratif C6 |
Non Tes |
Unjuk
Kerja |
Rubrik |
Instrumen
III |
II.
PENILAIAN PENGETAHUAN
LEMBAR
SOAL EVALUASI
Kelas/ Semester :
III/ 1 (satu)
Tema/ Subtema :
III
/ III
Pembelajaran : 1
Hari/ Tanggal : . . . . . . . . . ./ . . .
Nama/ Nomor :
. . . . . . . . . /. . . .
Pilihlah
jawaban di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Perubahan wujud benda padat mennjadi cair disebut….
a. Membeku
b. Mencair
c. Menguap
d. mengembun
2. Benda dapat berubah menjadi cair apabila….
a. Didinginkan
b. Ditekan
c. Dipukul
d. Dipanaska
3. Berikut merupakan contoh proses mencair pada benda,
kecuali…
a. Es batu terkena panas matahari
b. Lilin yang meleleh saat dinyalakan
c. Es krim lama kelamaan mencair
d. Batu yang terkena panas matahar
4. Batu
Kayu
Es krim
Lilin
Benda di atas yang dapat mencair adalah….
a. Batu dan es krim
b. Es krim dan kayu
c. Kayu dan lilin
d. Lilin dan Es krim
5. Kilogram dan gram merupakan satuan….
a.
Waktu
baku
b.
Berat
baku
c.
Panjang
baku
d.
Cepat
baku
6. Dina memiliki 6 bungkus
coklat, setiap bungkus berisi 50 gram coklat. Berapa ons jumlah seluruh coklat
yang dimiliki dina…
a. 30
ons
b. 300
ons
c. 3
ons
d. 3000
ons
7. Lani
membutuhkan sirup untuk
membuat es buah. Berat
satu botol sirup 600 gram.
Jika Rani mempunyai tiga
botol sirup, berapa gram berat dari tiga
botol sirup?
a.
1200
gram
b.
1800
gram
c.
2100
gram
d.
2400
gram
8. Bella mempunyai kucing
seberat 5 kilogram. Berat kelinci Bella sama dengan …
a. 500
gram
b. 5000
gram
c. 50.000
gram
d. 500.000
gram
9. Tiga unsur dari gambar
dekoratif adalah . . . .
a.
Pensil, penghapus, dan kertas gambar
b.
Hewan, tumbuhan, dan manusia
c.
Garis, bentuk, dan warna
d.
Persegi, segitiga, dan lingkaran
10. Bangun datar segitiga
merupakan gabungan dari . . . . garis
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
KUNCI
JAWABAN
1.
B
2.
D
3.
D
4.
D
5.
B
6.
B
7.
B
8.
B
9.
C
10. B
PEDOMAN PENILAIAN
III.
PENILAIAN KETERAMPILAN
Tema : 3. Benda Disekitarku
SubTema
: 3. Perubahan Wujud Benda
Muatan
Pembelajaran : 1. (Bahasa Indonesia, IPA, dan SBdP)
LEMBAR PENGAMATAN
A. Rubrik Bahasa Indonesia
INDIKATOR
4.2.1 Menulis hasil pengamatan
Petunjuk : berilah tanda (Ö)
pada kolom 1, 2, 3, atau 4 dengan memperhatikan Rubrik!
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
Skor Maksimal |
Jumlah Skor yang diperoleh |
Nilai |
||||
Ketepatan
jawaban |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
|
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
Pedoman Penilaian
B. Rubrik Matematika
INDIKATOR
4.2.1 Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan satuan berat
Petunjuk
: berilah tanda (Ö) pada kolom 1, 2, 3, atau 4 dengan
memperhatikan Rubrik!
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
Skor Maksimal |
Jumlah Skor yang diperoleh |
Nilai |
|
||||||
Banyaknya ketepatan |
|
|
|
|||||||||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
RUBRIK
T =
Terlihat
BT = Belum Terlihat
Pedoman Penilaian
C.
Rubrik SBdP
Indikator
4.2.1 Membuat Karya Seni Dekoratif
Petunjuk
: berilah tanda (Ö) pada kolom 1, 2, 3, atau 4 dengan
memperhatikan Rubrik!
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
Skor Maksimal |
Jumlah Skor yang diperoleh |
Nilai |
|
||||||
Banyaknya ketepatan |
|
|
|
|||||||||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Rubrik
T = Terlihat
BT = Belum Terlihat
I.
PENILAIAN SIKAP
Tema/ subtema :
III Benda Disekitarku
/ III. Perubahan Wujud
Benda
Kelas/ semester : 3 (tiga)/ 1 (satu)
Pembelajaran ke : 1 (Satu)
Penilaian Sikap
Petunjuk : Berilah tanda centang (Ö) pada sikap
setiap peserta didik yang terlihat !
No |
Nama |
Religius |
Gotong royong |
Kreatif |
Nasionalis |
||||
T |
BT |
T |
BT |
T |
BT |
T |
BT |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
T =
Terlihat
BT = Belum
Terlihat