Bahan Ajar Kelas 2 Tema 4 SubTema 4 Pembelajarn 6
BAHAN AJAR
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : 2/I
Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat
SubTema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 6. (Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika)
Alokasi waktu : 1 hari (5X35 Menit)
Bahasa Indonesia
PPKn
Matematika
BAHAN AJAR UTAMA
Dayu dan teman-teman berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon.
Taman nasional ini merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi.
Flora dan Fauna Lestari, Manusia
Akan Sehat
Kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Hal ini dilakukan agar flora dan fauna di sekitar kita tidak rusak dan punah. Jika flora dan fauna rusak dan punah, kehidupan manusia pun ikut terganggu. Misalnya kebakaran hutan sangat mengganggu kehidupan kita. Kesehatan manusia sangat terganggu karena banyak asap. Bahkan, banyak juga yang menyebabkan kematian.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna di sekitar kita. Pembakaran dan penebangan hutan secara liar harus dihentikan. Perburuan hewan liar juga harus dihindari. Hutan akan tetap asri. Hewan di hutan pun tidak punah. Dengan demikian, kehidupan dan kesehatan manusia pun tidak terganggu.
Isi teks tersebut adalah kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna.
Mencari isi teks dapat dilakukan dengan membaca keseluruhan teks kemudian menyimpulkannya.
cara memelihara hewan yaitu dengan memberi makan dan menyediakan kandang.
Cara memilhara tumbuhan yaitu dengan menyiram, memberiipupuk dan mencabuti gulma.
Dayu dan teman-teman merawat taman kelas bersama.
Mereka selalu menerapkan kebersamaan.
Kebersamaan merupakan wujud persatuan.
.
Dayu dan teman-teman merawat taman kelas bersama.
Ada yang menyiram bunga.
Ada pula yang merapikan pot bunga.
Amati bentuk pot bunga di atas!
Tabung merupakan contoh bangun ruang.
Tabung bisa disusun membentuk pola tertentu.
Amati pola bangun ruang berikut!
Pola bangun ruang dapat juga dibentuk dari kombinasi dua bangun ruang atau lebih.
BAHAN AJAR REMIDIAL
Dayu dan teman-teman berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon.
Taman nasional ini merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi.
Flora dan Fauna Lestari, Manusia
Akan Sehat
Kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Hal ini dilakukan agar flora dan fauna di sekitar kita tidak rusak dan punah. Jika flora dan fauna rusak dan punah, kehidupan manusia pun ikut terganggu. Misalnya kebakaran hutan sangat mengganggu kehidupan kita. Kesehatan manusia sangat terganggu karena banyak asap. Bahkan, banyak juga yang menyebabkan kematian.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna di sekitar kita. Pembakaran dan penebangan hutan secara liar harus dihentikan. Perburuan hewan liar juga harus dihindari. Hutan akan tetap asri. Hewan di hutan pun tidak punah. Dengan demikian, kehidupan dan kesehatan manusia pun tidak terganggu.
Isi teks tersebut adalah kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna.
Mencari isi teks dapat dilakukan dengan membaca keseluruhan teks kemudian menyimpulkannya.
Cara memelihara hewan yaitu dengan memberi makan dan menyediakan kandang.
Cara memilhara tumbuhan yaitu dengan menyiram, memberiipupuk dan mencabuti gulma.
Dayu dan teman-teman merawat taman kelas bersama.
Mereka selalu menerapkan kebersamaan.
Kebersamaan merupakan wujud persatuan.
Dayu dan teman-teman merawat taman kelas bersama.
Ada yang menyiram bunga.
Ada pula yang merapikan pot bunga.
Amati bentuk pot bunga di atas!
Tabung merupakan contoh bangun ruang.
Tabung bisa disusun membentuk pola tertentu.
Amati pola bangun ruang berikut!
Pola bangun ruang dapat juga dibentuk dari kombinasi dua bangun ruang atau lebih.
BAHAN AJAR PENGAYAAN
Dayu dan teman-teman berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon.
Taman nasional ini merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi.
Flora dan Fauna Lestari, Manusia
Akan Sehat
Kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Hal ini dilakukan agar flora dan fauna di sekitar kita tidak rusak dan punah. Jika flora dan fauna rusak dan punah, kehidupan manusia pun ikut terganggu. Misalnya kebakaran hutan sangat mengganggu kehidupan kita. Kesehatan manusia sangat terganggu karena banyak asap. Bahkan, banyak juga yang menyebabkan kematian.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna di sekitar kita. Pembakaran dan penebangan hutan secara liar harus dihentikan. Perburuan hewan liar juga harus dihindari. Hutan akan tetap asri. Hewan di hutan pun tidak punah. Dengan demikian, kehidupan dan kesehatan manusia pun tidak terganggu.
Isi teks tersebut adalah kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna.
Mencari isi teks dapat dilakukan dengan membaca keseluruhan teks kemudian menyimpulkannya.
Membuat Pertanyaan Berdasarkan Teks yang Ada
Caranya yakni dapat menggunakan kata apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.
Contoh:
Mengapa kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga?
Apa yang harus dihentikan untuk melestarikan flora dan fauna?
Dayu dan teman-teman merawat taman kelas bersama.
Mereka selalu menerapkan kebersamaan.
Kebersamaan merupakan wujud persatuan.
Hal ini mencerminkan pengamalan sila ke tiga.
Dalam hidiup bersama kita harus menghargai perbedaan yang ada. Hal ini sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya walaupun berbeda=beda tetapi tetap satu jua.
.
Dayu dan teman-teman merawat taman kelas bersama.
Ada yang menyiram bunga.
Ada pula yang merapikan pot bunga.
Amati bentuk pot bunga di atas!
Tabung merupakan contoh bangun ruang.
Tabung bisa disusun membentuk pola tertentu.
Pola bangun ruang yang dibentuk dari kombinasi tiga bangun ruang.
BAHAN AJAR KOKURIKULER
Menanam tanaman dengan pot dan mbiasakan diri merawat dan menjaga tanaman yang telah ditanam.
DAFTAR PUSTAKA
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
http://satunama.org/207/berbagi-pengetahuan-dan-pengalaman-dengan-radio-komunitas-timor-leste-2/