175 Contoh Latihan Soal Pedagogik Umum
Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010- 2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali .....:
ICT Sebagai Substansi Pendidikan,
Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan.
Pengembangan bakat dan daya kreativitas siswa
Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan....
Teleconverence
Email
Website
Chatting
Browsing
Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar
dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan..............
Elaborasi
Eksplorasi
Konfirmasi
Browsing
Contextual teaching learning
Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........
Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ....
memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3.respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;
memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik
memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.
1. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Gaya pembelajaran
Kemampuan belajar
Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini
….
Intake Siswa
Tingkat kesulitan
Sarana pendukung
Bakat dan Minat siswa
Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
kompetensi dasar
standar kompetensi
indikator
metode pembelajaran
sumber belajar
Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
kemampuan guru dan ketersediaan referensi
relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan antara lain nomor….
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 5, 6
c. 1, 2, 3, 5
d. 1, 2, 4, 5
e. 3, 4, 5, 6
Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
menentukan kriteria keberhasilan belajar
mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
merencanakan pengajaran remidi
mengadakan tes remidi
Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal- soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan
Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian
Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
mengukur ketuntasan peserta didik
mengukur efektivitas proses pembelajaran
mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran
Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..
Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007
Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007
Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007
Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
soal pilihan ganda
soal jawaban singkat
soal uraian objektif
kriteria
tes performance
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta didik
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik
Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….
substansi, konstruksi, bahasa
substansi, konstruksi, validitas, skor
substansi, bahasa konstruksi, skor
substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja, tugas proyek, portofolio
Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan,
ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah
Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kelompok IPTEK, agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian
Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek….
kepribadian, kognitif, afektif
kognitif, kepribadian, psikomotor
afektif, kognitif, mental
kognitif, psikomotor, afektif
psikomotor, kognitif, minat
Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara….
guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…..
memberikan penilaian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
memberikan pre test maupun pos test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran
mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
mengadakan ulangan tengah semester dan akhir semester
Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian. Prinsip-prinsip penilaian yang harus dipedomani adalah penilaian harus dilaksanakan secara….
sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, menyeluruh, terpadu, berkesinambungan, objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel
terbuka, bermakna, adil, sahih (valid), efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan acuan norma
sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, objektif dan efisien, berkesinambungan, terpadu, menyeluruh
terbuka, adil, bermakna, menyeluruh, objektif, efektif dan efisien, terpadu, berkesinambungan, adil
sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu, sistematis, menggunakan acuan kriteria, akuntabel
Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah :
Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus
yang telah disusun)
Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :
Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
Identifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus
Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
Kompetensi
Standar Kompetensi Lulusan
Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi Mata Pelajaran
Kompetensi
Standar Kompetensi Lulusan
Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini,
KECUALI ..
Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan proses pembelajaran
Mengembangkan tugas penilaian yang bermakna, terkait langsung dengan kehidpan nyata
Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri
Melakukan berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar
Melakukan penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD
Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga / mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional
Sesuai dengan Tingkat Berpikir
Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
Memproses (processing):
Menerapkan dan Mengevaluasi
Perilaku yang Kreatif
Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan
/keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)
Dalam mengembangkan indikator hendaknya :
Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.
Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi
Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
Memproses (processing):
Menerapkan dan Mengevaluasi
perilaku yang Kreatif
Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan
/keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)
Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :
Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.
Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.
Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari setiap standar kompetensi.
Berisi bahan rujukan (literature) dan sumber belajar lainnya.
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI
Potensi peserta didik;
Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik ;
Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;
Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran;
Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, khususnya
dunia kerja;
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Menyeluruh dan berkesinambungan
Beragam dan terpadu
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Menyeluruh dan berkesinambungan
Beragam dan terpadu
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini, KECUALI
Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.
Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran( learner oriented).
Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang operasional yaitu kata-kata yang teramati dan terukur (observable and measurable).
Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan
Setelah menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun
Setelah mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
Setelah menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
Setelah menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut, KECUALI ………..
Tentukan model, pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa untuk secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan sikap
yang harus dikuasai (student centered learning).
Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pembelajaran kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan masalah, pembelajaran individual, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.
Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Tentukan rencana kegiatan yang perlu dilakukan guru (menyiapkan, memotivasi dan menarik perhatian siswa, manyajikan materi pelajaran baik secara suksesif maupun simultan menggunakan berbagai media dan metode dengan menerapkan prinsip perulangan, menugasi, memberikan umpan balik, memberikan tes, dan menentukan tindak lanjut (remedial dan pengayaan).
Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Profesinal
Kompetensi Pardagogik
Kompetensi Sosial
Kompetensi Akademik
Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah .....
Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional.
Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris.
Melakukan kegiatan pre test
Melakukan post test.
Melakukan ulangan harian dadakan atau spontanitas.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.
Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.
Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.
Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.
Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang memiliki motivasi dan minat belajar rendah, adalah pernyataan :
1 dan 2
1 dan 3
2 dan 3
3 dan 4
1 dan 4
Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa.
Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah .......
Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.
Nilai rapor kelas sebelumnya.
Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.
Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.
Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua
Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah....
Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.
Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar
Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.
Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.
Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.
Perhatikan pernyataan berikut :
Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah
Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.
Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan....
1 dan 2
1 dan 3
2 dan 3
3 dan 4
4 dan 2
Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ....
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.
Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.
Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.
Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.
Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah :
Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.
Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.
Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar
Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar.
Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.
Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .
siklus belajar
peta konsep
pembelajaran konsep
struktur kognitif
pemrosesan informasI
Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis dalam mengajar?
Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.
Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.
Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.
Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu*.
Menjelaskan suatu konsep secara detail.
Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .
membangkitkan minat siswa
merangsang siswa lebih aktif belajar
memberi kesempatan siswa berkreasi
membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
menantang siswa untuk selalu belajar
Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan . . .
standar kompetensi.
kompetensi dasar
materi pembelajaran.
strategi pembelajaran.
metode pembelajaran.
Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?
Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.
Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan.
Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.
Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran
Sangat tidak setuju karena dapat memecah perhatian siswa dalam mengikuti pembalajaran.
KTI hasil penelitian tindakan kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai kegiatan pengembangan profesi guru, hal ini karena…………, KECUALI ……………..
Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan profesi, adalah dilakukannya kegiatan nyata di kelasnya. Dan ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya. Bagi sebagian besar guru, melakukan kegiatan seperti itu, sudah biasa dilakukan
Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah, karena hanya dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan profesinya.
Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan penelitian tindakan di dalam kelas yang diyakini makin layak untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal baru” dalam praktik pembelajarannya.
Banyak inovasi baru dalam pembelajaran, terutama dalam praktik pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung pelaksanaan KBK) memerlukan verifikasi maupun penerapan dalam proses pembelajaran.
Sebagian besar guru yang telah mencapai golongan IV/a ke atas
Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia terdapat dalam …….
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
Permendikan Nomor 22 Tahun 2006
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
Behaviorisme
Cognitivisme
Behavionisme dan Cognitivisme
Semua benar
Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa keputusan guru tersebut menerapkan teori :
Behaviorsme
Dognitivisme
Behavionisme dan dognitivisme
Konstruktivisme
Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh
Behavioris
Kognitivis
Kognitivis Behavior
Konstruktivisme
Mengapa peranan guru begitu penting dalam pembelajaran
Perilaku guru sebagai panutan digugu dan ditiru
Guru sebagai sumber ilmu
Keputusan tindakan memerlukan jenis dan kreativitas belajar siswa
Tanpa guru proses belajar siswa terganggu
Pemahaman teori belajar penting untuk dipakai
Menambah wawasan modul pembelajaran
Sebagai bahan penunjang pembelajaran
Dasar pengembangan model pembelajaran
Sebagai acuan untuk memilih media
Learning dalam behaviorisme menekankan adanya :
Perubahan perilaku
Interaksi terus-menerus
Pemaknaan informasi baru
Perubahan pengetahuan
Menurut konstruktivisme, pengetahuan tentang :
Hasil dari interaksi dan paradigma Stimulus – Respons
Hasil konstruksi yang dibangun sendiri oleh pembelajar
Hasil kerja kelompok yang selalu bertambah
Hasil temuan mata aturan yang menjadi sumbernya
Praktek proses sangat cocok untuk matpel
Ketrampilan
Sains
Sastra
Ilmu sosial
Tidak termasuk dalam ranah kompetensi kepribadian seorang guru adalah bicara santun namun efektif..
Kepada murid dan sejawat
Kepada KS maupun orang lain
Dalam rapat guru maupun di kelas
Komunikasi dalam penelitian
Tidak termasuk dalam komponen mengajar seorang guru, adalah kemampuan ...
Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi
Menggunakan/memanfaatkan media pembelajaran
Berkomunikasi secara santun namun efektif dengan murid dan pengawas
Menanamkan kebiasaan tidak boleh mencontoh saat ulangan
Seorang guru berencana membeli dan membaca buku tentang asesment pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan keinginan guru mengembangkan ciri:
Kompetensi pedagogic
Kompetensi sosial
Kompetensi kepribadian
Kompetensi professional
Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah merupakan ranah:
Kompetensi sosial
Kompetensi kepribadian
Kompetensi profesional
Kompetensi pedagogic
Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri ranah:
Kompetensi sosial dan pedagogic
Kompetensi profesional dan pedagogic
Kompetensi kepribadian dan profesional
Kompetensi kepribadian dan social
Seorang guru menyusun RPP harus dilandasi kesadaran bahwa :
RPP merupakan bagian dari administrasi sekolah
Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus direncanakan
RPP merupakan bagian kelengkapan Portofolio sertifikasi
Proses pembelajaran merupakan proses yang harus didokumentasi
Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah
Kompetensi profesional
Kompetensi kepribadian
Kompetensi sosial
Kompetensi pedagogic
Paikem adalah pembelajaran yang :
Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan menyenangkan
Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan
Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
Expert group pada belajar korperatif mendiskusikan
Masalah tiap-tiap kelompok yang ada
Masalah tiap-tiap kelompok beda dari tiap-tiap kelompok
Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok
Masalah dari tiap-tiap kelompok secara mendalam
Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi jawaban secara sukarela guru dapat menerapkan
Brain storming
Concept mapping
Quickstioning
Role playing
Problem salving dan discovery learning dapat meningkatkan kerampilan siswa dalam hal :
Dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa
Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target
Keuntungan media di buat guru, kecuali:
Sesuai dengan tingkat/karakteristik belajar
Sesuai dengan tingkat tujuan yang dicapai
Sesuai dengan tingkat karakteristik guru
Sesuai dengan materi yang disajikan
Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan kriteria …
Kesesuaian
Tingkat kesulitan
Ketersediaan
Kualitas teknis
Media yang kita gunakan di kelas hndaknya memiliki tingkat kejelasan bagi siswa termasuk tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan kriteria :
Kesesuaian
tingkat kesulitan
ketersediaan
kualitas teknis
Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah :
kemampuan siswa memahami materi
keaktifan siswa belajar di kelas
keaktifan siswa menulis karangan
ketrampilan siswa menulis paparan / cerita
Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan :
kemampuan memahami materi
siswa mengerjakan tugas
kerajinan dan kreatifitas siswa
hasil belajar siswa secara keseluruhan
Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja..
Berhitung (matematika)
Memecahkan masalah
Melakukan percobaan
Membuat karya tulis
Utuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang guru melakukan kegiatan berikut
Menganalisis hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum tuntas
Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian memilih metode mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok.
Melakukan refleksi terhadap kelemahan metode yang digunakan dan memperbarui pada pelajaran berikutnya
Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang menjalani remidi Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas adalah :
a. 1, 2, 3
1 dan 2
2 dan 4
d. 1, 2, 3 dan 4
Kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan kelanjutan kecakapan hidup ( life skill) bagi anak didik adalah ……………
mempresentasikan hasil diskusi
membuat karya tulis
membuat model
kerjasama dengan kelompok.
Dalam mengembangkan alat evalusi guru harus memperhatikan :
kompetensi dasar, indikator, dan materi ajar dan SKBM.
kesesuaian dengan materi ajar, soal harus mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
Hasil belajar soal hrs dibuat sedemikian rupa, agar sebagian besar siswa mencapai standar ketuntasan belajar minimal (SKBM)
Analisis hasil evaluasi tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai ujian pada materi selanjutnya
Pernyataan berikut yang benar tentang assesment adalah :
proses pengukuran tes untuk mengetahui tkt pemahaman siswa setelah mengikuti pelajaran.
proses pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui dan apa yang dapat mereka lakukan.
melakukan penilaian kemampuan siswa menerima pelajaran
proses penilaian tkt kecerdasan siswa.
Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :
disajikan dalam bentuk artikel atau makalah
ditulis berdasarkan bukan hasil riset
kajian ilmiah yang ditulis dari hasil riset
berupa kajian teoritis
Langkah-langkah PTK dapat dilakukan sebagai berikut.................
Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan – Refleksi
Refleksi - Perencanaan - Observasi – Pelaksanaan
Observasi - Perencanaan – Pelaksanaan – Refleksi
Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi – Refleksi
Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI yang APIK?
PTK harus mampu menunjukkan bahwa kegiatan PTK memang benar-benar telah dilakukan oleh guru yang bersangkutan.
PTK yang dilakukan benar-benar mempunyai manfaat.
PTK harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
KTI guru hendaknya berkaitan dengan matapelajarannya dan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar di kelasnya.
Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya...
Nilai percakapan belum meningkat
Terkait dengan permasalahan pada konteks sesungguhnya pada waktu melaksanakan PBM dalam kelas
Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM di dalam kelas
Terkait dengan permasalahan pada kontk sesungguhnya pada waktu di luar jam pelajaran
Prosedur penilaian pemerolehan belajar, proses kemajuan belajar dan kinerja siswa dengan berbagai alat dikenal sebagai :
Authentic material
Authentic learning
Authentic assessment
Authentic data
Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru….
membuat rancangan pembelajaran khusus untuk peserta didik sebagai peserta remedial
menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar peserta didik
menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
merencanakan tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
menggunakan rancangan pembelajaran berdasarkan bahan ajar belajar peserta didik
Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut .....................
Standar Proses;
Standar Kompetensi Lulusan;
Standar Sarana Dan Prasarana;
Standar Pengelolaan;
Standar Penilaian Pendidikan
Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik;
Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan; Dan
Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah
Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat
Jawaban A, B dan C Benar
“Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat tersebut adalah ...................
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
Fungsi pendidikan nasional
Tujuan pendidikan nasional
Sasaran pendidikan nasional
Arah kebijakan pembangunan nacional
Sedangkan standar nasional pendidikan RI dituangkan dalam ...................
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005
Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005
Memahami peserta didik secara mendalam
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Manajerial
Seorang guru mampu Mampu merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Manajerial
Seorang guru mampu Mampu melaksanakan pembelajaran
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Manajerial
Seorang guru mampu Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Manajerial
Seorang guru mampu Memfasilitasi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Kewirausahaan
Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Supervisi
Seorang guru mampu Menguasai struktur dan metode keilmuan
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Manajerial
Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Manajerial
Seorang guru mampu Memiliki kepribadian yang arif
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Manajerial
Seorang guru mampu Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Manajerial
Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya, termasuk……..
Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Manajerial
Manfaat Penetian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan partisipatif, kecuali .......
meningkatkan proses belajar mengajar
menggunakan rancangan yang bersifat siklus
mencakup proses refleksi
menggunakan metodelogi terbaru
Prinsip yang paling penting dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah .......
komitmen guru sebagai pengajar tidak terganggu
metodologi tepat
penggumpulan data sederhana
laporan sederhana
Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu .......
perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
Penelitian Tindakan kelas (PTK) mempunyai karakteristik sebagai berikut, kecuali .......
didasarkan pada masalah yang dihadapi oleh guru
kolaborasi dalam pelaksanaannya
bertujuan memperbaiki
dilaksanakan dalam satu siklus
Dalam penetian tindakan kelas, metode pengumpulan data diharapkan ......
reliabel dan tidak mengganggu proses pembelajaran
menggunakan waktu lama
bervariasi
sederhana
Di bawah ini adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan tindakan, kecuali
.....
menganalisa masalah
mempersiapkan fasilitas
mempersiapkan instrumen
mempersiapkan skenario
Di bawah ini merupakan kegiatan yang dilakukan dalam penetapan fokus masalah, kecuali
.......
merasakan masalah
analisis masalah
perumusan masalah
penerapan fokus
Langkah-langkah Penetian Tindakan Kelas (PTK) secara berurutan meliputi ........
penetapan fokus masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan intrepretasi dan refleksi
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi
pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
Hal yang terpenting pada setiap siklus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah ........
dimonitor, dicatat hasil akhirnya
dievaluasi dan dianalisis
direfleksi dan diamati kembali
diamati dan diperbaiki
Dikaitkan dengan tanggungjawab guru terhadap pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat membantu guru untuk .......
mengatasi masalah siswa
memperbaiki pembelajaran
berkembang secara profesional
berkolaborasi dengan guru lain
Ibu Siti terbiasa menganalisis pekerjaan siswanya untuk menemukan kesulitan yang ditemukan siswa dalam pelajaran bahasa indonesia. Dari hasil analisis tersebut, Ibu Siti juga mencoba menemukan kekuatan dan kelemahannya dalam mengajar. Jika anda menemuan kelemahan, segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut. Langkah- langkah yang dilakukan Ibu Siti tersebut dapat dikatagorikan sebagai langkah awal dalam
.........
perkembangan profesional
melakukan PTK
memperbaiki pembelajaran
menerapkan manfaat PTK
Berikut ini adalah manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru, kecuali .........
membantu guru memperbaiki pembelajaran
memungkinkan guru berkembang secara profesional
memungkinkan guru mengembangkan karir
menambah rasa percaya diri
Sekolah yang maju embawa dampak bagi kemajuan para guru. Demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu, jika di suatu sekolah para guru terlatih melakukan Penelitian Tindakan Kelas(PTK), sekolah akan berpotensi untuk ........
meraih popularitas
menghasilkan siswa teladan
menerbitkan karya-karya penelitian
menghasilkan berbagai teknik pembelajaran
Ibu Ita, seorang guru IPS berpenampilan sangat energik, Ia sedang melakukan Penetian Tindakan Kelas (PTK). Hampir setiap hari dia sibuk untuk menganalisis hasil pekerjaan siswanya dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja lebih giat. Para siswa ternyata sangat antusias terhadap usaha Ibu Ita. Karena para siswa merasa pekerjaannya diperiksa dengan cermat, siswapun membuat pekerjaannya dengan cermat pula. Siswa merasa bahwa ia selalu harus bekerja cermat sebagaimana Ibu Ita memeriksa pekerjaannya dengan cermat pula. Ilustrasi di atas menggambarkan manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi siswa, dalam hal ini ........
Perilaku guru yang melaksanakan PTK menjadi model bagi siswa
Guru Mendorong siswa untuk memperbaiki hasil belajarnya
Siswa termotivasi oleh cara guru mengajar
Siswa dapat memperbaiki proses dan hasil belajarnya
Guru yang tampil melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan merasa lebih percaya diri. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut, kecuali ......
Munculnya perasaan lebih mampu dibandingkan teman sejawat yang lain
Berkembangnya kemampuan guru dalam pembelajaran
Tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran yang dikelola
Munculnya perasaan mampu Memecahkan masalah sendiri
Keterbatasan Penetian Tindakan Kelas (PTK) terutama terletak pada .......
metodologi
validitas
instrumen yang digunakan
reliabilitas hasil yang dicapai
Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tidak mempunyai daya generalisasi karena .....
sampel terbatas pada kelas yang diajar
masalah yang diteliti sangat spesifik
metodologi sangat longgar
PTK dilakukan oleg guru, bukan oleh peneliti
Agar Penetian Tindakan Kelas (PTK) dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai kondisi atau persyaratan. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut , kecuali ..........
adanya kebebasan bagi para guru untuk berinovasi
birokrasi yang ketat
dukungan dari semua personil sekolah
ada rasa saling mempercayai antara personil sekolah termasuk siswa
Kemauan guru untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah didukung oleh iklim sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk ......
Berdiskusi,berkolaborasi, dan meminta bantuan
Melakukan perubahan jadwal pelajaran
Menetapkan masalah bagi kelasnya
Meminta siswa mengikuti perintahnya
Penetian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh ........
guru
peneliti
guru sebagai peneliti
guru bersama dosen
Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ......
mengungkapkan kebenaran
menjawab masalah guru
memperbaiki kinerja guru
mengumpulkan informasi
Metode utama dalam penelitian tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya metode yang digunakan .......
bertumpu pada kemampuan guru melakukan refleksi
longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
hasil observasi/kesan dari guru
bervariasi asal sesuai dengan kaidah penelitian.
Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ......
keriasauan guru akan kinerjanya
keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
keinginan untuk membantu guru
kepedulian peneliti akan kinerja guru
Penelitian tindakan kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal ............
pelaku penelitian
tujuan penelitian
tempat penelitian
asal masalah yang diteliti
Penelitian tidakan kelas seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali
...
PTK memang untuk guru
guru paling akrap dengan suasana kelas
masalah di kelas mungkin asing bagi para peneliti
guru bertanggungjawab memperbaiki kinerjanya.
Seorang Dosen Perguruan Tinggi membantu Ibu Tini, guru SLTA untuk mencari jalan keluar kesulitan yang dihadapinya dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan. Ibu Tini menceritakan jenis PR, serta kebiasaannya menyimpan PR tersebut di rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa .Dosen Perguruan Tinggi mendengar cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang cara mengatasinya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu hampir setiap minggu mereka bertemu kembali untuk mengkaji hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan Ibu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas karena
........
Ibu Tini bekerjasama dengan Dosen Perguruan Tinggi
masalah penelitian muncul dari kerisauan guru
terjadi pertemuan setiap minggu
dosen Perguruan Tunggi membantu guru memecahkan masalahnya
Guru dianggap lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali
......
dibandingkan dengan peneliti luar guru lebih memahami keadaan di kelas
kelas merupakan wilayah guru
hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung oleh guru
temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh guru
Dilihat dari segi tujuan penelitian, penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai ........
Peneliti dari dalam
Praktisi yang membangun teori
Subjek penelitian
Pengajar dan peneliti
Sebagai pekerja profesional, guru dianggap paling layak melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) karena .........
PTK membantu guru berkembang secara profesional
guru paling akrab dengan siswa
kelas memang merupakan wilayah guru
PTK merupakan bagian dari tugas profesional guru
Empat langkah pokok dalam PTK dengan urutan yang paling benar adalah ........
merencanakan, melaksanakan tindakan, refleksi, analisis data
refleksi, analisis data, merencanakan, melaksanakan tindakan
merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, refleksi
refleksi, merencanakan, melaksanakan tindakan, analisis data
Untuk mengidentifikasi masalah, guru perlu melakukan kajian terhadap pembelajaran yang dikelolanya. Kajian tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ........
apa yang terjadi dikelas saya
berapa orang siswa yang prestasinya selalu rendah
dengan siapa saya harus mendiskusikan asalah ini
apa dampaknya jika siswa yang berpretasi rendah saya biarkan saja
Masalah yang diidentifikasi kadang-kadang terlampau banyak, sehingga guru menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu ditangani adalah sebagai berikut, kecuali ............
tingkat keseriusan masalah
kemampuan guru untuk menangani
ada tidaknya mitra kolaborasi
kompleks tidaknya masalah tersebut
Setelah menentapkan dan menjabarkan masalah, guru perlu mengembangkan cara melakukan perbaikan atau mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara mengatasi masalah, guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ................
mengkaji teori yang relevan dengan masalah
menyusun langkah-langkah pemecahan masalah
berdiskusi dengan teman sejawat
mengingatkan kembali pengalaman yang terkait dengan maslah tersebut
Cara pemecahan yag dipilih haruslah sesuai dengan ...........
kondisi lingkungan sekolah
jumlah siswa dalam elas
waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
sarana dan fasilitas yang tersedia
Sebelum melaksanakan tindakan, guru harus menyiapkan hal-hal berikut, kecuali ....
daftar hadir
skenario tindakan
sarana dan fasilitas pendukung
cara menganalisis data
Jika sebelum melakukan tindakan guru tidak menentukan cara mengumpulkan data, dalam pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan terjadi hal-hal berikut, kecuali .........
data yang dikumpulkan akan mubasir
data yang diperlukan tidak terjaring
guru yang bingung menafsirkan data
guru tidak memerlukan data
Ibu ida seorang guru SMK sedang asyik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya menyampaikan materi Biologi yang penuh dengan istilah latin kepada siswa.Dia merasa siswa sangat sukar menghafal istilah asing tersebut. Ia meminta pendapat teman- temannya, bagaimana cara mengajar materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap ......
identifikasi masalah
analisis masalah
merumuskan masalah
merencanakan perbaikan
Dalam melaksanakan tindakan, guru harus memperhatikan beberapa kriteria di antaranya
.......
guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai pengajar
penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
guru harus memperhatikan kemampuan siswa
perhatian guru harus terfokus pada masalah yang ingin dipecahkan
Bapak Sutarji mengajar kelas 10 SMK Negeri Malang. Ia sedan bermitra dengan seorang guru, teman sejawatnya dalam memperbaiki cara merespons terhadap siswa di kelas. Ia sudah merancang berbagai jenis penguatan untuk jawaban siswa yang bai serta beberapa respons untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang tepat. Ia meminta rekan sejawatnya untuk duduk di kelasnya serta merekam reaksi siswa ketika guru merespons jawabannya. Jenis reaksi yang perlu direkam serta cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau dari kriteria pelaksanaan tindakan, kriteria mana yang sedang diterapkan oleh bapak Sutarji ?
guru harus memperhatikan etika yang terkait dengan tugasnya
metodologi yang diterapkan harus reliabel
pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak
masalah yang ditangani harus sesuai dengan komitmen guru
Tahap observasi – implementasi berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan tindkan. Dalam kajian ini, observasi – interprestasi utlak diperlukan agar guru dapat ......
memantau jalanya pembelajaran
melakukan berbagai penyesuaian
mengetahui kualitas respons siswa
memantau pendapat pengamat
Idealnya, dalam PTK guru dapat mengamati atau mengumpulkan data sendiri dari kelasnya, sehingga yang mengamati dan melakukan interprestasi adalah guru sendiri. Namun, kadang- kadang guru terlampau repot untuk melakukan itu semua. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat
.........
memilih salah seorang siswa menjadi pengamat
meminta kepala sekolah untuk mengamati pelajarannya
megumpulkan alat bantu rekaman
mewawancarai siswa setelah pelajaran selesai
Prinsip dasar observasi yang berkaitan dengan pemanfaatan hasil observasi adalah prinsip yang berkaitan dengan .......
fokus observasi
perencanaan awal
ketrampilan mengobservasi
balikan (feedback)
Ketika melakukan observasi di kelas Ibu Rina, Bapak Sukoco berusaha bersikap bersahabat, baik kepad siswa maupun kepada Ibu Rina. Ia masuk kelas dengan mengucapkan salam dan meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di kelas. Ketika terjadi diskusi antar siswa, Bapak Sukoco tidak segera merekam diskusi tersebut, tetapi menunggu sampai diskusi selasai, kemudian berfikir sejenak untuk menemukan makna peristiwa yang baru saja diamati. Perilaku pengamat seperti itu merupakan penerapan dari prinsip observasi yang berkaitan dengan ........
perencanaan awal
fokus observasi
membangun kriteria
ketrampilan observasi
Jika seorang guru ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkan secara aktif dalam memberi respons terhadap pertanyaaan guru, jenis observasi yang paling tepat digunakan adalah observasi .........
terbuka
terfokus
terstruktur
sistematik
Pada pertemuan pendahuluan atau pertemuan perencanaan, guru dan pengamat menyepakati hal-hal berikut, kecuali .......
Jumlah siswa yang akan ikut dalam pembelajaran
Fokus pengamatan
Konteks pembelajaran yang dikelola guru
Kriteria yang digunakan dalam interprestasi
Selain melalui observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui cara-cara berikut,
kecuali .......
wawancara dengan orang tua
catatan/laporan guru
berbagai dokumen hasil belajar siswa
wawancara dengan siswa
Analisis data dilakukan dengan menempuh berbagi langkah, yang pada akhirnya bertujuan untuk ..........
menyeleksi dan mengelompokkan data
menyeleksi dan menafsirkan data
memperoleh informasi tentang proses dan dampak perbaikan
mendapat informasi tentang perilaku mengajar guru
Melihat hasil latihan siswa, Ibu Sutari menjadi kaget karena hanya 10 dari 30 siswa yang mengerjakan latihan matematika dengan benar. Ibu Sutari encoba mengingat-ingat apa yang terjadi ketika ia menjelaskan penggunakan rumus matematika dalam memecahkan soal. Ia ingat, ia mencontohkan penggunaan rumus dengan mengerjakannya sendiri di papan tulis. Ia kemudian merenung kembali, mengapa ia tidak meminta siswa mengerjakannya ke depan ?Ia ingat pula, siswa yang duduk di deretan belakang ada yang bermain ketika ia mencontohkan penggunaan rumus di papan tulis. Dari segi langkah-langkah PTK, langkah mana yang sedang dihayati oleh ibu Sutari .................
mengumpulkan data
menganalisis data
melakukan refleksi
merencanakan perbaikan
Perencanaan tindak lanjut, yang merupakan salah satu langkah dalam siklus PTK, dapat diwujudkan dalam bentuk ...............
pedoman observasi
revisi rencana perbaikan
program PTK secara utuh
pedoman analisis data
Berikut adalah contoh-contoh masalah pembelajaran yang mungkin dihadapi guru, kecuali
..............
pertanyaan guru sering tidak dijawab oleh siswa
perhatian siswa pada pelajaran kurang
banyak siswa yang belum membayar SPP
hasil ulangan siswa rendah
Agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam kelas, guru perlu ......
peka terhadap situasi kelas
bertanya kepada teman sejawat
mencatat hal-hal istimewa yang terjadi di kelas
bertanya kepada kepala sekolah
Tujuan utama menganalisis masalah pembelajaran adalah ..............................
mencari hakikat masalah
menemukan akar penyebab masalah
merinci masalah menjadi bagian-bagian kecil
menemukan cara pemecahan masalah
Analisis masalah dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali .................
mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri tentang berbagai aspek pembelajaran
menanyakan pendapat siswa tentang berbagai aspek pembelajaran
menelaah berbagai dokumen yang berkaitan dengan hasil belajar siswa
membaca berbagai teori belajar
Rumusan masalah dalam PTK serupa dengan maslaah penelitian. Dari rumusan berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
apakah permaianan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X SMK Wanabakhti
bagaimana cara mengajukan pertanyaan agar mampu membuat aktif siswa dalam pelajaran Matematika di SMK Negeri Sawangan
mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional
bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah
Tindakan perbaikan dapat dikembangkan dengan menempuh langkah-langkah berikut, kecuali
............
Menelaah berbagai teori yang relevan dengan masalah pembelajaran yang dihadapi
Mengulangi apa yang pernah dilakukan ketika menghadapi masalah yang sama
Berdiskusi dengan para pakar
Mengingat kembali pengalaman yang lalu dalam menghadapi masalah yang sama
Untuk menjawab pertanyaan nomor 167 s/d 170, bacalah terlebih dahulu kasus berikut ini. Kasus Pembelajaran
Ibu Ani, guru bahasa inggris kelas XII di SMK Negeri 8 Panderman, mula-mula menjadi risau karena hanya 10 dari 40 siswa dikelasnya yang mau menjawab dengan bahasa inggris,jika guru mengajukan pertanyaan. Siswa lain selalu diam kalau ditanya atau berpura-pura tidak mendengar pertanyaan guru. Ibu Ani sering kesal dan elanjutkan pelajaran tanpa menghiraukan anak-anak yang tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada yang menjawab, Ibu ani biasanya meneruskan pelajarannya dengan meminta para siswa membaca wacana yang ada dalam buku pelajaran, kemudian menjawab pertanyaan yang ada dibuku secara tertulis. Jawaban siswa diperiksa bersama-sama, sambil sekali-sekali memberi perhatian pada grammar, jika siswa salah menulis jawabannya. Dengan cara ini, Ibu Anipun melupakan kerisauannya. Keadaan ini berlangsung sepanjang semester tanpa ada upaya perbaikan. Hasil tes bahasa inggris para siswa sedang-sedang saja karena tes yang diberikan berupa tes pemahaman bacaan dan grammar. Namun, ketika ada tamu asing yang kebetulan berkunjung ke SMK tersebut, tidak seorangpun dari siswa Bu Ani yang berani menjawab pertanyaan tamu tersebut, apalagi bertanya. Hal ini menyebabkan Bu Ani dipanggil oleh kepala sekolah, dan diminta untuk berupaya agar para siswa mampu berbahasa Inggris, meskipun yang paling sederhana. Kejadian ini membuat kerisauan yang dulu pernah muncul, dirasakan kembali oleh bu Ani.
Masalah yang terjadi dalam kelas Bu Ani dalam kasus pembelajaran di atas dapat digolongkan sebagai masalah yang berkaitan dengan bidang-bidang berikut, kecuali .......
strategi pembelajaran
sumber dan media pembelajaran
evaluasi hasil pembelajaran
motivasi belajar
Akar penyebab masalah yang terjadi dalam kasus di atas antara lain sebagai berikut, kecuali
......
latihan berbicara tidak mendapat tekanan
bu Ani tidak memberi perhatian khusus pada siswa yang tidak mau menjawab
bu Ani tidak menggunakan lab bahasa ketika mengajar
kemampuan berbicara siswa tidak dinilai
Jika Bu Ani ingin memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya melalui PTK, pilihan rumusan masalah PTK yang paling tepat untuk kegiatan PTK yang akan dilakukan Bu Ani adalah .....
bagaimana cara memberi latihan berbicara dalam bahasa Inggris agar mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa kela XII SMK
apakah kemampuan berbicara dapat dilatihkan secara intensif dengan memanfaatkan laboratorium bahasa ?
bagaimana cara mengaktifkan siswa dalam berbicara?
apakah sumber belajar dapat mendorong siswa berlatih berbicara ?
Jika Anda yang menjadi Bu Ani, tindakan perbaikan mana yang paling tepat untuk memecahkan masalah dalam kasus pembelajaran di atas ?
guru selalu menggunakan bahasa inggris dalam mengajar dan tidak mau menerima jawaban dalam bahasa indonesia
guru memberikan latihan berbicara dalam bahasa inggris secara terpadu dengan mendengarkan, membaca, dan menulis
guru meminta siswa selalu menjawab dalam bahasa inggris
guru memberikan latihan mengucapkan kata dengan benar
Kegiatan Penetian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru diharapkan dapat ........
meningkatkaan kualitas mengajar
membantu kenaikan pangkat
meningkatkan mutu pendidikan
membuat karya ilmiah
Yang tidak termasuk kompetensi pedagogic bagi guru adalah ……
memperhatikan perkembangan kognitif, memanfaatkan prinsip kepribadian, mengidentifikasi potensi anak didik
menerapkan teori pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran
membuat setting pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif
Merancang dan melaksanakan evaluasi, menganalisis hasil evaluasi, memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan program pembelajaran
Memahami materi ajar yang ada di kurikulum, materi, dan konsep keilmuan lainnya
Seorang guru aktif dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini berarti guru tersebut telah melaksanakan kompetensi ……...
A Kompetensi Pedagogik B Kompetensi Kepribadian C Kompetensi Professional
D Kompetensi Sosial
E Kompetensi Manajerial
Seorang guru SMK gemar menulis Karya Tulis Ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK), ini artinya guru tersebut telah melaksanakan dan mengembangkan kompetensi ........................
A Kompetensi Pedagogik B Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Professional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Manajerial
Yang tidak termasuk kompetensi kepribadian bagi guru adalah …… A berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik B kemandirian dalam bertindak dan etos kerja guru
Menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan bagi anak didik, sekolah dan masyarakat
Memiliki perilaku positif terhadap anak didik
Bertindak sesuai norma religius (iman, taqwa, jujur, ikhlas) dan mampu diteladani siswa