Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Ajar Kelas 4 Matematika Penaksiran Bilangan

                                                                     BAHAN AJAR


Satuan Pendidikan

:

SDN Wates 01

Kelas / Semester

:

IV (Empat) / I (Satu)

Mata Pelajaran

:

Matematika

Pokok Bahasan

:

Penaksiran Bilangan

Sub Pokok Bahasan

:

Penaksiran Nilai dan Hasil Operasi Hitung Pecahan Persen

Alokasi waktu

:

3 x 35 menit 


  1. KOMPETENSI INTI

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Mapel/Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Matematika 

  1. Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal


  1. Mengidentifikasi cara menentukan taksiran hasil operasi hitung pecahan persen.

  2. Menentukan taksiran dari operasi hitung pecahan persen dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.


  1. Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal

  1. Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan  taksiran hasil pengoperasian pecahan persen.

  2. Menyajikan penyelesaian masalah yang terkait dengan taksiran hasil pengoperasian pecahan persen




  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui peraga acuan persen dan lagu pembelajaran penaksiran persen, siswa dapat mengidentifikasi cara menentukan taksiran hasil operasi hitung pecahan persen dengan tepat.

2. Melalui peraga acuan persen dan lagu pembelajaran penaksiran persen, siswa dapat menentukan taksiran dari operasi hitung pecahan persen dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

3. Melalui peraga acuan persen, siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan taksiran hasil pengoperasian pecahan persen dengan tepat.

4. Melalui peraga acuan persen, siswa dapat menyajikan penyelesaian masalah yang terkait dengan taksiran hasil pengoperasian pecahan persen dengan tepat.   




BAHAN AJAR UTAMA



Cara menentukan Taksiran Pecahan Persen

Kalian telah belajar cara menentukan taksiran pada pembelajaran sebelumnya. Pada pembelajaran kali ini, kalian akan belajar mencari taksiran pecahan persen dengan berbagai cara. Pertama kita akan mencari dengan menggunakan persen acuan kelipatan, yang kedua menggunakan pembulatan ke puluhan terdekat. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut!


  1. Menentukan taksiran pecahan persen menggunakan persen acuan kelipatan

Cara menentukan taksiran pecahan persen dengan persen acuan kelipatan yaitu dengan berpedoman pada kelipatan bilangan persen. Kelipatan persen yang kita gunakan antara lain kelipatan 50%, 25%, dan 10%.  

  1. Persen Acuan Kelipatan 50%

Ayo, kita belajar menaksir nilai pecahan persen! Agar lebih mudah, kita gunakan garis bilangan dengan persen acuan. Ketika melakukan penaksiran kita perhatikan dahulu persen acuan yang paling dekat dengan nilai persen yang ditaksir.

Kita bisa menggunakan nilai pecahan persen acuan kelipatan 50% dalam garis bilangan beserta contoh penaksiran berikut.










  1.  Persen Acuan Kelipatan 25%

Menaksir nilai pecahan persen bisa kita lakukan menggunakan nilai pecahan persen acuan kelipatan 25%. Berikut ini nilaipecahan persen acuan kelipatan 25% jika digambarkan dalam garis bilangan. Lalu, kita perhatikan contohnya agar semakin jelas.












  1.  Persen Acuan Kelipatan 10%

Nilai pecahan persen acuan keliptan 10% bisa kita gunakan untuk menaksir nilai pecahan persen. Berikut ini nilai pecahan persen acuan kelipatan 10% jika digambarkan dengan garis bilangan. Agar semakin jelas, kita perhatikan juga contohnya.








  1. Penaksiran Nilai Pecahan Persen dengan Puluhan Terdekat

Selain menggunakan persen acuan, menaksir nilai persen dapat dilakukan dengan pembulatan puluhan terdekat. Mari kita pelajari bersama!

Bagaimana aturan pembualatan nilai persen? Mari kita perhatikan contoh-contoh berikut!

  • 23% lebih dekat ke bilangan puluhan 20%, maka 23% dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 20%

  • 57% lebih dekat ke bilangan puluhan 60%, maka 57% dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 60%

Berdasarkan contoh di atas kita dapat membuat kesimpulan cara menentukan penaksirannya sebagai berikut:

  • Pada nilai 23%, angka satuannya adalah 3

Jika angka satuannya kurang dari 5 (1,2,3,4) maka bilangan dibulatkan ke bawah (dihilangkan)

Contoh: 23%

Angka 3 kurang dari 5, maka 23% dibulatkan menjadi 20% (angka 3 nya hilang dan berubah menjadi 0)

  • Pada nilai 57%, angka satuannya adalah 7

Jika angka satuannya sama dengan atau lebih dari 5 (5,6,7,8,9), maka bilangan dibulatkan ke atas (puluhan ditambah 1).

Contoh : 57%

Angka 7 lebih dari 5, maka angka yang menempati puluhan, yaitu angka 5 ditambah 1 menjadi 6 (5+1=6. Sehingga 57% dibulatkan menjadi 60%.





Menaksir Hasil Operasi Hitung Pecahan Persen

Selanjutnya, kita akan belajar menaksir hasil operasi hitung pecahan persen. Kita bisa menggunakan pecahan persen acuan untuk memudahkan penaksiran.  Agar lebih jelas, mari kita perhatikan contoh berikut ini.











PENGAYAAN 



Menghitung Nilai Persen yang Terdapat dalam Informasi Nilai Gizi pada Makanan

Kalian telah mempelajari cara mencari taksiran persen dengan berbagai cara. Hal ini dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk menghitung berapa harga baju yang dijual di mall dengan diskon tertentu. Selain mengitung besar diskon, kita dapat menghitung kandungan gizi yang terdapat pada bungkus makanan seperti di bawah berikut:





Informasi Nilai Gizi

Takaran saji 1 bungkus (27g)

Jumlah sajian per kemasan 1

Jumlah Per Sajian

Energi total 100 Kkal 

Energi dan lemak 18 Kkal



%AKG*

Lemak Total 

2g

3%

Lemak jenuh

0g

0%

Lemak Trans

0g


Kolesterol 

0mg

0%

Natrium/ Sodium

55mg

2%

Karbohidrat Total

21g

7%

Serat Pangan 

0g

0%

Gula

20g


Protein 

0g

0%

Vitamin A


0%

Vitamin C


0%


Pada kemasan makanan, biasanya terdapat informasi nilai gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Untuk mempermudah menghitung banyak setiap kandungan, kamu dapat melakukan penaksiran operasi hitung persen. Misalnya pada prosentasi lemak total, AKG (Angka Kecukupan Gizi tertulis 3%, totalnya adalah 2g. Baerarti kita akan mencari 3% dari 2g. 3% dapat dikira-kira atau dilakukan penaksiran dengan pembulatan menjadi 5%. Sehingga 5% dari 2g adalah 5100x2=0,1g.  Begitu juga untuk prosentase Natrium yang tertulis 2% dari total 55mg. 2% dapat dibulatkan menjadi 5%. Sehingga 5% dari 55mg adalah 5100x55=2,75 begitu seterusnya.


BAHAN AJAR REMIDIAL



Penaksiran Nilai Pecahan Persen dengan Pecahan Persen Acuan Kelipatan 5%

Kita juga bisa menggunakan nilai pecahan persen acuan kelipatan 5%untuk menaksir nilai pecahan persen. Mari kita perhatikan nilai pecahan persen acuan kelipatan 5% dalam garis bilangan. Kita perhatikan juga contohnya berikut ini.

 












BAHAN AJAR KOKURIKULER


Mencari bungkus makanan yang terdapat kandungan gizi berbentuk persen, kemudian mencatat ke dalam tabel dan memperkirakan nilai persentasenya seperti berikut: 

No.

Nama Makanan

Jenis Kandungan Gizi

Persentase

Perkiraan nilai Persentase

1.

Gerry salut

lemak

26%

30%